http://t.indoflyer.net/556788
RE: Lion air tiap bulan ada masalah dengan penumpang (Full Version)

All Forums >> [AVIATION SECTION] >> Dunia Penerbangan



Message


hangnadim -> RE: Lion air tiap bulan ada masalah dengan penumpang (11/7/2011 13:31:31)

quote:

Kata orang pasasi JT, paling dalam sebuah pesawat pada satu penerbangan, ga sampe 10 pax yang beli saat itu juga diloket bandara.

Dugaan saya, mereka ini yg travel karena alasan seperti "duka cita" (tahu kan maksud saya...)[:(]
Meskipun populasi dan frekwensi-nya kecil, bahkan tidak signifikan secara bisnis, namun perlu juga ada solusi agar ...
quote:

kl kita mepet beli tiket pasti dibilang habis.... ntar tahu2 ada orang yg deketin.....

Apakah ada airline lain yg bisa jadi benchmark utk "kasus kecil" ini?

quote:

sebaiknya angkasa pura menerapkan airport tax dijadikan satu dengan harga ticket waktu booking

Ini mah cerita lama, dulu ada postingan om DA7 yg jelasin kenapa jadi spt sekarang, intinya uang tax ini malah jadi mainan pihak airline [;)]


   http://t.indoflyer.net/556788


diecastdrool -> RE: Lion air tiap bulan ada masalah dengan penumpang (12/7/2011 12:13:03)

Penasaran dengan betapa jeleknya servis JT ini, akhirnya kesampaian juga saya mencobanya. Karena ada urusan penting, saya akhirnya naik JT: SIN-CGK-SIN. SIN-CGK naik pesawat paling malamnya yg seharusnya berangkat jam 21.20.

What I'm about to tell here is very disturbing...hahahaha....

Facts:
- ETD: 21.20, ATD: 23.35 [:@]
- Saya dapat window seat

Bete, capek, dan haus...akhirnya setelah pesawat take off, saya mau membeli satu2nya item yang dijual di JT, which is: AQUA botolan.

Me: "mbak, saya mau beli aqua-nya 1 botol"
Mbak: "sorry mas, aquanya habis"
Me: "tapi saya haus banget...jadi gimana dong? Masa ga ada air sama sekali sih? Saya bayar deh..I dont mind"
Mbak: "ada sih di belakang....ya udah, kamu ke belakang ambil aja sendiri"
Me: "[:o]....(what the hack is she talking about???). Tapi saya ga bisa keluar mbak...penumpang2 ini semua udah tidur...saya ga bisa melangkahi mereka dan lagian sempit banget tempat duduknya."
Mbak: "aduh...gimana yah?..hmm....kamu ambil aja deh ke belakang sendiri". Dia langsung jalan ke depan tanpa menghiraukan saya lebih lanjut!!!

Saya benar2 terdiam seribu bahasa melihat perlakuan pramugari 1 ini yg begitu luar binasanya....ckckck. Saya juga bingung dengan tugas sebenarnya pramugari di pesawat JT ini...selain safety demo (yg juga diperagakan asal2an begitu) dan membagikan kartu imigrasi, apalagi yah kerjaannya? Tidak ada penjualan duty free items, tidak ada meal service, tidak ada beverage/snack service, bahkan kalau mau bayar juga tidak ada yg dijual sama sekali kecuali aqua botolan yang tragisnya juga habis!!!!


   http://t.indoflyer.net/556788


superawr -> RE: Lion air tiap bulan ada masalah dengan penumpang (12/7/2011 12:50:28)

Ada berita lagi di sini

quote:

Tindakan tersebut, dijelaskan Daming, dilakukan dalam bentuk penandatangan blangko yang telah disiapkan pihak maskapai. "Para korban diidentikan dengan orang sakit dan minta menandatangani blangko yang sudah disiapkan. Maskapai terkesan lepas tanggungjawab jika sesuatu hal terjadi pada difabel," kata Daming.


Kalo mungkin ada yg tau, blangko itu detailnya seperti apa ya? [8|]

Dan, yg baru aja kemarin, ada berita ini

quote:

"Ketika rekaman petunjuk keselamatan sudah diputar, masih banyak penumpang yang berdiri. Akhirnya, sejumlah penumpang diminta pindah pesawat ke jam penerbangan yang berdekatan," kata Osa, Senin petang. Belum diketahui jam keberangkatan pesawat berikutnya bagi menampung penumpang yang tak mendapat kursi tersebut.


Double seatnya banyak dan masih berdiri di dalem sampe safety demo [&:], manifestnya gimana yah?


   http://t.indoflyer.net/556788


m_ilhami -> RE: Lion air tiap bulan ada masalah dengan penumpang (12/7/2011 14:56:39)

Kalau misalnya delay 4 jam,
Terus kebetulan kita juga terlambat ke airport (macet, dsb)

itu masih dikasih kesempatan check in nggak?


   http://t.indoflyer.net/556788


xrays1 -> RE: Lion air tiap bulan ada masalah dengan penumpang (12/7/2011 15:56:09)

quote:

Double seatnya banyak dan masih berdiri di dalem sampe safety demo , manifestnya gimana yah?


Ini masalah yang setiap hari kejadian, tetapi tidak pernah dibenahi oleh Lion Air.

Saya curiga software di counter check in yang ada bug. Jadi dalam kondisi assign nomor kursi yang sama dalam satu penerbangan dan ada jeda beberapa detik, kelihatannya software tersebut akan mencatat assignment tersebut valid semuanya. Seharusnya kalau software yang benar harus ada FIFO (First In First Out) untuk mencegah hal seperti ini.
Anyway ini hanya dugaan saya saja, karena sempat ngobrol dengan tim IT dari maskapai lain soal software di counter check in terutama ketika assign nomor kursi, menurut orangnya, selisih 1 detik lebih lambat pun akan ditolak oleh sistem karena mengacu ke FIFO tadi.

Ada rekan-rekan yang punya analisa lain?


   http://t.indoflyer.net/556788


TukangBengkel -> RE: Lion air tiap bulan ada masalah dengan penumpang (12/7/2011 20:00:53)

quote:

Saya curiga software di counter check in yang ada bug.

bug di software atau brainware-nya??? ada tombol "by-pass"-nya gak????
ya, setiap transaksi kan selalu ada waktunya sampe ke detiknya om, dan pastinya ada sequence-nya sehingga dua transaksi tidak akan mendapatkan nomor yang sama.... karena ada perbedaan tersebut..... ya algoritma serupa pastinya harus dipakai untuk sistem check in.

quote:

Kalau misalnya delay 4 jam,
Terus kebetulan kita juga terlambat ke airport (macet, dsb)

Om, yg disuruh kan itu.... 45 menit sebelum jadwal, bukan 45 menit sebelum keberangkatan pesawat....
tapi kl erlens yang "customer oriented" pasti akan mempertimbangkan beberapa hal..... tapi bukan berarti harus ya...


   http://t.indoflyer.net/556788


El Erief -> RE: Lion air tiap bulan ada masalah dengan penumpang (13/7/2011 11:08:56)

ada beberapa program improvement dari JT.. wlaupun ada yang menurut saya aneh...

quote:

Maskapai Lion Air menambah pesawat cadangan di beberapa bandara


MD-82 terbang lagi? [sm=jump.gif]

quote:

Adapun penambahan waktu pesawat di darat (ground time) bertujuan agar waktu penanganan penumpang (check in), penanganan bagasi, dan penanganan pesawat (ground handling) dapat ditingkatkan.


ini maksudnya mempermolor delay? buang duit? Mana efisiensi dari Maskapai ini sih.. [>:]

source: Tempo Interaktif


   http://t.indoflyer.net/556788


loveintheair -> RE: Lion air tiap bulan ada masalah dengan penumpang (13/7/2011 11:34:44)

@diecastdrool: Sad to hear your story [:(]. Walaupun saya ini pencinta JT, tapi memang saya akui, kualitas SDM FAny masih sangat kurang. Jujur aj, sifat ABG dan kekanak2anny masih terlihat pada saat bertugas. Sehingga kurang bisa memberikan solusi kepada pax. Yang paling sering saya jumpai pada saat boarding, mereka cuek kepada pax, tidak ada boarding greeting, tapi malah bercanda cekikikan dengan temannya sesama FA (salah satu contoh sifat ABG dan kekanak2anny). Yang saya dengar, memang untuk rekrutment FAnya kurang selektif, dan training yang juga masih belum maksimal. Apalagi mereka menerapkan mass recruitment, karena membutuhkan sangat banyak FA untuk waktu yang singkat, seiring dengan terus berdatanganny 739ERny.

Kalau soal delay, pernah ngobrol dengan petugas gate JT. Keluhan mereka, turn around time yang sangat singkat, hanya 40 menit, dengan personel yang sangat kurang. Sehingga pada saat unloading/loading bagasi/cargo pada sebuah 739ER, membutuhkan waktu lebih dari 40 menit. Sedangkan JT menerapkan batas bagasi/pax hingga 25 kg, dan pax JT terkenal dengan barang bawaannya yang banyak, sehingga memang membutuhkan waktu yang lama untuk bongkar muat. Flight pertama bisa saja on-time, tapi jika pada sebuat pesawat ada beberapa flight pada hari itu, akan menimbulkan efek berantai, yang pada ekornya akan menyebabkan delay yang parah.

Kalau saya lihat, pertumbuhan dan perkembangan JT yang sangat pesat, baik dari pertumbuhan pax ny yang sangat meroket, dan penambahan armada yang begitu cepat dalam jumlah besar, tidak diikuti dengan pertumbuhan dan perkembangan SDM, baik dari segi kuantitas dan kualitas. Manajemen terlihat kelabakan dalam melakukan recruitment, yang penting asal isi, sehingga kualitas yang didapat kurang bagus.

Tapi.... Angin segarnya, walaupun banyak yang perlu diperbaiki dari sisi pelayanan (FA, double seat, delay, dll) seperti yang saya bilang diatas, perbaikan yang lebih signifikan sudah banyak dilakukan dan masih terus dilakukan, seperti kata Om Gerry,
quote:

Maintenance & Ops nya JT dah banyak dibenerin & masih terus menerus pembenahannya...

[sm=goodjob.gif]
At least... soal safety banyak yang improve, dan ini yang paling penting. Ibarat sebuah bangunan rumah, maintenance, ops, dan safety, ibarat pondasi, dan kuda2 penyangga utama. Jika jelek, pasti roboh. Dan pelayanan (FA, delay, double seat, pasasi, dll) itu ibarat cat ny, dan perabotannya. Sehingga jika pondasi dan kuda2nya sedang dan terus diperbaiki, saya yakin pelayanannya (ini yang paling terlihat dan dirasakan oleh pax, jadi paling banyak disorot) juga pasti diperbaiki.


   http://t.indoflyer.net/556788


Jim -> RE: Lion air tiap bulan ada masalah dengan penumpang (14/7/2011 0:52:32)

quote:

Me: "mbak, saya mau beli aqua-nya 1 botol"
Mbak: "sorry mas, aquanya habis"
Me: "tapi saya haus banget...jadi gimana dong? Masa ga ada air sama sekali sih? Saya bayar deh..I dont mind"
Mbak: "ada sih di belakang....ya udah, kamu ke belakang ambil aja sendiri"
Me: " ....(what the hack is she talking about???). Tapi saya ga bisa keluar mbak...penumpang2 ini semua udah tidur...saya ga bisa melangkahi mereka dan lagian sempit banget tempat duduknya."
Mbak: "aduh...gimana yah?..hmm....kamu ambil aja deh ke belakang sendiri". Dia langsung jalan ke depan tanpa menghiraukan saya lebih lanjut!!!

Saya benar2 terdiam seribu bahasa melihat perlakuan pramugari 1 ini yg begitu luar binasanya....ckckck. Saya juga bingung dengan tugas sebenarnya pramugari di pesawat JT ini...selain safety demo (yg juga diperagakan asal2an begitu) dan membagikan kartu imigrasi, apalagi yah kerjaannya? Tidak ada penjualan duty free items, tidak ada meal service, tidak ada beverage/snack service, bahkan kalau mau bayar juga tidak ada yg dijual sama sekali kecuali aqua botolan yang tragisnya juga habis!!!!


Mirip sama storynya ogut nih.(Maap, mungkin banyak yg nganggep basi cerita ogut yg ini).

Ogut : Mbak,kok kursi saya ga lengkap seatbeltnya alias ga bisa dipake krn cuma sebelah doang? (Disaksikan oleh 2 penumpang lain sebelah kiri saya dengan baris yg sama.
Mbak : Oh gitu ya pak.Tunggu ya pak sambil celingak celinguk blagak bego.
..............?????????????????????????? <10 menit pintu pesawat ditutup, trus bergerak mundur.
Ogut : Gimana nih mbak?
Mbak : Ntar dulu pak, abis safety demo.
..............??????????????????????????Safety demo on progress.Cara pasang dan melepaskan sabuk pengaman.. tegakkan kursi, cara pasang pelampung, dll.
Ogut : Gimana Mbak!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Mbak :.... Wush, wush, wush.....bablas angine doang (lumayan wangi juga sih tapi jadi berasa bau jadinya), langsung duduk dgn santai alias EGP.
..............?????????????????????????? Jeglek bunyi roda masuk and Bye,bye UPG.(ogut sendirian yg tegang)
Lewat beberapa menit Lampu tanda sabuk pengaman mati.ti.
Ogut : Mbaaaakkkkkkk!!!!!!!!!!!!!!
Mbak : Ya pak..
Ogut : Gimanaaaaaaa!!!!. Kenapa begitu!!!!!Kok saya dibiarin terbang dalam kondisi begini!!!!!!!!
Penumpang sekitar bagian depan pada nengok ke belakang.
Mbak : Bapak sih.. Kenapa baru bilang...????????
Ogut dan 2 org penumpang sebelah : Ha!!!! Owww!!!! Wowww!!!!
Ogut : Anda bisa berbahasa Indonesia???????
Mbak : Iya pak, tunggu bentar.
.............???????????? akhirnya..
Mbak : Tolong bapak pindah tempat duduk ke bagian depan krn masih ada kursi yg kosong.
Ogut : Kenapa ga dari tadi!!!!!!!!!!
Mbaknya langsung ngeloyor pergi meninggalkan bau yg nyebelin meskipun dia lumayan wangi sekalipun.


   http://t.indoflyer.net/556788


KELIHGO -> RE: Lion air tiap bulan ada masalah dengan penumpang (14/7/2011 1:02:18)

Tapi aneh yah,banyak yang Komplain banyak yang naik JT[;)]


   http://t.indoflyer.net/556788


mahdi_737 -> RE: Lion air tiap bulan ada masalah dengan penumpang (14/7/2011 9:26:42)

quote:

Tapi aneh yah,banyak yang Komplain banyak yang naik JT


tp JT tetep aja sering double seat, alias Load Factor nya 101% [:D]


   http://t.indoflyer.net/556788


chiptho -> RE: Lion air tiap bulan ada masalah dengan penumpang (14/7/2011 9:34:57)

ini ada update terbaru mengenai delay nya Lion.

http://id.berita.yahoo.com/akhirnya-lion-air-dihukum-karena-keseringan-delay-121625912.html


   http://t.indoflyer.net/556788


superawr -> RE: Lion air tiap bulan ada masalah dengan penumpang (14/7/2011 10:00:20)

Dari link mas chiptho,

quote:

Dalam rilis resmi Kementerian Perhubungan, Rabu (13/7/2011) yang ditandatangani oleh Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub, Bambang Supriyadi Ervan menyebutkan, Lion Air diminta mengistirahatkan 10-13 armada pesawatnya yang dimulai 3 minggu ke depan.


Apa dengan 'di istirahatkannya' 10-13 armada ini malah bakal nambah delay? karena rutenya tidak di kurangi, tapi malah armadanya? [8|]


   http://t.indoflyer.net/556788


afterburner -> RE: Lion air tiap bulan ada masalah dengan penumpang (14/7/2011 10:04:48)

Sepertinya maksudnya 10-13 pesawat ini dibuat stand by (cadangan) untuk menggantikan pesawat yang bermasalah.


   http://t.indoflyer.net/556788


m_ilhami -> RE: Lion air tiap bulan ada masalah dengan penumpang (14/7/2011 11:44:13)

Kalau jadwal nya saja di longgarin pengaruh nggak ? Misal jadwal jam 2 siang, jadikan saja jam 7 malam, karena kenyataannya jam segitu baru bisa berangkat.


   http://t.indoflyer.net/556788


palelopeyang -> RE: Lion air tiap bulan ada masalah dengan penumpang (14/7/2011 12:07:40)

Sebenernya kasus lion air ini mesti dilihat secara keseluruhan. Maksudnya, dari banyaknya jadwalnya dia, berapa banyak yang trouble, mulai dari pindah terminal, delay, sampe gagal berangkat.

karena jumlah rute nya paling banyak, jadi tingkat abnormalities nya pun juga terbanyak. Padahal, mungkin kalau bicara prosentase abnormalities (berapa jumlah abnormality terjadi per jumlah total keberangkatan), mungkin bisa jadi Lion lebih baik dari maskapai2 lainnya yang jumlah keberangkatan/rutenya tidak sesibuk LionAir.


Bukannya saya ngebelain. Tetep aja Lion ada masalah. Kalau menurut saya yang orang awam dunia airlines ini, menurut saya sih akar masalah keterlambatan Lion itu karena masalah ekspansi fleet dan rute yang terjadi cukup cepat (rapid). Masalahnya diperparah dengan kemampuan supply pekerja yang punya kompetensi di industri airlines yang terbatas. Mulai dari ground crew, flight attendant sampai PIC dan FO. Akibatnya ya terjadi shortage crew, flight attendant yang kurang kompeten (ya cuma dididik beberapa bulan mau kompeten, ya ga mungkin toh... [8|]


Semoga aja manajemen Lion cepet2 memperbaiki kondisinya. Memang saat ini persepsi masyarakat bahwa "LionAir = murah" masih kuat, sehingga buat konsumen indonesia yang 'price-sensitive' Lion masih jadi pilihan utama. Tapi tentunya masyarakat akan mulai mempertanyakan apakah harga tiket murah yang ditawarkan Lion sebanding dengan ketidakpastian yang (sangat) mungkin terjadi (delay, double check-in, bagasi hilang, dst). Kalau tak cepat2 berbenah, bukan tak mungkin Lion bisa kehilangan pangsa pasarnya.


just my two cents....


   http://t.indoflyer.net/556788


den2212 -> RE: Lion air tiap bulan ada masalah dengan penumpang (16/7/2011 16:12:49)

Barusan buka detik.com om..

http://finance.detik.com/read/2011/07/16/120408/1682573/4/sering-delay-lion-air-dihukum-istirahatkan-13-pesawat

Yang ingin saya tanyakan disini, bagaimana ngaturnya ya? Padahal kan pesawat2 itu (yang akan diistirahatkan) udah punya jadwal terbang2 sendiri2 nantinya....dan penumpang yang dah terjadwal di pesawat itu gmana ya? Lumayan lho 13 pesawat...

Klo liat di web Lion Air, connecting Flight Lion di CGK sekarang minimal beda waktunya 2 jam...biar gak semrawut kayaknya...

Semoga dengan ini menjadikan Lion lebih baik...


   http://t.indoflyer.net/556788


hangnadim -> RE: Lion air tiap bulan ada masalah dengan penumpang (16/7/2011 16:52:47)

quote:

Klo liat di web Lion Air, connecting Flight Lion di CGK sekarang minimal beda waktunya 2 jam...biar gak semrawut kayaknya...

Lha ini, sudah nemu sendiri jawabannya [:)]
Pengurangan frekwensi dalam satu rute adalah salah satu contohnya, karena ke-13 pesawat tadi akan langsung maju bila terjadi delay.
CMIIW


   http://t.indoflyer.net/556788


loveintheair -> RE: Lion air tiap bulan ada masalah dengan penumpang (16/7/2011 17:23:07)

Langkah yang dilakukan JT tepat, dengan mengurangi frekuensi. Lebih baik frekuensi sedikit, tetapi penerbangannya berkualitas (tidak delay/cancel, FA profesional, bagasi tidak hilang/ketinggalan, dll). Semoga kedepannya akan semakin bagus.

Peak season liburan sekolah telah usai, sekarang saatny untuk konsolidasi agar pada saat menghadapi peak season lebaran yang sebentar lagi, tidak kelabakan.


   http://t.indoflyer.net/556788


afterburner -> RE: Lion air tiap bulan ada masalah dengan penumpang (16/7/2011 18:20:11)

quote:

Langkah yang dilakukan JT tepat, dengan mengurangi frekuensi.

Ini bukannya karena diperintahkan oleh DepHub? [:)]


   http://t.indoflyer.net/556788


Page: <<   < prev  2 3 [4] 5 6   next >   >>



Forum Software © ASPPlayground.NET Advanced Edition 2.4.2
4.882813E-02