http://t.indoflyer.net/586999
RE: Nama 3 suku kata buat Umroh (Full Version)

All Forums >> [NON-AVIATION SECTION] >> Airport Lounge



Message


El Erief -> RE: Nama 3 suku kata buat Umroh (21/1/2012 9:49:43)

quote:

Dari postingan rekan-rekan sekalian saya menangkap kalau penambahan/perubahan nama itu dilakukan dengan sengaja begitu saja di imigrasi tanpa harus pakai pengadilan dan berita acara negara.


ga om.. ini proses panjang... mulai RT, RW, kelurahan. kecamatan, balik lagi kelurahan..belum lagi kalau salah tanggal lahir, harus ke dinas kependudukan buat ganti database...

kasian orang yang di depan saya kemarin, bolak-balik Jember - Surabaya buat ngurus salah nama.. [:(]


   http://t.indoflyer.net/586999


afterburner -> RE: Nama 3 suku kata buat Umroh (21/1/2012 10:02:53)

quote:

ga om.. ini proses panjang... mulai RT, RW, kelurahan. kecamatan, balik lagi kelurahan..belum lagi kalau salah tanggal lahir, harus ke dinas kependudukan buat ganti database...

Ini buat proses perubahan nama di paspor? [8|]


   http://t.indoflyer.net/586999


flyingDent -> RE: Nama 3 suku kata buat Umroh (21/1/2012 10:12:31)

quote:

ga om.. ini proses panjang... mulai RT, RW, kelurahan. kecamatan, balik lagi kelurahan..belum lagi kalau salah tanggal lahir, harus ke dinas kependudukan buat ganti database...

kasian orang yang di depan saya kemarin, bolak-balik Jember - Surabaya buat ngurus salah nama..

Apa sehabis itu indentitas orang ini berubah (karena ada penambahan/perubahan nama)?
Logikanya passport itu tanda pengenal resmi yg dikeluarkan negara, kalau namanya berubah dari dokumen negara sebelumnya, maka akan mengikuti nama di dokumen yg terbaru.
Bagaimana nasib KTP, SIM yg masih menggunakan nama sebelumnya? Apa harus dirubah juga mengikuti nama terbaru yg ada di passport?
Apa dengan dengan perubahan nama ini akan negara akan memberikan surat keputusan resmi dari negara (seperti surat ganti nama untuk warga keturunan) yg bisa digunakan untuk urusan2 yg dokumen sebelumnya menggunakan nama aslinya...?
(keluarga saya pernah mengalami hal spt ini. Harus menyertakan surat ganti nama karena nama di tanda pengenal yg sekarang berbeda dengan akte lahir)
Cuman penasaran aja ama implikasi hukum buat WNI nya ke dalam karena harus merubah nama untuk memenuhi permintaan negara orang lain.

#tambahbertanyatanyadenganpraktekini#


   http://t.indoflyer.net/586999


ayamgoreng -> RE: Nama 3 suku kata buat Umroh (21/1/2012 10:35:30)

quote:


Sebenarnya, apa masalahnya kalau ada dua orang namanya sama? Nama bisa sama persis. Tapi fotonya bisa beda. Tanggal lahir juga bisa beda. Di Indonesia banyak orang yang namanya sama. tapi komputer di Indonesia nggak puyeng tuh.


Ah, you're right om...
saya masih menyamakan komputer dengan otak saya [8D]


   http://t.indoflyer.net/586999


El Erief -> RE: Nama 3 suku kata buat Umroh (21/1/2012 22:47:47)

quote:

Ini buat proses perubahan nama di paspor?


intinya gini Om

"Ini elo punya KTP, KK; nama, alamat, tanggal lahir, dll. harus sama. Kalo udah sama, elo baru bisa dateng ke imigrasi buat urus paspor. Untuk cara ganti nama dll. lo tanya deh kelurahan."

nah, yang di kelurahan itu yang ribet... [:(] dan imigrasi ga mau tau.

quote:

Bagaimana nasib KTP, SIM yg masih menggunakan nama sebelumnya? Apa harus dirubah juga mengikuti nama terbaru yg ada di passport?


KTP dan SIM pasti sama ama paspor. Karena papor berdasarkan KTP, KK, dan akta lahir.... yang jadi masalah sekarang, itu WNI yang lanjut usia yang mau buat paspor, karena jaman kemerdekaan belum ada istilah akta kelahiran. tanggal lahir pun mungkin ditulis " Waktubapak tanam pohon mangga di depan rumah".


   http://t.indoflyer.net/586999


afterburner -> RE: Nama 3 suku kata buat Umroh (21/1/2012 22:52:32)

quote:

intinya gini Om

"Ini elo punya KTP, KK; nama, alamat, tanggal lahir, dll. harus sama. Kalo udah sama, elo baru bisa dateng ke imigrasi buat urus paspor. Untuk cara ganti nama dll. lo tanya deh kelurahan."

Tapi yang saya dengar, kalo perubahan nama untuk haji atau umroh, yang cuma ditambahkan nama ayah, nggak perlu ke kelurahan segala. Nama asal/aslinya kan nggak berubah.


   http://t.indoflyer.net/586999


flyingDent -> RE: Nama 3 suku kata buat Umroh (22/1/2012 0:25:08)

quote:

KTP dan SIM pasti sama ama paspor. Karena papor berdasarkan KTP, KK, dan akta lahir.... yang jadi masalah sekarang, itu WNI yang lanjut usia yang mau buat paspor, karena jaman kemerdekaan belum ada istilah akta kelahiran. tanggal lahir pun mungkin ditulis " Waktubapak tanam pohon mangga di depan rumah".

Dari penjelasan om, saya menangkapnya seperti ini:
Berarti harus ganti nama di KTP, KSK, dsb terlebih dahulu..
Kalo akte lahir mana bisa diganti namanya... yg ada juga minta minta ke pengadilan buat ngajukan surat ganti nama yg akan selalu disertakan kalo urus apa-apa yg pake surat lahir dan KTP/passport yg tidak sama namanya... (ini pengalaman famili yg warga keturunan yg jaman orba dulu "diharuskan" untuk ganti nama).
Proses ganti nama ini tidak bisa secepat itu selesainya, perlu waktu panjang...
Kalo sudah ada surat ketetapan ganti nama ini baru bisa bikin KTP dan KSK dengan nama baru, lalu baru bisa bikin passport baru dengan identitas baru itu...

Benar-benar suatu upaya yg menguras energi, waktu dan biaya untuk itu semua...

Pertanyaannya:
Apakah memang harus seperti itu demi memenuhi permintaan negara lain yg tidak lazim itu (nama termasuk hak asasi manusia, tidak bisa dipaksakan untuk merubahnya hanya demi "kemudahan" mendapat ijin masuk)?
Apa pemerintah tidak bisa mengupayakan menjelaskan kenyataan yg ada? (mengingat Indonesia pengirim terbanyak jemaah haji/umroh kesana, dan negara lain tidak ada permintaan yg seperti ini)
Sehingga mempermudah warganya yg kehidupannya sudah cukup sulit ini...


#tambahbingungdengankenyataannya#


   http://t.indoflyer.net/586999


El Erief -> RE: Nama 3 suku kata buat Umroh (22/1/2012 5:47:38)

quote:

Dari penjelasan om, saya menangkapnya seperti ini:
Berarti harus ganti nama di KTP, KSK, dsb terlebih dahulu..
Kalo akte lahir mana bisa diganti namanya...


yang paling utama jadi referensi itu akta lahir om.. karena KTP dan KK bikinnya kan pake akta lahir... dan sering banget kelurahan salah ketik....


   http://t.indoflyer.net/586999


flyingDent -> RE: Nama 3 suku kata buat Umroh (22/1/2012 8:29:09)

quote:

yang paling utama jadi referensi itu akta lahir om.. karena KTP dan KK bikinnya kan pake akta lahir... dan sering banget kelurahan salah ketik....

Nah ya itu...
Menurut pengalaman keluarga, akte lahir nggak bisa dirubah namanya.
Bisa dibikinkan kutipan akte lahir (pengganti akte lahir yg lama) yg mencantumkan nama baru, tapi nama lama yg sdh tidak berlaku pun harus tetap tercantum (ada keterangan "yg dulunya dikenal sebagai bla bla bla..." ), itupun harus ada surat keputusan ganti nama yg dikeluarkan negara (pengadilan) sebagai dasar pembuatannya...
Dan bikin surat ganti nama itu bener-bener bikin capek... capek waktu, biaya dan emosi...
Nahhh.... sesudah ada surat keterangan ganti nama itu baru kelurahan (trus kecamatan) mau bikinkan KTP en KSK yg pake nama baru.... Kalo nggak ada surat itu, kagak digubris tuh permintaannya... (kecuali ada oknum yg mau bikinkan KTP aspal... [8|] [8D])

Kebayang dah gimana ruwet nya...


Pertanyaannya: apakah para jamaah haji/umroh yg kebetulan hanya punya nama 1 kata saja itu juga harus mengikuti prosedur seperti ini untuk mendapatkan passport dengan nama 3 kata? Apa ada tahapan yg bisa di bypass oleh mereka (ada kemudahan buat mereka)?
Kasian sekali membayangkan bagaimana ribetnya mereka (yg banyak first timer nya untuk berurusan dengan passport) kalau harus melalui semua tahapan itu... [:(]


   http://t.indoflyer.net/586999


hady -> RE: Nama 3 suku kata buat Umroh (22/1/2012 8:55:01)

Seinget saya, waktu itu gak perlu sampe macem-macem kayak gitu kok (ngubah akte kelahiran, KTP, dll). Sayangnya saya lupa penambahan nama ibu saya itu di paspor atau visa. Tapi yang jelas, pas ngisi kartu imigrasi di pesawat, ya ngisinya 3 kata tadi.

[:)]


   http://t.indoflyer.net/586999


afterburner -> RE: Nama 3 suku kata buat Umroh (22/1/2012 8:56:10)

quote:

Pertanyaannya: apakah para jamaah haji/umroh yg kebetulan hanya punya nama 1 kata saja itu juga harus mengikuti prosedur seperti ini untuk mendapatkan passport dengan nama 3 kata? Apa ada tahapan yg bisa di bypass oleh mereka (ada kemudahan buat mereka)?

Kalau menurut adik saya yang bekerja di biro perjalanan haji dan umroh, penambahan nama menjadi tiga kata hanya perlu langsung ke kantor imigrasi dengan membawa akta kelahiran atau ijazah. Biasanya ditambahkan nama ayah (dan nama kakek kalau dibutuhkan) agar menjadi tiga kata.


   http://t.indoflyer.net/586999


flyingDent -> RE: Nama 3 suku kata buat Umroh (22/1/2012 9:12:24)

quote:

Seinget saya, waktu itu gak perlu sampe macem-macem kayak gitu kok (ngubah akte kelahiran, KTP, dll). Sayangnya saya lupa penambahan nama ibu saya itu di paspor atau visa. Tapi yang jelas, pas ngisi kartu imigrasi di pesawat, ya ngisinya 3 kata tadi.


quote:

Kalau menurut adik saya yang bekerja di biro perjalanan haji dan umroh, penambahan nama menjadi tiga kata hanya perlu langsung ke kantor imigrasi dengan membawa akta kelahiran atau ijazah. Biasanya ditambahkan nama ayah (dan nama kakek kalau dibutuhkan) agar menjadi tiga kata.


Baguslah kalau ternyata ada kemudahan buat mereka... kasian juga kalo orang yg niatnya ibadah disuruh ribet-ribet dulu ama urusan birokrasi...

Tapi dengan tindakan itu, timbul pertanyaan lagi nih...
Apakah passport yg ditambahin nama ini yg prosedurnya cuma dilakukan di immigrasi itu "SAH"... dalam artian dapat dipakai sebagai tanda pengenal diri untuk urusan lain selain urusan umroh/haji ini?
Kan dasar pembuatannya aja sudah tidak sesuai prosedur (yg mengharuskan nama harus sama dengan akte lahir/KTP/KSK/Ijazah...).... Nama di passport tidak sesuai dengan nama di dokumen negara lainnya....

Mungkin ini juga ya yg jadi salah satu pertimbangan NZ dan Jepang (atau ada negara lain?) yg menolak passport dengan penambahan nama yg cuman tulis tangan imigrasi.... (takutnya aspal kali ya...[8D])


   http://t.indoflyer.net/586999


hangnadim -> RE: Nama 3 suku kata buat Umroh (24/1/2012 9:26:46)

quote:

Apakah passport yg ditambahin nama ini yg prosedurnya cuma dilakukan di immigrasi itu "SAH"... dalam artian dapat dipakai sebagai tanda pengenal diri untuk urusan lain selain urusan umroh/haji ini?

IMHO, keabsahannya hanya sebatas keperluan umroh/haji dan ini hanya diakui imigrasi Indonesia dan Arab Saudi.
Mengingat paspor hanya diperlukan (utamanya) saat di luar wilayah RI, sementara di dalam wilayah RI dokumen identitas cukup sebatas KTP,
jadi nama "ketiga" di paspor tadi tidak banyak berpengaruh saat urusan di dalam negeri, CMIIW.

Masalahnya akan muncul bagi worldwide frequent traveller, saat mau masuk negara yg cukup strict dg nama di paspor spt contoh diatas.
Saya malah punya pemikiran, bisakah nama "ketiga" tadi dihapus setelah selesai umroh? (tentunya oleh imigrasi juga) [:)]


   http://t.indoflyer.net/586999


El Erief -> RE: Nama 3 suku kata buat Umroh (24/1/2012 9:38:45)

quote:

Saya malah punya pemikiran, bisakah nama "ketiga" tadi dihapus setelah selesai umroh? (tentunya oleh imigrasi juga)


sekarang Umroh itu bukan hal yang "WOW" lagi Om... apabila selesai berhaji, lalu ingin ke tanah suci tanpa harus antre tahunan, umroh adalah jalan termudah.. Jadi, agak males juga kalo harus hapus nama, sedangkan masih pengen bolak-balik umroh.. [:)]


   http://t.indoflyer.net/586999


hangnadim -> RE: Nama 3 suku kata buat Umroh (24/1/2012 11:12:20)

quote:

Jadi, agak males juga kalo harus hapus nama, sedangkan masih pengen bolak-balik umroh..

Artinya hal ini hanya terjadi pada sekelompok orang yg sering/seneng umroh dan sekaligus ada urusan lain yg membuat
dia harus travelling ke negara2 spt NZ, Jepang. Kira2 berapa yg populasi kelompok ini? [8|]

Karena bila tidak ada concern lain, maka menghapus nama "ketiga" setelah selesai umroh/haji (merasa cukup dg yg sudah dijalankan)
adalah solusi yg layak dipertimbangkan bagi worldwide frequent traveller. [;)]


   http://t.indoflyer.net/586999


Bubu -> RE: Nama 3 suku kata buat Umroh (24/1/2012 15:55:53)

quote:

Artinya hal ini hanya terjadi pada sekelompok orang yg sering/seneng umroh dan sekaligus ada urusan lain yg membuat
dia harus travelling ke negara2 spt NZ, Jepang. Kira2 berapa yg populasi kelompok ini?


I am one of them !

September 2010 lalu Paspor saya habis dan ketika memperpanjang paspor di Lebak Bulus ditawarkan oleh petugas Imigrasi untuk membuat 3 nama, supaya tidak ada masalah ketika masuk ke Arab Saudi nantinya (karena dia melihat saya pernah punya visa Umroh - Saudi Arabia). Waktu itu sempat ragu, lalu saya quick call teman yang kebetulan Muslim relijius dan global traveller - dia jawab, shud be no problem.

Maka, yang tadinya nama saya (misalkan) : Abu Dhabi (Dhabi nama Bapak), berubah jadi Abu Dhabi Dubai (Dubai ambil nama Kakek). Jadi saya tambahkan satu kata lagi, yaitu nama Kakek saya(supaya namanya tidak melenceng jauh dari nama saya) sehingga saya harap proses akan jadi smooth kedepannya. Kalau nama saya jadi Abu London Dhabi, mungkin akan jadi ngawur karena tau2 ada middle name yang tidak terkait sama sekali dengan sejarah dan silsilah saya.

Jadilah paspor baru saya tertulis 3 kata : Abu Dhabi Dubai....dan paspor lama dengan nama Abu Dhabi menempel jadi satu dengan paspor baru.

Ketika awal tahun 2011 apply Visa Canada, agak deg-degan juga, karena nama di paspor lama & baru berbeda. Lalu saya lampirkan akte kelahiran, yang menunjukkan saya adalah Abu, anak Pak Dhabi bin Dubai. Jadi saya harap pihak Embassy tahu silsilah runutan nama saya. Proses smooth ! Visa granted ! Berturut2 kemudian kemana2 : NZ, AUS, UK, Jepang, dll. Alhamdulillah tidak ada masalah, malah proses berjalan sangat cepat, diatas standar hari kerja mereka.

Satu hal lagi adalah ketika bertransaksi di luar negeri atau sedang refund tax. Nama di kartu kredit tidak sama dengan nama di Paspor. Demikian juga ketika verify kartu kredit waktu check-in (beli tiketnya via online), tidak ada masalah. Sejauh ini dimana2 tidak pernah ada masalah, mungkin karena mereka lihat namanya sama, hanya beda last name-nya saja. Toh banyak juga orang2 asing yang nama2nya tidak konsisten tapi masih mirip, spt ex bos saya dulu : nama dimana2 selalu Ron Wilson, tapi nama Paspornya : Ronald Irving Wilson.

Jadi kalau mau agak aman, untuk tambah nama ketiga, mungkin ambil dari nama keluarga atau suku atau nama kakek. Yang penting ketika ada dispute, ada bukti bahwa itu masih termasuk silsilah keluarga.

Tentang alasan kenapa harus 3 nama, saya tidak tahu pasti, tapi sepertinya itu memang kebijakan disana (dan juga diwajibkan untuk orang2 yang masuk kesana)....

Semoga bermanfaat

[:)]


   http://t.indoflyer.net/586999


montero -> RE: Nama 3 suku kata buat Umroh (25/1/2012 7:31:51)

Disini yg jadi masalah disini adalah : kalo paspor belom habis masa berlakunya , tambahan nama cuman ditulis tangan dibagian endorsement. Nah itu yang Japan + NZ ga mau terima.


   http://t.indoflyer.net/586999


hangnadim -> RE: Nama 3 suku kata buat Umroh (25/1/2012 8:39:26)

@montero, apakah om tertarik dg ide saya di post 35?
quote:

Karena bila tidak ada concern lain, maka menghapus nama "ketiga" setelah selesai umroh/haji (merasa cukup dg yg sudah dijalankan)
adalah solusi yg layak dipertimbangkan bagi worldwide frequent traveller.

[;)]


   http://t.indoflyer.net/586999


Bubu -> RE: Nama 3 suku kata buat Umroh (25/1/2012 15:10:08)

quote:

Disini yg jadi masalah disini adalah : kalo paspor belom habis masa berlakunya , tambahan nama cuman ditulis tangan dibagian endorsement. Nah itu yang Japan + NZ ga mau terima.

Rasa-rasanya nggak cuma akan ke Japan + NZ saja yang akan jadi masalah. Negara2 strict & "paranoid" lainnya seperti USA, AUS, UK dan sebagian Schengen bisa jadi akan menolak aplikasi visa dengan kondisi begitu.
Ada yang menarik buat saya : apakah di pasrpor yang dicoret2 ganti nama itu, ada keterangan di halaman belakang dari Pejabat Imigrasi bahwa nama si A diganti menjadi ABC karena alasan bla bla bla ? Kalau ada, mungkin akan menolong. Kalau tidak ada, ya ini yg bisa jadi masalah !
Atau mungkin coba bicara ke pihak Imigrasi untuk membuatkan statement begitu di bagian belakang paspor (sama seperti stempel bahwa pemilik paspor ini sebelumnya adalah pemilik paspor nomor atas nama bla bla bla)....

quote:

Karena bila tidak ada concern lain, maka menghapus nama "ketiga" setelah selesai umroh/haji (merasa cukup dg yg sudah dijalankan) adalah solusi yg layak dipertimbangkan bagi worldwide frequent traveller.

Tergantung juga, ditulis pakai apa ? Kalau ditulis dengan marker permanen yang non-erasable, ya nggak mungkin. Kalaupun dipaksa hapus, bukannya jadi mbleber kemana2 tintanya, malah jadi kotor semua halaman depan itu ?


   http://t.indoflyer.net/586999


kecemplunglagi -> RE: Nama 3 suku kata buat Umroh (25/1/2012 15:27:24)

quote:

Tergantung juga, ditulis pakai apa ? Kalau ditulis dengan marker permanen yang non-erasable, ya nggak mungkin. Kalaupun dipaksa hapus, bukannya jadi mbleber kemana2 tintanya, malah jadi kotor semua halaman depan itu ?


Saya blom pernah tuh liat halaman endorsement ditulis dengan tinta yang non-permanen. Malah cukup dianjurkan tinta yg waterproof. Btw, endorsement itu bukannya berbunyi "the bearer is also known as Mr. Abu Dhabi Dubai" gitu? Alias nggak menghapus nama asli yang di halaman depan. Lupa euy, udah lama nggak ngurusin paspor orang *ini curcol, hehehe*


   http://t.indoflyer.net/586999


Page: <<   < prev  1 [2] 3 4   next >   >>



Forum Software © ASPPlayground.NET Advanced Edition 2.4.2
0.0625