http://t.indoflyer.net/623434
Xenia: mesin tersendat-sendat di RPM dan di gigi 1-2 (Full Version)

All Forums >> [NON-AVIATION SECTION] >> Airport Lounge



Message


MD11s-fly-over-you -> Xenia: mesin tersendat-sendat di RPM dan di gigi 1-2 (11/10/2012 16:05:16)

rekan2, Xenia saya taun 2006 kok di gigi 1 dan 2 ngeberebet ya tarikannya di RPM rendah dan di gigi 1 dan dua kecuali kalo saya naikkin tp pas di atas 2700/3000 RPM kayak ada extra tenaga jadi ujug2 (tiba2-red) suka akseleratif tiba2. Padahal udah matiin AC kalo lagi kumat.

Kira2 selain busi, pompa bensin apalagi yaa.. saya bukan pemilik pertama tapi gejala kok baru muncul skrg2.. kalo tanjakkan kasian banget mesinnya... ada yg ngalamin hal yg samaaa??

share sarannya ya rekan2.. thanx lho sebelumnya


   http://t.indoflyer.net/623434


El Erief -> RE: Xenia: mesin tersendat-sendat di RPM dan di gigi 1-2 (11/10/2012 16:40:24)

kemasukan air kali Om kayak punya ekeu... [X(]


   http://t.indoflyer.net/623434


skyduck -> RE: Xenia: mesin tersendat-sendat di RPM dan di gigi 1-2 (11/10/2012 16:42:09)

Daihatsu Xenia ya Om? Yang 1000cc atau yang 1300cc? Kalo yang 1300cc berarti mesinnya sama dengan Toyota Avanza ya Om. [:)]

Sekedar sharing, saya pernah pakai Avanza 2009 (saya pakai dari gress thn 2009 dan dijual tahun 2011).
Dari awal penggunaan juga mengalami hal yang sama. Bahkan sempat mengungkapkan keluhan mesin ngebrebet di RPM tertentu tersebut ke bengkel saat service awal 1000 km.
Mekaniknya sih bilang bahwa gejala itu bawaan dari mesin Avanza/Xenia. Dan si mekanik juga bilang bahwa Avanza/Xenia keluaran awal (sebelum versi VVT-i) lebih parah lagi gejala ngebrebetnya Om.
Waktu itu sih sempet minta mekanik bengkel untuk nyetel mesin bagaimanapun caranya supaya ngebrebetnya hilang. Sempet berhasil, walau setelah itu mobil berasa tambah boros. Tapi sepertinya juga ngk bertahan lama karena seminggu kemudian itu mesin kembali lagi ke sifat awalnya, sering ngebrebet.. [>:]


   http://t.indoflyer.net/623434


jumpseat -> RE: Xenia: mesin tersendat-sendat di RPM dan di gigi 1-2 (11/10/2012 18:02:51)

Beberapa waktu lalu saya juga mengalami hal serupa, (Avanza Vvti 2006), bukan brebet sih tapi "ndut-ndutan" di gigi 2-3, saya curiga kualitas BBM tidak bagus.

Saya coba isi pertamax 10liter (saat itu posisi BBM separo), sementara ini gejala ndut-ndutan tsb sudah berkurang (untuk tidak mengatakan hilang), Saya akan periksa di "beres" sekalian di service rutin kurang 3000km lagi.

Sebelumnya ngga ada gejela seperti ini meskipun, tetap irit.


   http://t.indoflyer.net/623434


capt_Reza23 -> RE: Xenia: mesin tersendat-sendat di RPM dan di gigi 1-2 (11/10/2012 23:14:28)

Saya juga pernah punya avanza - 2006 type G non VVTi, kejadiannya juga sama di gigi 1-2 suka tiba2 nyentak gitu...
itu udah dari pertama saya beli seperti itu, sampe skarangpun blum tau kenapa tapi lama2 kebiasa juga sih [8D]

dan avanza saya yg baru (G 1.5) taun 2012 ini malah sukanya kyk kurang digas gtu di gigi 2, nyendat2 kayak mau mogok sering juga kalo bapak yg make mesin sampe mati sgala [8D]


   http://t.indoflyer.net/623434


FlightSim Lover -> RE: Xenia: mesin tersendat-sendat di RPM dan di gigi 1-2 (11/10/2012 23:37:04)

Aku kira mobil Xenia bokap aja tuh yang begitu [8D]
Sempet pake Xenia Xi 2007. Sebelumnya pake mobil Kijang kapsul Tahun '97 1800cc

Beda banget deh..
Bahkan kalau lagi bawa saudara pasti sampe ku bilang "Duuh, enakan kijang deh gak ndut-ndutan"
Padahal ngelepas koplingnya juga udah pake hati nurani.. [sm=melet.gif]

Tapi setelah masuk gigi 3 gak terasa lagi kok..
Dan pastinya kalo untuk lari lebih yahud dari Kijang 97, meski cc nya lebih kecil.. [;)]


   http://t.indoflyer.net/623434


Febrian -> RE: Xenia: mesin tersendat-sendat di RPM dan di gigi 1-2 (12/10/2012 0:51:24)

Coba bantu jawab...dengan gejala2 seperti itu di mobil injection, tersangka biasanya ada pada Air Flow Module / AFM. dan juga kemungkinan ada sensor di Air Flow yang kotor / kena air.


   http://t.indoflyer.net/623434


mdjustfly -> RE: Xenia: mesin tersendat-sendat di RPM dan di gigi 1-2 (12/10/2012 6:48:53)

Samaaaaa avanza 2008 punya kantor bokap gw juga ngadet ngadet di rpm 4000 - 5000. Paling kerasa di gigi 4 sama 5.


   http://t.indoflyer.net/623434


yoza1404 -> RE: Xenia: mesin tersendat-sendat di RPM dan di gigi 1-2 (12/10/2012 7:02:40)

Kebetulan saya pake Xenia LI 2010.
Di daerah Surabaya dan sekitarnya, menurut beberapa bengkel resmi (dealer & astra international),
kualitas BBM dalam hal ini premium memang memburuk sejak bulan juni 2012 dan belum balik lagi.

Solusinya hanya ada 2 :
1. Pake Pertamax/shell
2. Servis (ganti busi, cuci injector, ganti filter udara, tune up). Biaya +- 400rb

Saya akhirnya mengurungkan niat nomer 1 dan 2, tapi ganti busi sendiri. So far so Good.
Tapi kemaren orang bengkel bilang, paling apes kalau BBMnya jelek sekali, 2000-3000km sekali harus ganti busi (lagi).


   http://t.indoflyer.net/623434


mdjustfly -> RE: Xenia: mesin tersendat-sendat di RPM dan di gigi 1-2 (12/10/2012 8:07:22)

Bener juga kata om yoza, akhir akhir ini premium agak aneh, kerasa banget ngelitiknya di avanza. Buat saran aja, coba isi bensin di spbu milik pertamina langsung, kualitas premium agak lebih baik sedikit.


   http://t.indoflyer.net/623434


pckupelan -> RE: Xenia: mesin tersendat-sendat di RPM dan di gigi 1-2 (12/10/2012 8:44:43)

quote:

ORIGINAL: mdjustfly

Bener juga kata om yoza, akhir akhir ini premium agak aneh, kerasa banget ngelitiknya di avanza. Buat saran aja, coba isi bensin di spbu milik pertamina langsung, kualitas premium agak lebih baik sedikit.


saya juga merasakan hal yang demikian, jazz saya terasa ngelitik saat digas pada putaran rendah...sepertinya sudah saatnya bebersih pakai fuel system cleaner dan pertamax plus [:D]


   http://t.indoflyer.net/623434


haristk7 -> RE: Xenia: mesin tersendat-sendat di RPM dan di gigi 1-2 (12/10/2012 8:53:30)

kayaknya emang banyak kasus kayak begini, Avanza/Xenia punya temen juga bermasalah di low RPM ama gigi 1-2

kalo yang non VVT-i setau gw gara2 ada gejala fuel cut dari mesinnya

biasanya sih permasalahannya ada di busi, kalo udah diganti harusnya gejala ndut-ndut nya ilang, fuel pump kalo udah dibersihin juga harusnya udah hilang gejala "brebet"nya..kalo masih kgk mau juga, coba minta A*to2000 buat di test pake Intelegent Tester trus diconnect ke bagian DLC3 (terminal ECU, di bagian atas kopling setau gw), biasanya sih ketahuan penyakitnya dimana..dan biasanya sih ECU nya direset ulang biar gejala "brebet"nya ilang..cara ini sebagian besar bekerja kok ngilangin gejala ndut-ndutan..

kalo masih bandel juga, yaa bagian bahan bakar harus dibersihin..fuel pump, fuel tank, fuel rail, ama injectornya dicuci..kalo udah bersih dan ECU udah direset ulang..harusnya penyakitnya hilang..

[:)]


   http://t.indoflyer.net/623434


afterburner -> RE: Xenia: mesin tersendat-sendat di RPM dan di gigi 1-2 (12/10/2012 9:59:19)

quote:

kalo masih bandel juga, yaa bagian bahan bakar harus dibersihin..fuel pump, fuel tank, fuel rail, ama injectornya dicuci..kalo udah bersih dan ECU udah direset ulang..harusnya penyakitnya hilang..

Kayaknya ini masalah bahan bakar ya? [8|]


   http://t.indoflyer.net/623434


muh ario -> RE: Xenia: mesin tersendat-sendat di RPM dan di gigi 1-2 (12/10/2012 10:37:15)

ane avanza 2008....alhamdulilah tidak pernah sekalipun ngerasa kan keluhan yang ditulis diatas (km udah tembus 170rban),trayek dalam dan luar kota yg lumayan sering,dgn membawa full cargo/pax or sendirian ...settingan di set dgn "tarikan panjang" jadi baru akan pindah gigi kalo udah saatnya pindah (yg harusnya akan makin kerasa brebetnya)

hmmm,kok aneh yaa banyak yang mengalaminya

hal yang pasti ane jaga adalah service rutin/ganti part sesuai buku manual jika udah masuk KM nya,untuk masalah bbm,memang ane selalu melihat pom mana yang "recommended" , mmg agak susah utk memilih, tapi patokan dasar (pendapat pribadi) adalah memilih pom yg byk disinggahi angkutan umum,tidak memilih pom yang sedang dan atau baru mengisi tanki bawah tanah nya,dan juga suka memilih pom dengan kode 41 [;)]

mgkn kah masalah BBM (entah itu bensin/pertamax ) seperti kasus yg dulu pernah ada ?? [8|]


   http://t.indoflyer.net/623434


Yohannes -> RE: Xenia: mesin tersendat-sendat di RPM dan di gigi 1-2 (12/10/2012 10:46:36)

Pastinya sih masalah bensin.

Saya pake Shell Super 92/Pertamax gak pernah kejadian apa-apa tuh.

Dulu pernah mengalami ini dengan Isuzu Panther diesel keluaran 1997 yang usianya sudah 7 tahun, diisi solar (waktu itu belum ada Dex, Shell, dkk), ketika nanjak mesinnya ngebrebet dan tiba-tiba seperti kehilangan daya. Untung setelah gas dikocok sedikit (dilepas kemudian diinjak dalam secara pelan-pelan) akhirnya tarikan mesin kembali normal.


   http://t.indoflyer.net/623434


gigih1979 -> RE: Xenia: mesin tersendat-sendat di RPM dan di gigi 1-2 (12/10/2012 11:25:49)

Kebanyakan sih busi udah mulai ada yang "soak" jadi efeknya mesin mulai mbrebet-mbrebet nih,coba ganti busi dulu aja.Thn 2006 itu masih pakai karburator gak ya?
Busi,pompa bensin,kabel busi,karburator (jika masih pakai) normal.harusnya gak mberebeet...


   http://t.indoflyer.net/623434


vincentpiano -> RE: Xenia: mesin tersendat-sendat di RPM dan di gigi 1-2 (12/10/2012 12:16:23)

boleh share saja?
kebetulan saya suka utak atik mesin mobil-motor.
tp skrg saya utak atik mobil lebih banyak karena jadi aktifis di salah satu komunitas mobil (plus jadi divisi uji coba alias trial and error) hahahaha

Mrebet itu banyak faktornya :
1. busi
2. pengapian dan kelistrikan tidak baik
3. fuel flow
4. ECU yg kurang sempurna sistemnya
5. kualitas bahan bakar
6. saringan udara sudah kotor
7. oli yang tidak pada spec-nya (terlalu kental atau sdh kotor, jdnya mesin lebih berat dan friksi berlebihan)
8. saringan oli kotor
9. saringan bahan bakar kotor
10. Karburator kotor/Injektor kotor
11. Karburator tidak pernah disetel (sdh lama tidak tune up)
12. setelan delco (platina) terlalu 'fur' atau 'nach' untuk RPM tertentu #untuk yg masih pake platina#
13. throttle body kotor (untuk yg injector), berhubungan dengan MASS AIR FLOW.

Nah untuk boros itu banyak faktornya
selain hal2 diatas ada yang seperti ini :
1. spooring tidak akurat dan benar
2. ban sudah aus separo
3. velg 'peyang tetapi tidak kentara
4. suspensi/kaki-kaki ada yang tidak beres
5. tekanan angin tidak standar dan tidak menggunakan nitrogen
6. muatan berlebihan
7. kompresi mesin menurun (aus karena usia... biasanya gejala awal mesin bensin rada ngebul dr knalpot, suara mesin mulai kasar padahal bukan diesel)
8. penggunaan AC yang terlalu dingin, sehingga kompresor AC bekerja berlebih

-----

Untuk mengatasi mbrebet dan irit 'versi' saya :
1. Pakai jenis busi iridium.
why? mampu tahan di panas super tinggi dengan tidak menambah resistansi busi.
Busi standar pabrik biasanya pakai cooper core (hanya mampu sekitar 900'C-1000'C.
Iridium mampu hingga 2300'C dengan resistansi tetap stabil.

2. Kelistrikan diperbaiki.
Di cek teganggan supply dr alternator dan accu supply. Diberi volt stabiliser, grounding cable beberapa titik, dengan pantauan voltmeter di dashboard.
Tegangan sekarang bisa stabil di 13.8v hingga 14.5v (regulator tegangan masih aman, krn masih dalam range kerjanya)
alhasil lampu lebih terang, audio lebih stabil dan jelas, mesin lebih tenang karena busi mendapatkan tegangan kerja yang baik sehingga bahan bakar terbakar sangat sempurna.

3. Spooring balancing di bengkel terpercaya (gunakan ban sesuai specnya), isi dengan nitrogen.

4. Untuk setiap kabel busi diberi 9POWER untuk 'menyearahkan' dan 'menghilangkan' tegangan cerat/liar

5. jika berani... menggunakan oli yang lebih encer tetapi ditambahkan NANO ENERGIZER untuk justru melapisi dengan nano ceramic di dalam mesin dan setiap komponen bergerak.
saya pakai DURATION OIL 5W-50 plus NANO ENERGIZER. (dulunya 10W-40)

6. Pakai bahan bakar yang terpercaya SPBUnya dan sesuai spec RON-nya.

7. rutin tune up

8. menerapkan driving pattern push and glide (akselerasi dan pengereman yang tidak tiba2).

9. sesekali bawalah kendaraan anda dengan hi-speed (RPM tinggi) di tol sekitar 15-20 menit.
kenapa?
itu namanya ITALIAN TUNE. untuk memblasting endapan karbon yang mungkin ada.
di blasting dengan hisapan dan semburan angin yang kuat dari sisi throttle body.

10. selalu gunakan gigi transmisi sesuai peruntukan dan kondisinya.
ada beberapa mobil yang jika kecepatan 30km/jam santai dengan gigi 4 masih bisa.
tetapi sudah ada yang mobil yang ndut2an pula.
karakter mobil beda2.

11. rutin mengganti filter oli, fuel, dan udara

12. Lampu diganti HID dengan 4500-6000K saja. untuk mengurangi konsumsi daya saat malam hari, tetapi terangnya masih dapet.

Dengan menggunakan cara saya diatas SAYA JAMIN maknyuss!!!
selain tarikan dapat, juga bahan bakar lebih irit.

Just testi dari saya :
Kebetulan saya menggunakan mobil bekas tahun 1999. dengan kapasitas 2200cc.
berat mobil kosong hampir 1 ton (bodinya emang berat).

Awal pemakaian (belum saya utak-atik), dalam kota konsumsi bahan bakar 1:6 - 1:7.
Luar kota hanya mampu 1:10 - 1:11

setelah saya utak atik dengan yang saya tulis diatas,
konsumsi dalam kota 1:8 - 1:9 hampir 1;10
luar kota rekor terbaik yg pernah saya capai 1:18
Rata-rata 1:16 - 1:17
YES... [8D]
[:D]

Mau konsultasi, beli oli duration, 9POWER, Nano energizer dan tune up mobil?
PM saya. wakakakakaka
#kabooorrrr#
hahahahaha

semoga mobil om MD-11s cepet sembuh ya ga mbrebet/nyendal2 lagi [:)]


   http://t.indoflyer.net/623434


afterburner -> RE: Xenia: mesin tersendat-sendat di RPM dan di gigi 1-2 (12/10/2012 12:37:32)

quote:

3. Spooring balancing di bengkel terpercaya (gunakan ban sesuai specnya), isi dengan nitrogen.

Kalo menggunakan ban dengan spek dan tekanan angin yang dianjurkan pabrikan memang membuat mobil tetap irit. Tapi nggak membuat mesin bebas brebet kan? [8D]

quote:

Kebetulan saya menggunakan mobil bekas tahun 1999. dengan kapasitas 2200cc.
berat mobil kosong hampir 1 ton (bodinya emang berat).

1 ton sih gak berat. Mobil kelas 1500cc kayak Yaris dan Jazz aja beratnya 1 ton. [:)]


   http://t.indoflyer.net/623434


vincentpiano -> RE: Xenia: mesin tersendat-sendat di RPM dan di gigi 1-2 (12/10/2012 13:10:31)

Hahahaha om aftie. Saya nulisnya saya gabungin. Buat jd Irit dan ga mbrebet, hehehehe.
Saya jg lupa nulis, mobil saya dl mbrebet di gigi 1-2 RPM rendah.

Nah soal berat mobil,saya salah tulis kalau gt.
Innova klo ga salah 1 ton lebih sedikit ya?
Pastinya saya belum nimbang om hahahahaha.
Belum isi audio dan macem2nya. Hehehehe.


   http://t.indoflyer.net/623434


afterburner -> RE: Xenia: mesin tersendat-sendat di RPM dan di gigi 1-2 (12/10/2012 13:40:29)

quote:

Innova klo ga salah 1 ton lebih sedikit ya?

Innova bensin ± 1,5 ton, yang diesel 1,6 ton. Berat persisnya tergantung varian.


   http://t.indoflyer.net/623434


Page: [1] 2   next >   >>



Forum Software © ASPPlayground.NET Advanced Edition 2.4.2
0.03125