http://t.indoflyer.net/629915
Bagasi Air Asia Indonesia ( QZ ), Wajib Beli! (Full Version)

All Forums >> [AVIATION SECTION] >> Dunia Penerbangan



Message


sakadewa -> Bagasi Air Asia Indonesia ( QZ ), Wajib Beli! (24/11/2012 9:35:28)

Mungkin kemarin kemarin sudah mulai pada tahu mengenai hilangnya option "tanpa Bagasi" di penerbangan QZ,,, Setelah saya telusuri ini yang saya temukan :

quote:

Baru, penerbangan domestik AirAsia Indonesia (QZ) kini dengan bagasi 15 Kg Efektif mulai hari Kamis, 8 Nopember 2012, pukul 00:01

Bagaimana kebijakan baru ini mempengaruhi rencana perjalanan saya?
Jika anda melakukan pemesanan tiket baru di seluruh saluran penjualan setelah tanggal 8 Nopember 2012 untuk seluruh penerbangan domestik AirAsia Indonesia (QZ), tiket Anda sudah akan termasuk tarif bagasi 15 Kg. Tarif ini akan tercatat otomatis dan tidak dapat anda hilangkan.
Mohon diperhatikan seluruh saluran penjualan meliputi www.airasia.com, call center, kantor penjualan, kantor penjualan di bandara, dan AirAsia Travel and Service Centre (ATSC)

Apakah kebijakan baru ini berlaku untuk semua tamu AirAsia?
Tidak. Kebijakan ini hanya berlaku untuk seluruh tamu di penerbangan domestik yang dilayani oleh AirAsia Indonesia.

Berapa biaya yang dikenakan untuk penambahan bagasi sebesar 15 Kg ini?
Sebelumnya, kami mengenakan biaya sebesar Rp 75.000,- untuk bagasi prebook. Kini kami hanya mengenakan biaya sebesar Rp 40.000,- untuk bagasi 15 Kg, yang tercatat otomatis ke dalam komponen harga yang dibayarkan untuk tiket penerbangan Anda.

Kapan kebijakan ini akan dimulai?
Kebijakan ini akan dimulai pada hari Kamis, 8 Nopember 2012, pukul 00.01 WIB. Kebijakan ini berlaku bagi pemesanan tiket baru setelah waktu tersebut.

Kenapa AirAsia Indonesia menerapkan kebijakan ini?
Kami mengerti bahwa para penumpang harus membayar lebih ketika melakukan pembelian bagasi langsung di bandara pada waktu keberangkatan dibandingkan melakukan pemesanan bagasi di muka. Kebijakan ini kami terapkan untuk menghemat biaya dan anda dapat melakukan perjalanan anda dengan lebih nyaman.

Bagaimana bila saya memiliki bagasi lebih dari 15 Kg setelah saya memesan kursi penerbangan?
Tidak perlu khawatir. Anda akan tetap bisa menambah bagasi sesuai dengan kebutuhan Anda menjadi 20 Kg, 25 Kg, 30 Kg, atau 40 Kg.
Harap diingat bahwa setiap bagasi yang akan melalui proses check-in tidak boleh melebihi berat di atas 32 Kg. Ini untuk memenuhi persyaratan kesehatan dan keselamatan.

Apakah kebijakan bagasi wajib 15 kg ini tertera jelas pada saat tamu melakukan proses pemesanan tiket?
Ya. Kami selalu menekankan agar tamu kami mengetahui akan tarif apa saja yang tamu bayarkan. Kebijakan ini akan tertera jelas sebelum tamu melakukan proses pembayaran. Pada saat proses pemesanan, opsi bagasi wajib 15 kg akan dipilihkan secara otomatis. Opsi ini tidak dapat dihilangkan, namun anda dapat memilih untuk menambah berat bagasi sesuai kebutuhan anda.

Kebijakan baru ini berlaku untuk setiap pemesanan kursi penerbangan atau setiap penumpang?
Kebijakan ini berlaku untuk semua penumpang AirAsia Indonesia (QZ) yang akan terbang menuju destinasi domestik. Bila Anda terbang dengan grup, kebijakan ini juga akan tetap berlaku untuk setiap penumpang.

Apakah ada perubahan lain untuk harga bagasi?
Tidak. Perubahan yang terjadi hanya pada harga bagasi sebesar 15 Kg yang kini menjadi lebih hemat untuk penerbangan domestik AirAsia Indonesia (QZ). Untuk keterangan lebih lanjut anda dapat mengunjungi http://www.airasia.com/my/en/our-fares/fees-and-charges.page.

Bila saya membeli tiket di konter penjualan AirAsia di bandara sebelum batas akhir waktu keberangkatan ditutup, apakah saya dikenakan tarif bagasi 15 kg yang berbeda?
Tidak. Kebijakan bagasi wajib 15 kg ini berlaku menyeluruh di seluruh penerbangan domestik AirAsia Indonesia dengan tarif yang sama hingga batas akhir waktu keberangkatan ditutup.
Saya tidak membutuhkan bagasi wajib 15 kg, apakah saya mendapat pengecualian atas tarif yang dikenakan?
Terlepas dari anda membutuhkan bagasi terdaftar atau tidak, anda akan tetap dikenakan tarif bagasi 1 kg yang pembayarannya tidak dapat dikembalikan.
Saya hanya membawa bagasi kabin pada waktu keberangkatan, apakah pembayaran saya atas bagasi 15kg dapat dikembalikan?
Tidak. Pembayaran tarif bagasi 15 kg yang tidak digunakan tidak dapat dikembalikan.

Sumber : ask air asia

Bagi saya yang sering terbang / beberapakali terbang dengan QZ saya sangat terbantu dengan opsi "tanpa bagasi" nya ,,, saat ini bagi saya hal ini akan membuat pengeluaran tambah gede, okelah kalau sekali jalan,,, kalau return???hmmmm

Saya kurang mengerti mengenai kebijakan ini,,, apakah karena maskapai saingan di Indonesia menerapkan Bagasi Gratis sehingga QZ berupaya menurunkan biaya Bagasi 15kg dan memaksa orang untuk membelinya walau mereka tidak membutuhkan ,,,,,, atau salah satu upaya untuk mendapat Pendapatan tambahan bagi QZ ??? entahlah ,,,,,

Maaf kalau repost,,, silahkan di pindahkan / di marge jika pembahasan serupa sudah ada

edit: edit judul.. huruf kaptal semua, ada tanda seru lagi... seremm... [:D]


   http://t.indoflyer.net/629915


TheFA2X -> RE: Bagasi Air Asia Indonesia ( QZ ), Wajib Beli! (24/11/2012 10:40:24)

Inilah yang membuat ane kaget setengah mati kemaren pas mau beliin tiket QZ... mungkin mereka gak mau rugi ya [:D]

pake kartu kredit juga tambah 20.000 an per org.. [&:]

btw.. ( maaf OOT )
ane ( mau ) beli tiket SRG-SBY basic price rp 80.700 ujung ujungnya malah satu org hmpr 200 ribu sekali jalan... OMG,,, [>:]

dimanakah QZ yang terkenal murah itu??


   http://t.indoflyer.net/629915


sakadewa -> RE: Bagasi Air Asia Indonesia ( QZ ), Wajib Beli! (24/11/2012 10:53:06)

quote:

edit: edit judul.. huruf kaptal semua, ada tanda seru lagi... seremm...


Siap om momod makasih sudah di bantu edit... tadi gak ngeh pake huruf kapital semua,,, coz kebiasaan ane kalo input sistem kebiasaan pake huruf kapital, thx ya


   http://t.indoflyer.net/629915


pk-soc with love -> RE: Bagasi Air Asia Indonesia ( QZ ), Wajib Beli! (24/11/2012 11:51:12)

jadi bingung[8|],[8|],,,,,padahal kmrn tgl 20nov wkt booking bs ga pake bagasi u/ jkt-upg & jkt-sub,,seperti disini=>http://www.indoflyer.net/forum/tm.asp?m=577840&mpage=20
#post 386 [sm=getok2.gif]


   http://t.indoflyer.net/629915


grummanfighter -> RE: Bagasi Air Asia Indonesia ( QZ ), Wajib Beli! (24/11/2012 12:31:10)

quote:

200 ribu sekali jalan... OMG,,,

buat saya itu udah murah sekali..dibandingkan dengan naik bus/kereta api yg berjam-jam...
naik jet, hassle free, less than an hour safe journey.
Fuel price ain't cheap...[;)]


   http://t.indoflyer.net/629915


jonathanterbang -> RE: Bagasi Air Asia Indonesia ( QZ ), Wajib Beli! (24/11/2012 13:48:03)

quote:

buat saya itu udah murah sekali..dibandingkan dengan naik bus/kereta api yg berjam-jam...
naik jet, hassle free, less than an hour safe journey.
Fuel price ain't cheap...


tapi kalau bisa lebih murah, why not ?? [:D]


   http://t.indoflyer.net/629915


Tunasa -> RE: Bagasi Air Asia Indonesia ( QZ ), Wajib Beli! (24/11/2012 13:55:14)

Keliatannya Indonesia AirAsia sadar kalau mayoritas penumpang Indo/domestik suka membawa bagasi. Sayangnya untuk orang orang yang travelling light harus membayar ekstra bagasi yang mereka tidak pakai.

Btw ini hanya untuk Domestik QZ kan? Internasional masih tetep bisa travelling light?


   http://t.indoflyer.net/629915


ausi -> RE: Bagasi Air Asia Indonesia ( QZ ), Wajib Beli! (24/11/2012 13:57:45)

menurut saya ini adalah konsekuensi logis strategi QZ yang mulai fokus garap rute domestik. Selama ini QZ dengan segala pricing policy nya berusaha nge drive behaviour konsumen sesuai maunya QZ. dan mungkin gak semuanya berjalan mulus. mungkin QZ lebih banyak ketemu complain dari pada org yang senang dari policy ini.

mirip2 lah dengan BurgerKing yang akhirnya terpaksa jualan ayam dan nasi untuk bisa ttp survive di Indonesia. business yah harus gitu, gimana pun juga company gak bisa sesuka hatinya maksain policy nya ke target konsumennya kalo memang policy tsb justru menghambat bisnis company...


   http://t.indoflyer.net/629915


loveintheair -> RE: Bagasi Air Asia Indonesia ( QZ ), Wajib Beli! (24/11/2012 14:32:54)

Good. Ini artinya QZ ud mulai ngerti psikografi pax di Indonesia. Orang lebih seneng bayar lebih mahal, tapi ud termasuk bagasi, dll. Walaupun yang ga bawa bagasipun, lebih suka begitu juga.

Untuk long term sustainability pada rute2 domestik, strategi perusahaan perlu menyesuaikan dengan apa sebenarnya yang dicari oleh pax domestik. Tiap negara pasti beda2. Di Indonesia pun, berdasarkan data di JT, pax dengan rute Indonesia Timur seperti CGK-UPG, CGK-MDC, CGK-AMQ suka bawa barang yang banyak. Makanya dulu, pada saat JT masih awal2 beroperasi dengan MDnya, baggage allowance nya pernah dikasih ampe 30 kg/pax. Terbukti ini yang disukai pasar. Dan sukses besar.

Mungkin yang perlu diperbaiki, cara mengemasnya. Harusnya jangan "wajib beli bagasi," tapi "bagasi gratis" atau "sudah termasuk bagasi" (tentunya dengan fare yang sudah dinaikin). Pax lebih ga nyadar kalo dengan cara yang kedua, dan lebih smooth, dibanding dengan cara yang pertama.

Tinggal nunggu next move dari QZ, mungkin berikutnya pilih kursi gratis, check in gratis, sukur2 dapat meal gratis [:D] Kalau itu semua dijalankan, siap2 d yang di Harmoni ketar-ketir. [:D]


   http://t.indoflyer.net/629915


ariefjordie -> RE: Bagasi Air Asia Indonesia ( QZ ), Wajib Beli! (24/11/2012 14:35:15)

Sebenarnya antara wajib beli atau harga sudah include ya?


   http://t.indoflyer.net/629915


Capt. Dadan -> RE: Bagasi Air Asia Indonesia ( QZ ), Wajib Beli! (24/11/2012 15:11:23)

Bisa seperti JT ga yah, jatah bagasinya digabungkan (jual) ke pax lain [8|]


   http://t.indoflyer.net/629915


Selaparang -> RE: Bagasi Air Asia Indonesia ( QZ ), Wajib Beli! (24/11/2012 15:38:16)

quote:

Good. Ini artinya QZ ud mulai ngerti psikografi pax di Indonesia. Orang lebih seneng bayar lebih mahal, tapi ud termasuk bagasi, dll. Walaupun yang ga bawa bagasipun, lebih suka begitu juga.

Untuk long term sustainability pada rute2 domestik, strategi perusahaan perlu menyesuaikan dengan apa sebenarnya yang dicari oleh pax domestik. Tiap negara pasti beda2. Di Indonesia pun, berdasarkan data di JT, pax dengan rute Indonesia Timur seperti CGK-UPG, CGK-MDC, CGK-AMQ suka bawa barang yang banyak. Makanya dulu, pada saat JT masih awal2 beroperasi dengan MDnya, baggage allowance nya pernah dikasih ampe 30 kg/pax. Terbukti ini yang disukai pasar. Dan sukses besar.

Mungkin yang perlu diperbaiki, cara mengemasnya. Harusnya jangan "wajib beli bagasi," tapi "bagasi gratis" atau "sudah termasuk bagasi" (tentunya dengan fare yang sudah dinaikin). Pax lebih ga nyadar kalo dengan cara yang kedua, dan lebih smooth, dibanding dengan cara yang pertama.

Tinggal nunggu next move dari QZ, mungkin berikutnya pilih kursi gratis, check in gratis, sukur2 dapat meal gratis Kalau itu semua dijalankan, siap2 d yang di Harmoni ketar-ketir.


hehehe, setuju Mas..untuk rute Indonesia timur, memang banyak yg bawa bagasi besar tiap pax-nya..karena destinasi disana, banyak yg spesifik untuk liburan yg memang perlu peralatan banyak, hiking, diving, dsb...en pengalaman saya pribadi, sewaktu pulang kampung ke Makassar minggu lalu, ngeliat antrian check in di WAAA banyak pax yg bawa koper gede2 en kardus2 isi oleh2 bwt keluarga...dan ya memang sudah jadi tradisi mereka membawa banyak barang untuk dibagi2kan ke sodara2 mereka di tempat tujuan...

Nah, klo cara yang kedua...dimana harga dinaikkan tapi di harga tersebut sudah termasuk biaya bagasi...mmm kayak nya efektif dibanding ada opsi "beli bagasi".....untuk pemilihan seat, QZ jg mematok harga beda untuk beberapa urutan kursi...kalo kita liat di web nya, di opsi pemilihan seat, ada beberapa deret yang diwarnai merah...dann ada deret2 yang diwarnai putih...dua2a-nya beda harga...dan mungkin menurut saya, hanya berbeda di first boarding nya aja

anyway, tetep seneng sama ekspansi-nya QZ di rute2 baru...jd menguntungkan bwt para Pax "ngelirik2" macem2 harga yg sesuai kantong...jd tidak terpatok hanya maskapai itu2 aja yang di favoritkan...


   http://t.indoflyer.net/629915


flyingDent -> RE: Bagasi Air Asia Indonesia ( QZ ), Wajib Beli! (24/11/2012 15:46:57)

quote:

Mungkin yang perlu diperbaiki, cara mengemasnya. Harusnya jangan "wajib beli bagasi," tapi "bagasi gratis" atau "sudah termasuk bagasi" (tentunya dengan fare yang sudah dinaikin). Pax lebih ga nyadar kalo dengan cara yang kedua, dan lebih smooth, dibanding dengan cara yang pertama.

Ane setuju dengan om LITA...
Biarpun harga akhir nya ujung-ujungnya juga sama, tapi kemasan kata-katanya kadang bisa membikin orang berpaling.

Harga akhirnya sama.... tapi coba bandingkan dengan 2 kemasan kata-kata ini:

1. harga sudah termasuk bagasi gratis 15 kg...
2. diharuskan beli bagasi 15 kg.

Efek psikologis yg nomer 1: oooo.... jadi kita bayar segitu udah dapat fasilitas gratis bagasi 15 kg ya? wah... enak nih dapat bagasi gratis...

Nah... kalo nomer 2, efek psikologisnya beda banget: oooo.... jadi saya dipaksa beli bagasi 15 kg ya... kalo saya nggak mau gimana? jadi sebenarnya ini tiket bisa lebih murah lagi ya? ogah ah kalo gitu ceritanya main paksa gini.... mending erlen sebelah aja yg kasi gratis bagasi....

Banyak lho orang-orang yg kagak terimaan seperti itu....

QZ harus benar-benar berhati-hati dalam mengemas kata-kata kalo tidak mau akhirnya jadi senjata makan tuan lhooooo...

Just my opinion sebagai orang bebas yg kagak mau dipaksa-paksa [:)]


   http://t.indoflyer.net/629915


dikavector -> RE: Bagasi Air Asia Indonesia ( QZ ), Wajib Beli! (24/11/2012 16:02:30)

quote:

beli tiket SRG-SBY basic price rp 80.700 ujung ujungnya malah satu org hmpr 200 ribu sekali jalan... OMG,,,


[>:] Mau semurah apalagi om, jarang banget jaman gini dapet tiket harga segitu ckckck

quote:

Mungkin yang perlu diperbaiki, cara mengemasnya. Harusnya jangan "wajib beli bagasi," tapi "bagasi gratis" atau "sudah termasuk bagasi" (tentunya dengan fare yang sudah dinaikin). Pax lebih ga nyadar kalo dengan cara yang kedua, dan lebih smooth, dibanding dengan cara yang pertama.


Bener om wajib itu kesan seperti "dipaksa" apalagi kan citra QZ sebagai "airline punya asing" di Indonesia bisa bikin banyak yang protes.


   http://t.indoflyer.net/629915


greatstyo -> RE: Bagasi Air Asia Indonesia ( QZ ), Wajib Beli! (24/11/2012 16:41:35)

quote:

ORIGINAL: flyingdent

QZ harus benar-benar berhati-hati dalam mengemas kata-kata kalo tidak mau akhirnya jadi senjata makan tuan lhooooo...


Terkadang kalimat dan kata-kata marketing QZ itu bagus banget, tapi terkadang kok ya mengecewakan banget seperti yang sekarang ini.. [8D]


   http://t.indoflyer.net/629915


Leony Eka -> RE: Bagasi Air Asia Indonesia ( QZ ), Wajib Beli! (24/11/2012 18:19:50)

kalo kemarin sih..bisa diakali dengan membuka booking11.airasia.com...cuma sayangnya sekarang buka alamat itu malah diredirect ke booking.airasia.com...dan..option no bagage ilang...[:(]

kalo saya sih,tidak terlalu perlu bagasi ekstra untuk berangkatnya...jadi saya salah satu yang "agak" kecewa atas kebijakan baru ini...

siap-siap...tahun depan nampaknya seat paling murah bukan 5.000 rupiah lagi...tapi 45.000 rupiah paling kecil...

sebenarnya,setelah diitung-itung,kalo naik AirAsia group terlalu banyak ambil "godaan" dari AirAsia,terkadang harganya bisa melebihi GA...(saya pernah mengalaminya. saat itu AA de jurenya cuma 120.000. cuma karena banyak ambil option(bagage dan makan 1x),melambunglah harganya menjadi sekitar 250.000 kalo tidak salah..setelah itu saya cek GA..dan...saya book penerbangan GA243 yang "biasanya" dapet PK-GMx/GFx yang notabenenya 738 GA yang paling gress dan 738nya GA yang dapet IFE-AVOD with PTV dan dapet harga 230.000!)

kalo pake AA Group aslinya bisa dapet 5000 rupiah kalo bisa tahan "godaan",namun bisa melambung sampe 150.000 keatas kalo kena "godaan" tawaran makanan,bagasi,dan lain-lain...

cuma sekarang..."godaan" bagasi udah ga bisa dihindari...udah "mau ga mau"...

nampaknya saya akan membatalkan rencana bulan desember ini mencoba QZ SRG-SUB..harganya udah hampir sama kaya kompetitornya yang paling dekat,SJ!

nampaknya saya jadi mau mencabut pertanyaan saya terdahulu tentang JT di thread sebelah...saya sekarang malah jadi suka cara pemasaran JT yang simpel bin cepat bin praktis itu

semoga saja kedepannya AA Group pake trik yang tidak bikin "calon pax kaget"(saya termasuk yang kaget,uang dah siap,bayar dah siap,eh kebijakan berubah) dan tidak pake strategi saya di AE. Pake IFS Scam!(pake fasilitas apapun harus bayar,mahal pulak!)


   http://t.indoflyer.net/629915


afterburner -> RE: Bagasi Air Asia Indonesia ( QZ ), Wajib Beli! (24/11/2012 18:36:29)

quote:

siap-siap...tahun depan nampaknya seat paling murah bukan 5.000 rupiah lagi...tapi 45.000 rupiah paling kecil...

Menurut saya gak realistis kalo kita mengharapkan harga promo terus menerus. Kalau kita bisa terbang dengan harga promo, anggep aja kita sedang dapet hadiah undian.

Dan berterimakasihlah kepada penumpang lain yang membayar dengan harga normal sebab karena merekalah anda bisa terbang dengan murah. [:)]


   http://t.indoflyer.net/629915


Rio_DVM -> RE: Bagasi Air Asia Indonesia ( QZ ), Wajib Beli! (24/11/2012 18:58:44)

quote:

Di Indonesia pun, berdasarkan data di JT, pax dengan rute Indonesia Timur seperti CGK-UPG, CGK-MDC, CGK-AMQ suka bawa barang yang banyak.
, jadi keinget, mesti kalo berangkat ke DJJ pake JT banyak Pax yang bawa masuk ke kabin koper segede gaban...[X(], pernah saya tanya kenapa mereka bawa kopernya ke kabin karena jatah bagasinya udah habis buat oleh2 sama titipan sanak keluarganya di DJJ...[:D]

terkait bagasi yang wajib dibeli Pax QZ, kalau menurut saya ini trik perusahaan, dimana QZ sering melakukan promo2 yang "gila2an" bahkan bisa Rp 0,- , dengan adanya kewajiban beli bagasi maka perusaahaan akan diuntungkan sehingga masa promo2 nya bisa dilakukan lebih sering lagi yang akhirnya citra QZ jadi lebih terkenal oleh Pax...


   http://t.indoflyer.net/629915


afterburner -> RE: Bagasi Air Asia Indonesia ( QZ ), Wajib Beli! (24/11/2012 19:23:21)

quote:

Efek psikologis yg nomer 1: oooo.... jadi kita bayar segitu udah dapat fasilitas gratis bagasi 15 kg ya? wah... enak nih dapat bagasi gratis...

Nah... kalo nomer 2, efek psikologisnya beda banget: oooo.... jadi saya dipaksa beli bagasi 15 kg ya... kalo saya nggak mau gimana? jadi sebenarnya ini tiket bisa lebih murah lagi ya? ogah ah kalo gitu ceritanya main paksa gini.... mending erlen sebelah aja yg kasi gratis bagasi....


Kutipan dari Ask AirAsia
quote:

How much does this inclusive checked baggage of 15kg contribute to the total cost of my booking?

We always place an emphasis on being transparent with our costs. Previously, we charged Rp75, 000 for 15kg prebooked checked baggage. Now, we are only charging Rp40,000 for 15kg prebooked checked baggage which is added to the cost of your booking.

Sepertinya sebenarnya niat QZ bagus. Mereka berusaha agar tetap transparan soal pricing. Sebenarnya bisa aja mereka bilang "Mulai 8 November harga dasar tiket sudah termasuk bagasi 15 kg". Nah, kesannya QZ baik banget sama penumpang kan? Tapi lalu diam-diam mereka menaikkan harga dasar tiket Rp 40.000. Gimana?

Sepertinya orang Indonesia memang senang memilih produk yang harganya terkesan murah (padahal belum tentu murah). Contoh gampangnya adalah ajang sale di department stores. Sering terjadi barang-barang yang di-discount dinaikkan dulu harga dasarnya sebelum dilabeli "discount" dengan persentasi yang cukup fantastis. Padahal harga akhirnya tidak jauh berbeda atau malah sama dengan harga awalnya (harga di luar ajang sale).

quote:

Fuel price ain't cheap...

Sayangnya banyak penumpang yang gak peduli dengan hal ini.

quote:

tapi kalau bisa lebih murah, why not ??

Kata kuncinya "kalau". Kalau maskapai bisa menjual tiket dengan narga murah, bagus. Tapi maskapai kan harus mendapat untung.


   http://t.indoflyer.net/629915


flyingDent -> RE: Bagasi Air Asia Indonesia ( QZ ), Wajib Beli! (24/11/2012 19:45:16)

quote:

Sepertinya sebenarnya niat QZ bagus. Mereka berusaha agar tetap transparan soal pricing. Sebenarnya bisa aja mereka bilang "Mulai 8 November harga dasar tiket sudah termasuk bagasi 15 kg". Nah, kesannya QZ baik banget sama penumpang kan? Tapi lalu diam-diam mereka menaikkan harga dasar tiket Rp 40.000. Gimana?

Om Aftie.... being transparant is good...

Tapi secara marketing, juga harus mikirkan efek psikologis nya juga dong... makanya pengolahan kata-kata itu perlu...

Saya coba kasih contoh simpel yaaaaa....
Bagus mana antara dua kalimat ini:

1. Sekarang harga naik jadi 80.000, dengan rincian harga dasar 40.000 dan kewajiban membeli bagasi 15kg seharga 40.000.

2. Sekarang harga naik jadi 80.000, dan harga itu sudah termasuk bagasi 15kg.

Dua-duanya kan sama-sama memasukan harga bagasi ke harga tiket.

Tapi dengan kalimat marketing yg pertama, customer merasa dipaksa secara psikologis untuk secara terpaksa membayar lebih...

Pada kalimat marketing kedua, customer merasa harga yg dia bayarkan jadi naik karena sudah include bagasi (seperti yg secara jelas dinyatakan disana), secara psikologis lebih tidak ada perasaan "dipaksa" membayar lebih.
(btw, selama ini base fare nya QZ selalu fluktuatif, susah banget nentuin harga mana yg bisa jadi pegangan harga dasarnya....)

Kadang polesan dan pilihan kata itu penting banget dalam marketing (atau berkomunikasi dengan orang lain) untuk menentukan efek psikologis mana yg kita harapkan dari customer kita.


   http://t.indoflyer.net/629915


Page: [1] 2 3 4 5   next >   >>



Forum Software © ASPPlayground.NET Advanced Edition 2.4.2
4.736328E-02