http://t.indoflyer.net/43428
fungsi winglet (Full Version)

All Forums >> [AVIATION SECTION] >> Dunia Penerbangan



Message


ayub01 -> fungsi winglet (11/1/2006 9:08:51)

om-om fungsi dari winglet apa sih kan rata2 jumbo jet menggunakan nya dan perbedaan
sama sayap yg tidak ada wingletnya apa???????? trims


   http://t.indoflyer.net/43428


aritrixa -> RE: fungsi winglet (11/1/2006 10:13:50)

Hmmm...

http://www.colemill.com/Conversions/Winglets.htm

Apakah hal yang sama juga terjadi di widebody?


   http://t.indoflyer.net/43428


Alif -> RE: fungsi winglet (11/1/2006 12:05:05)


quote:

ORIGINAL: ayub01

om-om fungsi dari winglet apa sih kan rata2 jumbo jet menggunakan nya dan perbedaan
sama sayap yg tidak ada wingletnya apa???????? trims
K'lo tidak salah winglet itu gunanya untuk memecahkan problem Vorteks (pilinan udara) yg terjadi diujung sayap pesawat.


   http://t.indoflyer.net/43428


Rinaldi -> RE: fungsi winglet (11/1/2006 12:13:41)

ya itu dia, persis deh. 100![8D] Untuk menghilangkan wing tip vortices


   http://t.indoflyer.net/43428


SempatiAir -> RE: fungsi winglet (11/1/2006 12:24:03)

Mau kasih iklan juga... Baca aja majalah ANGKASA (edisi ke berapa yah...). Di sana ada kok penjelasannya. Fungsinya adalah untuk mengatasi wingtip vortices, mengatasi sayap pesawat yang kepanjangan, dan meningkatkan jarak jelajah, serta membuat A330 lebih keren daripada B772A (h3h3h3h3)...

Contoh penggunaan winglet atau tidak pada widebody misalnya pada A330 dengan B777. Airbus menggunakan sayap yang lentur jadi panjang sayap terbatas oleh karena itu ia harus meletakkan winglet. Sementara BOeing menggunakan sayap rigid pada B777 sehingga dapat merentangkan sayap secara maksimal. Namun pada B777(NG) ada wing raked wingtip untuk meningkatkan efisiensi. Ehmmm... Contoh lain adalah sayap A380 yang harus diberi wingtip supaya tidak melebih batas lebar pesawat 80m.


   http://t.indoflyer.net/43428


Alif -> RE: fungsi winglet (11/1/2006 13:30:19)


quote:

ORIGINAL: Rinaldi

ya itu dia, persis deh. 100![8D] Untuk menghilangkan wing tip vortices
Pertanyaan tambahan.Katanya problem vorteks itu banyak mengakibatkan pesawat crash sewaktu Takeoff yah?[8|][8|][8|]


   http://t.indoflyer.net/43428


flytosky -> RE: fungsi winglet (11/1/2006 13:48:56)

btw...di repaint base pack Kittyhawk 738 koq ada ditulis bahwa Winglets are uber lame? maksud nya gak ada fungsi ya?


   http://t.indoflyer.net/43428


iqbal -> RE: fungsi winglet (11/1/2006 14:10:53)

kalo omm...omm..jeli sebenernya vorteks itu ada juga di Formula 1 (F1), biasanya setelah trek lurus trus mau nikung, nah keluar deh asep melintir2x...disamping kedua sisi sayap belakangnya.....IMHO lowh.....[8|]


   http://t.indoflyer.net/43428


El Erief -> RE: fungsi winglet (11/1/2006 14:14:45)

Oh jadi jejak kondesasi pada sayap yang meilntir itu vorteks yah??? Tapi, banyak juga pesawat berwinglet yang masih ngeluarin vorteks. trus apa bedanya winglet yang dipasang di A320series dan A380 dibanding yang dipasang A330/340? Apa bentuk ngaruh ke minimalisasi vorteks?
Oia, bisa dijelasin ga hubungan vorteks dengan jarak jelajah, konsumsi bahan bakar??? Katanya yg ga pake jarak jelajahnya pendek, dan boros bahan bakar. Klo dipikir dengan otak org awam yang melaknat fisika , kayak gw, kayaknya ga ada hubungannya deh...


   http://t.indoflyer.net/43428


wie -> RE: fungsi winglet (11/1/2006 14:24:34)


kalo gak salah winglet itu untuk ngurangin drag sekalian bwt hemat fuel kurang lebih 3%...[:)]


   http://t.indoflyer.net/43428


antohalim -> RE: fungsi winglet (11/1/2006 14:25:47)

quote:

ORIGINAL: El Erief

Oia, bisa dijelasin ga hubungan vorteks dengan jarak jelajah, konsumsi bahan bakar??? Katanya yg ga pake jarak jelajahnya pendek, dan boros bahan bakar. Klo dipikir dengan otak org awam yang melaknat fisika , kayak gw, kayaknya ga ada hubungannya deh...
Kalo secara gampang sih begini:

Vorteks tuh hambatan udara (drag), untuk mengatasi drag butuh tambahan thrust.. Tambahan thrust butuh tambahan bahan bakar (makin boros). Untuk kapasitas tangki bahan bakar yg sama, dengan adanya vorteks maka jarak jelajah akan berkurang...

Kenapa gak semua pesawat pakai winglet? Musti diingat juga kalo winglet tuh punya berat yg tidak kecil, jadi menambah berat total pesawat.. Pesawat makin berat butuh daya angkat (lift) yg makin besar, yang berarti makin boros bahan bakar pula..

Jadi harus dilihat balance antara fuel saving yg diperoleh dari penggunaan winglet dengan extra fuel burn dari berat winglet tsb.. Umumnya untuk rute2 jarak pendek, winglet tidak menghasilkan fuel savings, makanya banyak pesawat2 rute pendek yg tidak menggunakan winglet.

Anto


   http://t.indoflyer.net/43428


El Erief -> RE: fungsi winglet (11/1/2006 14:39:27)

Jadi, klo slaah nempatinwinglet bisa bahaya juga yah?
Trus bentuk" winglet yang beda" apa hubungannya???
Menurut Boeing penambahan winglet di B747-400 ga nambahin beban kosong.


   http://t.indoflyer.net/43428


Yohannes -> RE: fungsi winglet (11/1/2006 20:24:33)

Untuk pesawat seukuran Boeing Gambot sih gak pengaruh, bukannya gak nambahin. As Baron said: "Jangan percaya brosur atau promosi pabrik pesawat terbang!" Bohongnya kadang-kadang terlalu berani.


   http://t.indoflyer.net/43428


El Erief -> RE: fungsi winglet (12/1/2006 3:07:21)

Klo gede boongnya, kenapa airline masih aja beli yah?
apa iya, winglet merupakan trademark pesawat modern? emangnya yg pertama kali pake winglet pesawat apa?


   http://t.indoflyer.net/43428


GerryAirways -> RE: fungsi winglet (12/1/2006 6:27:45)

Winglet kalo nggak salah sih 744... kalo wingtip fence sih A313... CMIIW

Gerry


   http://t.indoflyer.net/43428


SempatiAir -> RE: fungsi winglet (12/1/2006 7:39:20)

Well rasanya semua jawaban udah memuaskan sekali. Tapi winglet bukan pertanda pesawat modern. B777 generasi awal aja nggak pakai winglet bukan karena mereka tidak modern... Apalagi ada beberapa B737 classic dan B727 yang menggunakan winglet........


   http://t.indoflyer.net/43428


El Erief -> RE: fungsi winglet (12/1/2006 11:17:07)

trus bedanya winglet ama back swept wingtip kayak di P-8A MMA apa? Kenapa Boeing harus melepas winglet dan menggantinya dengan backswept wingtip di MMA?


   http://t.indoflyer.net/43428


Yohannes -> RE: fungsi winglet (12/1/2006 19:22:53)

Itu semua ada hubungannya dengan aerodinamisnya sayap setiap pesawat...karena model sayapnya tiap pesawat beda, maka cara2 untuk mengurangi drag dan menghemat bahan bakar juga beda2.

quote:

Klo gede boongnya, kenapa airline masih aja beli yah?


Well, ini bedanya beli pesawat dan mobil buat jasa angkutan. Kalo pesawat, kita yang bener-bener meneliti sendiri kebutuhan kita, banyak pesawat yang lahir karena permintaan airline, jarang sekali airline mau survei seperti apa pesawat yang kita mau. Sementara kalo mobil itu pabriknya banyak dan macem2, kebanyakan dari mereka yang justru melakukan evaluasi terhadap apa yang biasanya digemari pembeli. Milih pesawat itu gak gampang, gak berarti karena A330 lebih lambat dari 777, lantas airline2 milih 777. Gak berarti bahwa 777 lebih boros dari A330 lantas airline milih A330. Semuanya ada banyak faktor, bahkan kadang harga bukanlah faktor atau kebutuhan bisa jadi bukan faktor. Kebanyakan industri pesawat itu mendeskipsikan sesuatu tentang pesawat itu bisa beda karena performance (performa/penampilan/spesifikasi) pesawat itu gak selalu sama dengan behaviornya (kelakuan/kinerjanya di lapangan) (biasanya kalo gak bohong yah, mungkin wartawan salah kutip). Dalam hal ini mau bilang bohong atau gak cocok, hal itu juga lumrah, cuma bagi sains, hal itu bisa disebut "gak terbukti", gampangnya gw bilang: bohong.

Garis asap yang kita lihat tiap kali pesawat ngeluarin flaps itu vapour trails, bukan vorteks. Vapour trails itu terjadi karena proses kondensasi. Gesekan antara udara dan sayap menimbulkan panas dan mengkondensasikan udara yang kurang dikit mencapai titik embun, jadi terbentuklah jejak-jejak uap air di ujung pesawat... tapi kenapa begitu gw gak tahu. Tapi yang jelas itu beda ama vorteks. Menurut sumber yang gw baca, vorteks ini bahaya karena gak kelihatan dan gelombang kejutnya sangat kuat. Pernah kejadian di Amerika (dah lama gak gw baca) MD-80nya AA dihempaskan gelombang ini yang berasal dari Dc-10nya Delta yang touch-n-go ampe terguling-guling dan jatuh hancur waktu mau mendarat. Kalo gak salah istilahnya wake turbulence, oleh karena itu pesawat sekarang kalo mau TO dan Landing harus diseparasi beberapa menit dulu.


   http://t.indoflyer.net/43428


El Erief -> RE: fungsi winglet (13/1/2006 0:57:47)

Makanya Boeing nempelin stiker "Working Together" di prototip B777 awalnya. Sekarang Boeing juga bikin pusat saran untuk pembangunan B747-8 Intercontinental di www.newairplane.com. Malah bukan cuma airline, tapi penumpang.

Tapi, jeda antara TO dan landing ga ampe 1 menit. (paling lebih sedikit ga ampe bermenit") Malah yang satu baru TO, moncong pesawat satunya udah siap landing.

Oh, jadi yg keliatan itu jejak kondesasi, sedangkan vortex ga keliatan. Benernya vorteks juga ada di toilet kita yah?!


   http://t.indoflyer.net/43428


Page: [1]



Forum Software © ASPPlayground.NET Advanced Edition 2.4.2
5.078125E-02