http://t.indoflyer.net/508017
share about OSPEK (Full Version)

All Forums >> [NON-AVIATION SECTION] >> Airport Lounge



Message


Ni_ta -> share about OSPEK (19/12/2010 10:44:30)

halo member IF.
pasti di antara MEM-ber di sini ada yang sedang kuliah *termasuk saya*. [:)]

share di sini dong bagaimana ospek, apa aja deh tentang ospek, di masing-masing kampusnya MEM-ber IF ! kebetulan, adek saya tahun depan sudah mau masuk kampus.

*mohon di-lock kalo tidak berkenan*
thanks anyway.


   http://t.indoflyer.net/508017


AWAL MUHARRIZ -> RE: share about OSPEK (19/12/2010 11:44:50)

Bantu jawab dari pengalaman kuliah dulu dan pola yang berbeda hingga saat ini di kampus saya di DIY..

Dahulu kita memang mengenal OSPEK/MOS baik itu di sekolah ataupun perguruan tinggi, tapi istilah ini diganti dengan "Masa Orientasi Pengenalan Kampus".
Polanya bukan bentak-bentak lagi saat ini bagi kampus saya disana, dengan cara memperkenalkan kampus tersebut kepada mahasiswa baru jika kuliah nanti ambil di kampus ini dan di fakultas ini anda akan mendapatkan bla-bla..... biasanya yang ngenalin sang dekan kemasiswaan. Kemudian di simulasikan jika lulus nanti dunia kerjanya...
Sehingga pandangannya diharapkan "Mahasiswa Baru" menjadi lebih jelas nanti arahnya dalam mengambil kuliah...

Saran saya lihat kampus yang di tuju, ditanyakan tahun lalu OSPEK-nya seperti apa?, Ini ditanyakan pada mahasiswa awal yang kuliah disana alias semester 1 & 2, kalau agak kasar mendingan pindah degh daripada ke jeblos dan bonyok...

Sekian dari saya, untuk calon mahasiswa 2011
tapi topik ini kayanya ada di thread2x sebelumnya, cari aza "pengenalan sekolah atau pengenalan kampus"

Semoga lancar yah adiknya [:)]


   http://t.indoflyer.net/508017


prawiro -> RE: share about OSPEK (19/12/2010 11:46:39)

ospek ya...pengalaman ospek saya beberapa tahun lalu.
waktu itu dibagi menjadi 2 kegiatan : pertama acara di gedung kampus selama 3 hari dan yang kedua kegiatan semacam bakti sosial di sebuah desa selama 4 hari 3 malam. Tapi kalo digabung dengan seluruh rangkaian acara sejak pertama kali disuruh kumpul ama panitia , total acara sekitar 12 hari.

Waktu tempuh perjalanan dari rumah sampe ke kampus sekitar 35-45 menit dalam kondisi traffic jalanan sepi karena berangkat jam 5 pagi dengan kecepatan motor sekitar 60-80km/jam. waktu kumpul di tengah lapangan jam 6 pagi waktu panitia (wah, jadi ga tentu jam 6 nya ama mahasiswa baru[>:])
yang bikin rumit, berhubung pulangnya jam 6 sore dari kampus, langsung cari2 barang yg jadi PR untuk dibawa keesokan harinya. (udah banyak, susah lagi dapetnya)..

pengalaman lain, waktu di desa, ga boleh bawa handphone, dompet, foto orang lain. tidurnya di tanah beralaskan tikar...[>:]
tapi ga apalah..jadi pengalaman berharga..[:D]
sisanya ya melakukan kegiatan sosial, bersih2 sebuah sekolah dan memberikan sumbangan buku-buku.[:-]


   http://t.indoflyer.net/508017


chika -> RE: share about OSPEK (19/12/2010 12:57:30)

Wow.. ospekkkk :) 5 tahun yg lalu saya ospeknya :) pas ospeknya disuruh nyanyi lagu2 bahasa Jerman pake gaya2 yg lucu-lucu aja, trus jalan2 keliling kampus (pengenalan kampus) trus kenalan ama temen baru :D seruuuu.. enjoy!


   http://t.indoflyer.net/508017


jemini -> RE: share about OSPEK (19/12/2010 14:22:29)

ospek ya.....[8|]
kalo ospek di kampus saya, UNHAS bisa dibilang berat[&o]
di UNHAS ada beberapa proses (lamanya setahun) yg dilalui untuk menjadi MAHASISWA
ada ospek fakultas, ospek jurusan, bina akrab, LK1 baru terakhir inaugurasi
pokoknya selama setahun itu bisa dibilang maba selalu ditindas sama senior[sm=getok3.gif]
apalagi tenik ngeri euy[sm=jabrik.gif]


   http://t.indoflyer.net/508017


skyclouds -> RE: share about OSPEK (19/12/2010 15:51:06)

pengalaman ospek saya di universitas udayana bali..
ospek nya dibagi jadi 2 acara, ospek universitas sama ospek jurusan

ospek universitas ; acaranya 3 hari, kegiatan nya cuma duduk doang dari pagi sampe sore di gedung aula universitas di daerah jimbaran yang cukup jauh dari denpasar [:o] duduk, dengerin materi2 penyampaian tentang kegiatan kuliah, di kampus, sistem perkuliahan dll. di acara itu wajib pake nametag disitu ditulis kesalahan yang dilakuin selama acara, yg sanksi nya pengurangan nilai untuk sertifikat ke-ikutsertaan ospek universitas, disini sih cuma ngumpulin tugas berupa kliping dan tanaman untuk penghijauan. beruntung angkatan tahun saya udah ga disuruh lagi ospek dengan atribut aneh2 yang bikin maba 'nyaris' kaya gembel...

ospek fakultas ; berhubung saya masuk ke Fakultas Teknik.. ospeknya rada parah nih..
acaranya sama, 3 hari juga.. tapi disini wajib botak pelontos tos tos.. hari pertama masih aman [8D] , cuma duduk di aula fakultas, denger ceramah ama pengantar dari dekan,dosen2 fakultas n jurusan dll.

nah, hari ke-2 dan ke-3.. hari para senior melakukan pembalasan dan beraksi [:o] [sm=jabrik.gif] [sm=help.gif]
sialnya... hari itu saya dateng telat, damn! nyampe dpan gedung fakultas dicegat.. sy kena semprot. motor disuruh matiin mesin nya..
sy dorong tuh motor sambil lari2 ke parkiran, liat kanan kiri senior smua, maba nya udah pada dikumpulin dilapangan.. dan saya orang terahir yang terlambat datang, wewww.. baru dateng udah bkin salah.. dateng ke lapangan, ane udah dipelototin aja sama senior.. diajak adu argumen gra2 telat dengan nada bentak-bentak keras.. [X(] tapi cuek aja lah.. ga takut sayah [:'(]
next, masuk aula.. baris berbaris, dipelotoin lagi, di bentak lagi, di marahin lagi.. nguji mental neehh, dateng pagi pulang sore rasanya 1 jam kaya 3 jam waktu ospek, nyanyi2 lagu aneh, joget2 aneh.. [sm=getok3.gif] bgitulah ospek nya

nb: sy ospek angkatan tahun ini, dan bertepatan dengan bulan puasa.. bused dah, ini pulau bali lagi, saya minoritas disini ngelihat orang minum air segar dan makan waktu istirahat harus tahan, dan uji iman deh [:o]

blum beres sampe situ ospek nya. januari ntar ada perkemahan teknik, disitu konon ospek nya lebih parah dan kejam.. camping 3 hari di hutan [sm=rambo.gif]

however, ospek itu seru kok.. jalanin aja, kalo gak ospek yang namanya kuliah gak seru, ga ada "cerita" nya [:D]


   http://t.indoflyer.net/508017


Eza_Bokick -> RE: share about OSPEK (19/12/2010 18:48:53)

saya mahasiswa dari Fakultas Ekonomi Akuntansi Unsyiah (Universitas Syiah Kuala), Banda Aceh.
saya mahasiswa baru.
jadi saya baru bulan 9 kemarin mengikuti acara perkenalan kampus.
acara terbagi banyak bagian..

petama bulan 6 :
pengarahan pengisian KRS.kami hanya di bentak2 tapi tidak ada yg namanya kekerasan.

lalu acara SAFE itu acara perkenalan seluruh mahasiswa ekonomi :
disini sangat keras walaupun tidak ada kekerasan.tujuannya memperkenalkan kampus lalu dihadiri dekan dan guru besar.
acara 3 hari.kami semua harus botak kayak tentara.

lalu acara jurusan outbond dan games di daerah pegunungan satu hari.


   http://t.indoflyer.net/508017


prawiro -> RE: share about OSPEK (19/12/2010 19:42:25)

sebagai catatan...rata-rata sepengetahuan saya kalo ospek dipastikan bahwa yang cowok pasti bakal wajib untuk diplontos rambutnya...menyambung pengalaman ospek dulu..saya harus mencukur rambut hingga 0,5cm sampe 1cm. [8D]


   http://t.indoflyer.net/508017


gils -> RE: share about OSPEK (19/12/2010 20:27:01)

Mengingat taun 2005, 5 taun yg lalu, ketika saya menjadi mahasiswa baru yg masih lugu [:-]. OSPEK di universitas saya berlangsung selama 3 hari, yaitu hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Mungkin ada yg menganggap, "ah, cuma 3 hari. Singkat". Tapi kenyataannya tidak demikian. 1 hari aja sudah terasa selama 1 bulan di neraka!
FYI, Sehari sebelum hari pertama OSPEK berlangsung, kami dibagi menjadi beberapa kelompok. Ini detail aktivitas kami selama di "neraka":

  • Kami harus hadir dan berbaris di halaman fakultas jam 5 pagi. Acara bentak-membentak oleh para kakak senior dari sie. Disma pun dimulai. Yang tidak taat peraturan (misalnya terlambat, diantar mobil/motor yg mana mobil/motor nya itu masuk gerbang kampus, bawa sepeda/kendaraan lain dan sebagainya) akan mendapat sanksi. Bukan cuma yg melanggar yg diberi sanksi, tapi satu kelompok. Sekitar pukul 6, maba fakultas-fakultas lain melintas dgn berbaris dan meneriakkan yel-yel fakultas di depan tempat kami berbaris. Kami juga harus meneriakkan yel-yel juga. Adu yel-yel, gitu [:-]. Adu yel-yel ini tiap hari. Setelah itu kami disuruh masuk ruangan.
  • Masuk ruangan terus tidur-tiduran? bukan. Kami disuruh duduk lalu mendengarkan interview/acara lain. Yang tidur/ramai/segala pelanggaran lainnya akan mendapat hukuman, tapi nanti sore, disebuah acara bernama "Evaluasi Sore".
  • Pukul 5 sore, acara berakhir. Sudah selesai? Belum, karena acara "Evaluasi Sore" masih menanti. Yang melanggar peraturan dan segala perbuatan yg dianggap melecehkan kakak senior yg jadi panitia OSPEK selama acara tadi, akan mendapat sanksi. Sama seperti sanksi di pagi hari: satu orang yg melanggar, satu kelompok yg ikut kena sanksi.
  • Setelah itu kami berkumpul menurut kelompok utk diberi tugas buat besok. Tugasnya itu berbeda-beda dari hari ke hari, diantaranya: bikin resume, bawa telor mata sapi, bawa air mineral gelas 500l, dan lain-lain. Dibawa esok hari. Itu masih tugas individu, Ada juga tugas kelompok. Ngerjakan nya kadang ampe jam 12 malam atau jam 1 pagi.
  • Demikian seterusnya kejadian diatas berulang-ulang hingga hari terakhir.


Tapi di hari terakhir, akhir acaranya manis [:)]. Antara panitia OSPEK dgn maba saling ber maaf-maaf an.

Tapi syukurlah sejak taun 2007 tidak ada bentak-bentakan seperti itu lagi di universitas karena panitia nya bukan mahasiswa, tapi para dosen/staf.

Kalo maba fakultas teknik, OSPEK nya itu selama 1 tahun.

quote:

sebagai catatan...rata-rata sepengetahuan saya kalo ospek dipastikan bahwa yang cowok pasti bakal wajib untuk diplontos rambutnya...menyambung pengalaman ospek dulu..saya harus mencukur rambut hingga 0,5cm sampe 1cm.

Saya dulu nggak, mas. Pokoknya rambut pendek rapi (utk cowo) atau dikepang (utk cewe). Utk cowo, warna rambut hitam kecuali kalo memang bule asli [:D].
Kalo diplontos, itu maba fakultas teknik. Kalo di universitas saya (UB) begitu. Tapi sepertinya fakultas lain mulai ikut-ikutan [:D].


   http://t.indoflyer.net/508017


bagus_70 -> RE: share about OSPEK (19/12/2010 21:21:19)

Hmmm... [8|] Saya melihat Ospek sebagai bukti inefisiensi dunia pendidikan Indonesia. Masih ada aja unsur kekerasan yang diterapkan disana (contohnya seperti yang Unhas itu).

quote:

kalo ospek di kampus saya, UNHAS bisa dibilang berat
di UNHAS ada beberapa proses (lamanya setahun) yg dilalui untuk menjadi MAHASISWA
ada ospek fakultas, ospek jurusan, bina akrab, LK1 baru terakhir inaugurasi
pokoknya selama setahun itu bisa dibilang maba selalu ditindas sama senior


Apa hal seperti ini yang membuat mahasiswa di Makassar beringas sekali?

Dulu di ITS Surabaya juga mirip seperti itu, anak-anak baru diplontosi semua, terus selama setahun harus ikut kegiatan Orientasi di luar kota SAMPAI kemudian di thaun 2004 (waktu itu angkatan kawan saya) ada acara Orientasi keluar kota, langsung diserbu orang tua mahasiswa yang protes ke panitia Ospek tersebut, dan kemudian acara itu dibubarkan. Semenjak itu acara Orientasi di ITS tidak pernah lama dan radikal seperti dulu lagi.


   http://t.indoflyer.net/508017


Ni_ta -> RE: share about OSPEK (19/12/2010 21:35:55)

om harriz :
anu om. tadinya udah ketemu threadnya tentang ospek kan, tapi di-locked. jadi mau gak mau bikin thread baru lagi aja. [8D]
ooh gitu, gak ada bentak-bentak lagi. habis adek saya lucu sih bilangnya; ospek menentukan masa depan ![sm=ngakak.gif]

om prawiro :
kayaknya rumitan yang kedua ya kayaknya. waktu itu disuruh bawa apa aja sampai musti tidur pas waktu bakti sosial ? *ohya, itu fakultas apaan ? [8|]
rata-rata sekarang yang laki-laki kayaknya musti cepak 1/2 - 1 cm katanya.

tante/mbak chika :
berapa lama ? ini ospek fakultas apa ? kayaknya enak ya, cuma;
quote:


jalan2 keliling kampus (pengenalan kampus) trus kenalan ama temen baru


om jemini :
oh UNHAS. iya UNHAS keras-keras(galak) ospeknya soalnya.

om eza :
fakultas ekonomi berapa lama sih ospeknya ? sama aja sih gak enaknya, antara gak pake pukul, ama pake apalagi, rasanya sama aja. [X(]

om gils :
sama aja dong seperti di SMA ? 3 hari. itu udah termasuk ospek kuliahnya juga kan ? [8|]

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

eh, iya. share dong yang lain, siapatahu ada tambahan referensi. [:D]
sebentar saya coba bilang sama adek saya.


   http://t.indoflyer.net/508017


greatstyo -> RE: share about OSPEK (19/12/2010 22:02:59)

karena pernah pindah kuliah jadi kebetulan ane ngerasain ospek dua kali[8D]

di kampus saya yang dulu (di jogja) ospek dilakukan selama lima hari, dua hari ospek universitas dan tiga hari ospek fakultas. ospek dimulai jam 5 subuh, bayangin aja tuh sebelum jam 5 udah bangun dan mandi apalagi kampusnya deket kaliurang yang duiinginnya minta ampun kalo pagi gitu.[X(]
sewaktu ospek juga tugasnya numpuk, bawaannya macem-macem mulai dari pisang gancet, air mineral 1 liter, roti 5 rasa, dan lain-lain pokoknya aneh-aneh lah.. pas baru dateng nyampe gerbang kampus jam 5 pagi udah dibentak-bentak dan langsung masuk barisan. disini dicek segala macem tugas dan perlengkapan, kalo ada yang kurang ataupun melanggar langsung keluar dari barisan membentuk barisan tersendiri. dari gerbang kampus sampe lapangan untuk berkumpul kurang lebih 400 meter, sepanjang jalan itu juga dibentak-bentak rasanya jarak yang segitu deket jadi jauh banget..[:D]
kalo udah nyampe lapangan ya udah aman sih untuk sementara, karena seharian acaranya cuma gitu-gitu aja. mulai dari dengerin pidato, perkenalan, kunjungan ke ruangan-ruangan di kampus dan lain-lain. nah sore hari sebelum pulang para mahasiswa baru kembali dikumpulkan untuk apel sore. lagi-lagi saat sore ini dicek tugas dan peralatan yang tadi pagi belum dicek, kalo ada yang masih melanggar bakal dihukum lagi. paling juga push up, nyanyi, dan lain-lain yang sepertinya sengaja untuk membuat malu. setelah apel sore ya sudah langsung hunting barang yang bakal dibawa esok harinya plus ngerjain tugas atau resume. esok hari kasusnya juga sama aja dengan hari pertama..[:-]
beberapa hari setelah ospek ini masih ada makrab. intinya sama aja sih ada outbound di daerah pegunungan di purwokerto dengan sederet game yang lumayan asyik tapi kalo gagak nyelesaiin game ya siap-siap kena hukuman..[:D]



nah kalo ospek di tempat saya yang sekarang (surabaya) kurang lebih sekitar 10 hari. hari yang pertama tentu saja cuma technical meeting, kumpul sama kelompoknya, plus dikasih tugas untuk keperluan besok paginya. dari total 10 hari ospek ini yang 3 hari 2 malam outbound di daerah trawas. karena saat technical meeting udah dikasih tau tugasnya dan amat sangat banyak jadi saya memutuskan untuk tidak ikut ospek, capeekkk booo bisa lembur terus tiap hari[:D].. sebagai gantinya saya cuma ikut outbound saja di tahun kedua. berdasarkan cerita teman-teman yang ikutan ospek sih nggak jauh beda. dateng pagi-pagi udah disuruh baris lalu cek tugas dan perlengkapan, kalo melanggar ya dihukum[>:]. setelah apel pagi ya keliling kampus, dengerin ceramah, dll.. begitu terus setiap hari.
selain outbound saat ospek juga ada sendiri outbound jurusan. ini sama aja dibentak-bentak di tengah hutan dengan tugas dan barang bawaan yang setumpuk. kalo ada yang melakukan pelanggaran, satu kelompok kena semua. hukumannya sih cuma push up 10-40 kali[8D]. semua tidur di tenda, jam 2 pagi dibangunin hanya untuk minum teh hangat. teh yang disediakan cuma setengah botol air mineral yang besar tapi harus cukup untuk semua peserta yang jumlahnya sekitar 100 orang. lucunya semua kebagian tuh..[:D]


ini udah tahun 2010 mau 2011 tapi kok hal kayak gini masih ada ya?[&o]


   http://t.indoflyer.net/508017


wawan_jundi -> RE: share about OSPEK (20/12/2010 2:41:30)

Kebetulan saya mengalami 'OSPEK' bulan Agustus yang lalu dan saya bersyukur sekali karena 'OSPEK' saya bisa dibilang berjalan dengan mulus. FYI, saya paling ga suka sama yang namanya dikerjain, dibentak, disuruh beli/ pakai macam2, dll.

'OSPEK' saya berjalan sekitar setengah hari. Isinya "cuma" bagi2 kaos universitas, sambutan dari university president, pengenalan honor code, petunjuk cara buat register classes, pengenalan dean masing2 school, pengenalan advisor masing2 major, dan akhirnya register buat classes. Sebenarnya saya kepingin sekali mengikuti summer orientation karena acaranya dua hari dan sekaligus pengenalan kampus, tapi karena ga bisa yasudah ikut orientation yang Agustus saja.

Anyway, saya dengar dari teman2 saya yang masuk universitas2 yang bisa dibilang top universities di Indonesia kok sepertinya OSPEKnya dibuat berkepanjangan, dan kesannya useless ya? Malah ada teman saya yang rangkain OSPEKnya sampai satu tahun. Sampai sekarang saya ga ngerti, apa sih gunanya OSPEK yang seperti itu? Buat seru-seruan? Tradisi? Tradisi buruk kok dipertahankan? Itu juga salah satu yang memotivasi saya untuk kuliah di universitas saya sekarang: menghindari OSPEK.


   http://t.indoflyer.net/508017


El Erief -> RE: share about OSPEK (20/12/2010 3:12:30)

quote:

Dulu di ITS Surabaya juga mirip seperti itu, anak-anak baru diplontosi semua, terus selama setahun harus ikut kegiatan Orientasi di luar kota SAMPAI kemudian di thaun 2004 (waktu itu angkatan kawan saya) ada acara Orientasi keluar kota, langsung diserbu orang tua mahasiswa yang protes ke panitia Ospek tersebut, dan kemudian acara itu dibubarkan. Semenjak itu acara Orientasi di ITS tidak pernah lama dan radikal seperti dulu lagi.


Masa?[&:]
kok yang saya tahu dari temen-temen saya, tetep saja ganas.. [X(][X(]
butuh kelurusan berita di sini..


   http://t.indoflyer.net/508017


jemini -> RE: share about OSPEK (20/12/2010 3:30:46)

@om bagus 70 : bukan karena ospeknya
tapi memang watak orang timur yang "cepet panas". Apalagi ditambah doktrin dari senior yang bilang
mahasiswa tuh agent of change harus begini2. rakyat susah gara2 pemerintah. pemerintah itu bla bla bla (yang negatif semua)
blom lagi acara pemukulan dari senior[:@]. emang bisa dibilang ospek yang begini tuh useless. emang ada apa mata kuliah demo[&:]

btw ga cuma makassar aja yg beringas. rata2 kampus ditimur juga begitu
cuma mereka ga ke-expose aja


   http://t.indoflyer.net/508017


hilman -> RE: share about OSPEK (20/12/2010 8:56:29)

soal ospek di unhas ini, cmiiw, terus terang agak memprihatinkan..[:(]
sorry to say, tapi waktu kakak cewek gue kuliah di unhas tahun 91, nyokap alm. sempet stress ngliat spanduk-2 di seputaran kampus..
"selamat datang tikus-2 kampus", dan kata-2 lain yang tidak mendidik..
giliran tahun 94 nyokap nganterin gue ke ugm, nyokap bilang ke gue, ini yang bener, karena spanduk-2nya berbunyi "selamat datang calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang"..[;)]

btw, soal ospek ini pernah dibahas yak kalo gak salah..[8|]
yang waktu itu, erief pernah "disemprot" sama "senior"nya di sini [sm=ngakak.gif]

iseng mode on : akhirnya nemu juga link-nya di sini [8D]


   http://t.indoflyer.net/508017


andi_wibowo -> RE: share about OSPEK (20/12/2010 10:15:05)

saya anak semester I Manajemen di Universitas Methodist di Medan. kebetulan (patut disyukuri...) Senior2 saya di sini tidak nyolot2, gak sok2 gimana gitu, karena mungkin memang udah gak jaman lagi senioritas2 yang sok otoriter, gila hormat dan sebagainya. yang ada sekarang yang tetap saling menghormati satu sama lain, karena kita juga sebagai junior suatu saat menjadi senior dan yang senior juga mungkin sadar dulu dia pernah jadi junior. dan karena di kampus kami beragam mahasiswa-nya (ada kuliah pagi & malem, sedangkan malem banyak yang sambilan kerja) mereka tetap menghormati kami yang bekerja ini, waktu P32 atau istilahnya Orientasi Kampus. mereka tidak meribetkan kami, gak minta yang aneh2. yah paling2 Tas Karung, Bad Nama dari Karton Besar, Rambut di Kepang kalo cowok dirapikan, pake putih hitam, bawa buku yah menurut saya wajar2 ajah, toh sekali seumur hidup kita kayak bgini. dan memang selama orientasi tidak ada bentak2, yang ada hiburan, pengenalan dan memang pure Hav Fun bareng2 sehingga kami bisa dekat dengan senior. kalo tersesat di kampus (padahal seiprit ajah gedungnya, tapi lika liku-nya banyak banget) di hari pertama udah terjadi. [8D]

tidak seperti kampus negeri (USU khususnya) mereka sampe ada yang mandi di empang, makan di samping kotoran (Fakultas pertanian), jalan jongkok dari pintu fakultas ampe lapangan (FISIP), disuruh bawa kodok atau segala macem yang aneh2 (FK) itu yang saya denger. waktu inagurasi, ada yang direndam di Danau Toba jam 3 pagi. cuman pake celana dalam (cowok, Fak, Teknik) begitulah cerita temen2 saya.

quote:

saya mahasiswa dari Fakultas Ekonomi Akuntansi Unsyiah (Universitas Syiah Kuala), Banda Aceh.
saya mahasiswa baru.
jadi saya baru bulan 9 kemarin mengikuti acara perkenalan kampus.
acara terbagi banyak bagian..

petama bulan 6 :
pengarahan pengisian KRS.kami hanya di bentak2 tapi tidak ada yg namanya kekerasan.

lalu acara SAFE itu acara perkenalan seluruh mahasiswa ekonomi :
disini sangat keras walaupun tidak ada kekerasan.tujuannya memperkenalkan kampus lalu dihadiri dekan dan guru besar.
acara 3 hari.kami semua harus botak kayak tentara.

lalu acara jurusan outbond dan games di daerah pegunungan satu hari.


wah kamu di Unsyiah, temen saya di Unsyiah juga baru masuk tahun ini. tapi dia anak FKG. waktu ospek disuruh cium tangan mayat. wakakakakaka [:D][:D]
pulang rumah dia cuci tangannya sama jidatnya berulang kali katanya... hahaha [8D]


   http://t.indoflyer.net/508017


prawiro -> RE: share about OSPEK (20/12/2010 10:48:53)

quote:

kayaknya rumitan yang kedua ya kayaknya. waktu itu disuruh bawa apa aja sampai musti tidur pas waktu bakti sosial ? *ohya, itu fakultas apaan ?


saya dari fakultas ekonomi. untuk yang kegiatan kedua itu saya sih lupa detailnya. cuma yang pasti disuruh bawa barang2 seperti : kayu bakar karena ada acara api unggun, buku untuk disumbangkan, tas dari karung tepung terigu untuk dipakai pribadi selama di desa, alat bersih2 untuk kerja bakti. Nah, berhubung saat itu sering hujan, hari pertama tidurnya di kelas sekolah yang dikunjungi...namun hari kedua dan seterusnya tidur di tenda di tengah lapangan. Yang agak repot untuk mandi dan buang air kecil..soalnya dari tempat tenda ke lokasi toilet (yang ada hanya toilet penduduk setempat) itu harus melewati hutan rimbun dahulu.

Kebayang kan, waktu itu saya terbangun jam setengah 3 pagi untuk buang air kecil dan masuk ke hutan sendirian dengan modal senter kecil[>:]
mana di situ terasa banget ada makhluk lain yg ga keliatan kasat mata[sm=kabur.gif]..
tapi saya cuek aja dah..mau bagaimana lagi..

quote:

rata-rata sekarang yang laki-laki kayaknya musti cepak 1/2 - 1 cm katanya.

Mengenai rambut, iya sepertinya berlaku yang seperti di atas..


   http://t.indoflyer.net/508017


pckupelan -> RE: share about OSPEK (20/12/2010 10:56:22)

Ospek ya...hahaha ospek akan terbalas saat kita bisa lulus mendahuli senior yang "sok" super galak

Atau seperti kampus saya dimana salah satu fakultasnya menghentikan kegiatan ospek yang isinya bentak2an dan ngerjain MABA akibat satu angkatan MABA yang diospek itu malah bentak balik dan adu argumen sama seniornya [sm=ngakak.gif] dan akhirnya angkatan yang "ngelunjak" itu adalah lulusan tercepat dan terbaik di kampus [:D]

edit:nambah smiley


   http://t.indoflyer.net/508017


Yohannes -> RE: share about OSPEK (20/12/2010 11:02:54)

Mas Andi,

Kekerasan dalam OSPEK itu beragam bentuknya, dan beragam pula alasannya.

Bentuk yang pertama itu kekerasan fisik, lalu ada kekerasan mental (bentak-bentak, ngerjain, digencet, dst). Yang fisik itu saya pernah alami dalam bentuk kegiatan fisik, seperti "dijemur" untuk acara yang katanya "membentuk mental". Yang kedua itu sering saya alami, terutama dari para pembina OSPEK yang merasa punya semacam moral authority untuk melakukan hal itu kepada orang yang baru mereka kenal.

Alasan-alasannya pun bisa dijadikan cerita panjang.

Semakin senior saya di kampus maupun sekolah, saya semakin melihat kejelekan kegiatan ini. Nyatanya para "pembina/mentor/kakak" itu bukanlah para mahasiswa atau murid yang benar-benar punya moral authority yang bisa tercermin dari perilakunya sehari-hari. Contohnya: selama kegiatan OSPEK, mahasiswa baru dilarang merokok, tapi yang menegaskan pelarangan itu adalah perokok berat yang gak jarang merokok di sembarang tempat, ini cuma salah satu contoh gampang, ada yang lebih keterlaluan, tapi gak saya ceritakan di sini.

Saya melihat, hal ini bikin mereka jadi jumawa dan semakin arogan dalam melakukan pelanggaran. Ibaratnya "biarin saya korupsi, tapi orang lain jangan korupsi." Pertanyaanya: Orang begini nih yang jadi panutan?

Lalu ada yang punya tujuan pribadi, yakni mencari pacar, yang berujung pada kisah-kisah lucu seperti cinlok "cinta lokasi". Kalau yang ini saya juga mengalami cerita menjijikan dari banyak senior yang berlaku "baik-baik" demi mencapai tujuannya ini. Ternyata setelah kegiatan OSPEK selesai, orang ini jauh dari kata "baik-baik", yang paling bikin kesal, kalau ketemu di jalan, orang ini tidak pernah membalas sapa para juniornya, macam "orang ganteng yang anti sosial", terlebih gayanya angkuh pula mentang2 pacarnya cantik.


Alasan terakhir yang paling menakjubkan:

Semua kegiatan kekerasan itu: diberi PR secara berlebihan, melakukan hal-hal yang tidak pantas atau memalukan, lalu melakukan kegiatan dengan cara yang tidak biasa (berpakaian dengan 'atribut' meriah, makan dengan sendok dan garpu terbalik dari kebiasaan masing2, dan cara-cara lain yang terpikir di benak mereka) itu katanya agar membuat kita jadi lebih tahan banting menghadapi kegiatan sehari-hari yang akan kita lalui selama kuliah atau belajar di sekolah tersebut. Luar biasa kan? [:D]

Yang namanya kegiatan pendidikan sipil itu gak mungkin bisa menyamai militer, atau diadakan dengan cara-cara militer.
Di militer kita melakukan hal-hal keras karena ketika perang situasinya akan lebih kejam dari itu. Selain itu, cara-cara itu dilakukan untuk meningkatkan esprit de corps satuan masing-masing.

Salah satu hal lucu ketika OSPEK SMA saya dulu, para anggota OSISnya sesumbar dan memajang foto-foto "garang" mereka ketika berkunjung ke pangkalan ArmaBar TNI-AL. Yang paling 'galak' (orangnya berkaca mata dan berambut pitak) itu memajang fotonya duduk di meriam Bofors 40 mm dari perang dunia 2. Ini dilakukan cuma buat menakut-nakuti para peserta OSPEK semata.

Jadi kesan kemiliter-militeran itu kental sekali. Meskipun memang gak pernah akan sekeras militer.

Saya belajar banyak menjadi dewasa itu di IF, bergaul dengan para sesepuh yang udah terlebih dahulu berkecimpung di dunia nyata. Lewat IF saya berlatih dan belajar untuk "mengambil keputusan dengan cepat dan tepat" dan bahwa itu adalah sebuah proses yang akan terus diperbaiki sepanjang waktu. Pemahaman berharga yang gak mungkin saya dapatkan dari para pemuda-pemudi tanggung yang berlagak bak perwira militer dadakan.


   http://t.indoflyer.net/508017


Page: [1] 2 3 4 5   next >   >>



Forum Software © ASPPlayground.NET Advanced Edition 2.4.2
4.492188E-02