http://t.indoflyer.net/320789
PKU-CGK PK-RAY Avro RJ-100 Bonus Airport RGT & Tempuling serta Sabre TS-8622 (Full Version)

All Forums >> [AVIATION SECTION] >> Trip Reports



Message


latlon -> PKU-CGK PK-RAY Avro RJ-100 Bonus Airport RGT & Tempuling serta Sabre TS-8622 (12/3/2009 1:03:53)

Lanjutan dari sini

Dinas kali ini mengunjungi 4 Kabupaten di Riau antara lain Kampar, Pelalawan, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir. Namun yg berkesan adalah kesempatan melongok 2 Bandara yaitu Japura di Rengat dan Bandara baru di Desa Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir (Kota Tembilahan).

Bandara Japura terletak dipinggir jalan Lintas Timur Sumatera yang menghubungkan PKU & DJB.
ICAO Code : WIPR (CMIW)
IATA Code : RGT

Ini adalah gerbang utama menuju Bandara.
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF2721.jpg[/image]

NDB Transmitter on background.
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF2719.jpg[/image]

ATCnya
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF2720.jpg[/image]

Zoomed (Lampu Beacon (biasanya rotating jika dihidupkan) + Anemometer)
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF2986.jpg[/image]

Came closer :
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF2987.jpg[/image]

Appron seen over the fence...
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF2991.jpg[/image]

Kantong Angin.
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF2988.jpg[/image]

Tampak muka Pax Terminal.
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF2992.jpg[/image]

Bela-belain manjat Water Tower berharap lebih, dapatnya hanya ini...
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF2993.jpg[/image]

Ternyata RGT ini boleh dikatakan Bandara yg umurnya sudah lanjut! Bayangkan saja serah terimanya saja dilakukan tanggal 1 September 1954 dari Perusahaan Minyak kepada Pemerintah RI.
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF2994.jpg[/image]

Salah satu monumen yg ada;
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF2995.jpg[/image]

Di sini sempat bertemu dengan salah satu staff Bandara. Menurut beliau pergerakan Pesawat saat ini hanya 1 kali sebulan itupun Helikopter yg dicharter oleh PN Gas untuk operasi maintenance pipa-pipa mereka.
Tapi untuk fasilitas lain seperti NDB & Communication tetap On Air selama jam kerja harian...
Ngobrol-ngobrol beliau juga menginformasikan ada Bandara baru di daerah Tembilahan...
What?!!![sm=jump.gif]

Keesokan harinya dalam perjalanan ke kota Tembilahan, hunting the New Airport dilaksanakan...

Akhirnya menjumpai ini : (Simpang jalan ini masih 23km dari pusat kota Tembilahan)
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3028TempulingAirport.jpg[/image]

Jalan aksesnya masih tanah.
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3030TempulingAirport.jpg[/image]

Forbidden![sm=stop.gif]
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3032TempulingAirport.jpg[/image]

Lanjut saja.... Saya kan berkepentingan di sini (Berkepentingan untuk buat TR maksudnya[:D])
2 Pohon ini koq tidak ditebang yha? (Hmmm...Ada aroma mistisnya kah?)
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3034TempulingAirport.jpg[/image]

Kompleks ATC dari kejauhan...
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3036TempulingAirport.jpg[/image]

Zoomed...
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3038TempulingAirport.jpg[/image]

Mau minta ijin masuk tidak menjumpai seorang staff pun yg sedang bertugas... Alasannya sedang makan siang! What?! Makan siang pukul 11:15?

Mengingat salah satu lokasi di sini akan dibangun BTS + Menaranya, maka keesokan harinya saya putuskan untuk kembali ke sini.

Kali ini berjumpa sama seorang security. Setelah memperkenalkan diri sebagai subcont salah satu Operator Cellular yg akan membangun Menara dan membutuhkan arah Runway agar tidak menggangu Aerodrome Airport (tentu saja agar bisa mengantongi ijin pembangunannya) saya diijinkan untuk masuk runway. Sungguh beruntung saya berjumpa beliau, bahkan saya dibantu dengan meminjamkan Sepeda Motornya untuk melakukan tracking dengan GPS karena tidak ada akses untuk kendaraan roda 4!

Runway 33!
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3311TempulingAirportRW-33.jpg[/image]

[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3312TempulingAirportRW-33.jpg[/image]

Runway 15
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3314TempulingAirportRW-15.jpg[/image]

[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3316TempulingAirportRW-15.jpg[/image]

Suasana Apron yang hanya dapat dimuati 2 Pesawat seukuran Fokker F50 dan Pax Terminal. Luxury isn't it?
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3319TempulingAirportApron.jpg[/image]

Terminal Building
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3320TempulingAirportTerminal.jpg[/image]

Hasil Track Lognya sbb :
Koordinat : S0 25 35.0 E102 59 44.0
Altitude : 2m
Runway Azimuth : 15/33
Panjang Runway keseluruhan : 1500m
Lebar Runway : 32m
Luas Apron : 85m x 120m
IATA Code : Need Sugestion
ICAO Code : Need Sugestion
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/TempulinRW.jpg[/image]

Wah Tower BTSnya musti dipindah nih kalau masih mau tinggi 50m! Kalau tidak, jangan harap bisa diijinkan lebih tinggi dari 45m (baru baca penjelasan Oom Asterix di sini)! Posisi tower BTSnya hanya berjarak 1.5km dari ujung landasan yg berarti masuk dalam daerah INNER HORIZONTAL! (Betul kan Oom Asterix?) (RUIR008G adalah titik nominal dengan site hunting radius 400m). Saya percaya beberapa Existing Tower akan segera dipangkas tingginya jika Bandara ini beroperasi nanti.

Info lain dari staff security yg baik hati tadi adalah Bandara Tempuling akan beroperasi di Bulan Oktober tahun ini. Jalan akses akan segera di bangun 2 jalur dengan pengaspalan. Airlines yg akan melayani di sini adalah RAL.

Ilustrasi posisi Bandara Tempuling ini adalah sbb:
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/TempulinLocation.jpg[/image]

Desa yg cinta dirgantara [:-]
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3321Tempuling.jpg[/image]

[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3322Tempuling.jpg[/image]

Kembali ke PKU.
Hah?!..... Ada Bandara baru di PKU?![sm=jabrik.gif]
Ini ATCnya?[8|]
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3380.jpg[/image]

Ini Pax Terminalnya?![8|]
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3382.jpg[/image]

Dilihat dari kejauhan : Tapi... Dimana Runwaynya?[8|]
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3381.jpg[/image]

Ah... Ternyata.....
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3385.jpg[/image]

Pesiar di kota PKU, menjumpai monumen ini....
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3338.jpg[/image]

Sebelumnya Oom Aswin2989 pernah posting di sini. Anggap saja sebagai pelengkap dari postingan Oom Aswin...
F86 Sabre! TS-8622 (Photo di ambil dari depan kantor Gubernur Riau)
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3339.jpg[/image]

System persenjataan yg dibawa :
Wing Right. Lethal Weapon yg diusung + extra fuel?
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3351.jpg[/image]

Wing Left. 2 roket telah ditembakkan..... Dan berhasil mengenai Kantor DPRD di depan sana...[sm=kabur.gif]
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3350.jpg[/image]


Pindah ke seberang (depan kantor Polda Riau)
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3357.jpg[/image]

Livery yg aneh....
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3359.jpg[/image]

[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3367.jpg[/image]

Sehari sebelum pulang, penasaran mau Spotting di PKU! Lampu pendaratan di Jl. Kartama (Ujung Runway 18. Ujung Runway 36 berada di kawasan kompleks IAF).
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3387.jpg[/image]

Resultnya cuma ini... (ILS Glideslope Transmitter kah?) Berhubung hari sudah senja dan tidak terdengar pergerakan setelah menunggu sekitar setengah jam.
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3388.jpg[/image]

Dan.... Ini... Sendal tersangkut akibat panjat pagar.....[:D] Nakal yha!!![sm=getok3.gif]
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3390.jpg[/image]

Saatnya pulang ke pangkalan Jakarta.
Minggu 8 Maret 2009 (sehari sebelum LIL accident di WIII)
Setelah sebelumnya menikmati RAZ, ada pemikiran jika bisa juga menikmati RAY sehingga RAL diputuskan untuk di beli tiketnya mengingat 07:15 adalah ETD Pesawat CGK-PKU dan PKU-CGK. Tidak mungkin ada 2 pesawat dalam waktu bersamaan di dua Bandara!

Singkat cerita, boarding time! Sebelumnya ada RI dengan RML berangkat duluan serta JT dengan LIR proses boarding.
Keluar dari terminal tampak di ujung tarmac sebelah kanan saya.
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3397.jpg[/image]

Di sebelahnya ada Kucing Aop Emi Rebus Golf Hotel (mungkin flight ke 2 menuju CGK)
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3395.jpg[/image]

Kucing Aop India Romeo ready for closing doors.
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3396.jpg[/image]

Nah... Ini dia Alpha Yankee....
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3399.jpg[/image]

[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3401.jpg[/image]

PK-RAY bernose name : Dumai
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3400.jpg[/image]

Engine No. 1 & 2
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3403.jpg[/image]

Entering "Spirit Of Riau"
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3404.jpg[/image]

Dapat nomor seat 7A! Seat Window yg tidak ada windownya! FYI bagi yg akan terbang dengan RJ-100, row 7 tidak ada jendelanya! Untungnya setelah semua pax naik, saya diijinkan pindah oleh Mugari ke Row 4A.
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3405.jpg[/image]

India Romeo sudah completely push-back rupanya...
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3410.jpg[/image]

Doors closed. "Selamat datang Tuan-tuan & Puan-puan" Sapaan khas melayu RAL.
Starting Push-back.
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3405.jpg[/image]

Taxi to RW 18. Lho ini kan yg melakukan tarian penyambutan saat saya tiba di PKU hampir 3 minggu lalu.[:-] Masih tidur do'i....
[image][sm=censored.gif][/image]

Back track ke RW 36
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3413.jpg[/image]

Sangkar Hawk!
[image][sm=censored.gif] juga[/image]

Take Off heading RW 18. Bye-bye Negeri Lancang Kuning! See you next time....
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3416.jpg[/image]

Flying over RGT!
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3431.jpg[/image]

Tampak Sungai Indragiri
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3432.jpg[/image]

Juga kota Tembilahan di apit 2 Sungai.
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3439.jpg[/image]

Hampir mencapai Cruising Altitude.
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3444.jpg[/image]

Breakfast Time!
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3437.jpg[/image]

[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3438.jpg[/image]

Sajian ini akan lebih nikmat jika disajikan dalam kondisi masih hangat! Sayangnya saat disantap sudah dingin. Mungkin RJ-100 ini tidak memiliki oven?[8|]
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3442.jpg[/image]

Next, Flying over DJB!
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3443.jpg[/image]

Engine no 1 & 2 sedang bekerja.
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3449.jpg[/image]

Selesai santap sarapan, saya mulai penjelajahan isi pesawat terutama di bagian depan. Baik Alpha Zulu & Alpha Yankee memiliki 8 seats Business Class!
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3452.jpg[/image]

[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3448.jpg[/image]

Engine No.3 & 4
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3455.jpg[/image]

[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3458.jpg[/image]

Tunggu dulu... Nun di bawah sana ada Runway![8|] It must be PLM!
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3462.jpg[/image]

Ini mustinya kota Palembang!
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3464.jpg[/image]

Siapa yg tidak mengenal Jembatan plus sungainya?[:-] (Sepertinya ada yg salah dengan jendela yg saya tempati ini)[;)]
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3467.jpg[/image]

Nggak berani lebih dekat lagi, takut tersedot![8D]
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3495.jpg[/image]

Back to own seat. Tuh kan.... Baru saja lewat di atas PLM!
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3471.jpg[/image]

Suasana di luar jendela. (jajaran Kep. Seribu)
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3496.jpg[/image]

Current Altitude :
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3486.jpg[/image]

Tidak terasa, hampir tiba di CGK. Starting Descent.
Kep. Seribu dengan air strip di salah satu pulaunya...
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3497.jpg[/image]

Approaching RW 25R (koq tidak menggunakan 25L?)
City Of Batavia dengan latar belakang Gunung Gede Pangrango di sebelah kiri & Gunung Halimun di sebelah kanan di kejauhan.
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3511.jpg[/image]

Batavia diselimuti kabut pagi itu.
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3516.jpg[/image]

Touch down smoothly. Melewati terminal 2. Ada Kucing Aop lagi parkir di remote 2D.
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3520.jpg[/image]

Parkir di C46.
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3527.jpg[/image]

Seperti biasa, turun paling akhir supaya bisa spot-spot dulu...[sm=joget.gif]
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3530.jpg[/image]

[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3531.jpg[/image]

[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3532.jpg[/image]

[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3533.jpg[/image]

Masuk ke Terminal.
[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3535.jpg[/image]

[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3536.jpg[/image]

Demikian dan terimakasih.
[sm=maap.gif]


   http://t.indoflyer.net/320789


reincarnage -> RE: PKU-CGK PK-RAY Avro RJ-100 Bonus Airport RGT & Tempuling serta Sabre TS-8622 (12/3/2009 1:59:03)

kok ada image yang di Censored,om? [&:][&:]


   http://t.indoflyer.net/320789


latlon -> RE: PKU-CGK PK-RAY Avro RJ-100 Bonus Airport RGT & Tempuling serta Sabre TS-8622 (12/3/2009 2:06:32)

Maaf Oom, di sensor karena bagian dari Indonesian Air Force.[:D]


   http://t.indoflyer.net/320789


theanjingtanah -> RE: PKU-CGK PK-RAY Avro RJ-100 Bonus Airport RGT & Tempuling serta Sabre TS-8622 (12/3/2009 7:49:58)

Bandara Tempuling??? Asyikk.... Menghemat waktu tempuh PKU-TBH, secara akan ada land expansion kantor gue daerah situ. Mantab Om Ivan... Plus-plus buat sampeyan!


Whoaaaa itu Bandara Japura betul2 mengingatkanku pada masa kecil, Btw, harusnya lebih tepat disebut bandara Air Molek, karena Rengat sendiri masih 30km ke arah Jambi.


   http://t.indoflyer.net/320789


wawa -> RE: PKU-CGK PK-RAY Avro RJ-100 Bonus Airport RGT & Tempuling serta Sabre TS-8622 (12/3/2009 9:09:18)

mantabs!! plus plus deh... [sm=jempol.gif] [sm=jempol.gif]
seakan ikut jalan-jalan nih. [:)]


   http://t.indoflyer.net/320789


GinAvia -> RE: PKU-CGK PK-RAY Avro RJ-100 Bonus Airport RGT & Tempuling serta Sabre TS-8622 (12/3/2009 16:19:48)

Pix nya oke banget, terutama PK-RAY.... tapi semua fotonya dari sisi kiri .... ada yang tampak kanan, nggak, oom???[;)]


   http://t.indoflyer.net/320789


chelsea_number_8 -> RE: PKU-CGK PK-RAY Avro RJ-100 Bonus Airport RGT & Tempuling serta Sabre TS-8622 (12/3/2009 21:02:08)

Keren om!!

Baru tau kalau RGT itu dulu bekas Stanvac... [8D]
Itu Bandara Tempuling udah 6 tahun lebih belum operasional juga ya...

BTW, di ujung R/W 36 lebih asik sebenarnya spottingnya, tapi ga boleh berhenti karena di komp. TNI-AU
[:(]


   http://t.indoflyer.net/320789


PKWTO -> RE: PKU-CGK PK-RAY Avro RJ-100 Bonus Airport RGT & Tempuling serta Sabre TS-8622 (12/3/2009 22:01:36)

Terima kasih atas laporan perjalananannya. Lokasi-lokasi yang anda kunjungi mengingatkan saya pada pekerjaan saya sebelumnya.

Tahun 1996 saya masuk Tempuling lewat Mumpa untuk survei sumberdaya perikanan. Waktu itu lokasi calon bandara Tempuling masih berupa rawa-rawa yang banyak buayanya (katanya). Menurut teman di kantor, Runway Tempuling menggunakan tekhnology Geotextile atau bahasa umumnya bahagian dasarnya dilapisi dengan "KARPET". Mengingat daerah ini rawa gambut (maaf bila salah) yang formasinya termasuk labil untuk konstruksi berat.

Kalau ke Tembilahan saya pasti lewat Kota Lirik dulu dan mampir di Kampungnya Si Edo. Pastinya sih mampir di warung dekat Kantor Pos yang nyediakan Sate Rusa asli..he.he..[8D]

Mengenai Pesawat Super Sabre didepan Kantor Gubernur itu saya masih ingat waktu peresmiannya tahun 80an diwarnai dengan demo aerobatik pesawat yang sama. Mengapa kelirnya (livery) nya berubah? Yang inilah dampak dari Otonomi Daerah, semuanya harus bercirikan daerah, sampai "baju" asli pesawatpun harus di ganti menjadi Batik Melayu,..untung saja pilot RAL tidak diwajibkan menggunakan pakaian Taluk Belanga ketika tugas terbang. Kalo iye macam penganten nak pegi ke KUA sajelah...[8D][8D]

Tahniah...!!!


   http://t.indoflyer.net/320789


tumpenkmabur -> RE: PKU-CGK PK-RAY Avro RJ-100 Bonus Airport RGT & Tempuling serta Sabre TS-8622 (13/3/2009 0:20:37)

Luar biasa[sm=jempol.gif][sm=bravo.gif][sm=goodjob.gif]....speechless mbacanya nih, apalagi baru denger tentang bandara Tempuling....btw, navaidnya pake apaan yabandara tempuling itu? secara pihak Ditjenud sudah tidak akan meng-install NDB baru di Indonesia

safe flite


   http://t.indoflyer.net/320789


G U E -> RE: PKU-CGK PK-RAY Avro RJ-100 Bonus Airport RGT & Tempuling serta Sabre TS-8622 (13/3/2009 10:41:17)

Tambah wawasan ... thanks a lot for sharing


   http://t.indoflyer.net/320789


latlon -> RE: PKU-CGK PK-RAY Avro RJ-100 Bonus Airport RGT & Tempuling serta Sabre TS-8622 (13/3/2009 14:57:19)

quote:

Original Message : theanjingtanah

Bandara Tempuling??? Asyikk.... Menghemat waktu tempuh PKU-TBH, secara akan ada land expansion kantor gue daerah situ. Mantab Om Ivan... Plus-plus buat sampeyan!

Whoaaaa itu Bandara Japura betul2 mengingatkanku pada masa kecil, Btw, harusnya lebih tepat disebut bandara Air Molek, karena Rengat sendiri masih 30km ke arah Jambi.


Pekanbaru hingga Tembilahan kota ditempuh dalam 6 jam perjalanan dengan mobil pribadi Oom. Jaraknya sekitar 296km (jarak udaranya : 212km) dengan kondisi jalannya cukup mulus, bisa ditempuh dalam 6 jam Oom. Saya takut nasib Bandara Tempuling bernasib serupa dengan PPR (Pasir Pangarayan) yg hanya aktif saat musim Haji.(Bulan Oktober ini adalah permulaan musim Haji) Sedangkan RGT nasibnya sepi dari pergerakan pesawat.[8|]

Seperti yg tertulis di Prasasti, mungkin saat itu (tahun 1954) Kota Rengat yg layak disebut kota, sedangkan Air Molek mungkn masih berupa desa bukan seperti sekarang yg sudah berkembang pesat.....[:D][sm=peace.gif]

quote:

Original Message : wawa

mantabs!! plus plus deh...
seakan ikut jalan-jalan nih.


quote:

Original Message : G U E

Tambah wawasan ... thanks a lot for sharing


Thank you, saya senang bisa berbagi untuk semua, juga atas sumbangan ++nya[:-]

quote:

Original Message : GinAvia

Pix nya oke banget, terutama PK-RAY.... tapi semua fotonya dari sisi kiri .... ada yang tampak kanan, nggak, oom???

Thank you Oom, saya cukup menyesal photo yg saya ambil tidak ada sisi sebelah kanannya. Perjalanan boarding di PKU dari arah kiri. Saat tiba di CGK parkirnya di C46 sehingga masuk ke terminal masih dari sebelah kiri jadi tidak bisa ambil photo sisi kanan Alpha Yankee[sm=maap.gif]

quote:

Original Message : chelsea_number_8

Keren om!!
Baru tau kalau RGT itu dulu bekas Stanvac...
Itu Bandara Tempuling udah 6 tahun lebih belum operasional juga ya...
BTW, di ujung R/W 36 lebih asik sebenarnya spottingnya, tapi ga boleh berhenti karena di komp. TNI-AU


Saya malah baru tahu Stanvac....[:D]
What?! Tempuling 6 tahun dikerjakan tidak kelar-kelar?![;)]
Nggak berani macem-macem Oom di kompleks AU... Kami saat itu mencari lokasi di perumahan sipil.[8D]

quote:

Original Message : PKWTO

quote:


Terima kasih atas laporan perjalananannya. Lokasi-lokasi yang anda kunjungi mengingatkan saya pada pekerjaan saya sebelumnya.

Nostalgianya di sini aja Oom....[:D]

quote:


Tahun 1996 saya masuk Tempuling lewat Mumpa untuk survei sumberdaya perikanan. Waktu itu lokasi calon bandara Tempuling masih berupa rawa-rawa yang banyak buayanya (katanya). Menurut teman di kantor, Runway Tempuling menggunakan tekhnology Geotextile atau bahasa umumnya bahagian dasarnya dilapisi dengan "KARPET". Mengingat daerah ini rawa gambut (maaf bila salah) yang formasinya termasuk labil untuk konstruksi berat.

Wah saya juga baru tahu metode konstruksi seperti itu. Memang benar, lokasi Tempuling itu di atas rawa-rawa. Apalagi tidak jauh ada sungai Indragiri yg cukup lebar.

quote:

Kalau ke Tembilahan saya pasti lewat Kota Lirik dulu dan mampir di Kampungnya Si Edo. Pastinya sih mampir di warung dekat Kantor Pos yang nyediakan Sate Rusa asli..he.he..

Wah, kalau tahu sebelumnya, itu restorant saya hunting Oom... Masih banyak Rusa kah di daerah ini?

quote:

Mengenai Pesawat Super Sabre didepan Kantor Gubernur itu saya masih ingat waktu peresmiannya tahun 80an diwarnai dengan demo aerobatik pesawat yang sama. Mengapa kelirnya (livery) nya berubah? Yang inilah dampak dari Otonomi Daerah, semuanya harus bercirikan daerah, sampai "baju" asli pesawatpun harus di ganti menjadi Batik Melayu,..untung saja pilot RAL tidak diwajibkan menggunakan pakaian Taluk Belanga ketika tugas terbang. Kalo iye macam penganten nak pegi ke KUA sajelah...
Tahniah...!!!

Mungkin ini salah satu dampak negatif dari Otonomi Daerah sehingga memunculkan banyak Raja-Raja kecil....[:D]
Dengan menampilkan suasana Melayu di di dalam Pesawat mereka menjadikan kesan khusus (unik) saat terbang yg berbeda dari maskapai-maskapai nasional lainnya.

quote:

Original Message : tumpenkmabur

Luar biasa ....speechless mbacanya nih, apalagi baru denger tentang bandara Tempuling....btw, navaidnya pake apaan yabandara tempuling itu? secara pihak Ditjenud sudah tidak akan meng-install NDB baru di Indonesia

Hal ini sempat saya tanyakan kepada staf Security, namun jawabannya tidak memuaskan alias tidak tahu...[:D] Maklum lah, do'i main jobnya hanya menghalau "intruder" yg akan masuk kedalam kawasan Bandara[:D] Tidak terlihat guyed mast transmitter NDB seperti di PKU & RGT. Begicu Oom Tumpenk....


   http://t.indoflyer.net/320789


dedy_737 -> RE: PKU-CGK PK-RAY Avro RJ-100 Bonus Airport RGT & Tempuling serta Sabre TS-8622 (13/3/2009 16:29:46)

weitttss...komplit laporannya..++ deh om....[:-][:-]


   http://t.indoflyer.net/320789


ariekur -> RE: PKU-CGK PK-RAY Avro RJ-100 Bonus Airport RGT & Tempuling serta Sabre TS-8622 (15/3/2009 21:08:05)

very nice TR oom.. banyak pic nya
quote:

[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3357.jpg[/image]

gedung di belakangnya bagus banget[:)]


   http://t.indoflyer.net/320789


CAMPIK -> RE: PKU-CGK PK-RAY Avro RJ-100 Bonus Airport RGT & Tempuling serta Sabre TS-8622 (02/11/2009 0:55:35)

salam hangat om2 senior semua nya, anak baru mau nimbrung ni,,[:)]

sekedar informasi,, bandara tempuling letaknya di kec. tempuling tepatnya desa sungai salak sekitar 25km dari kota tembilahan,, bandara ini perencanaannya sebenarnya sudah ada dari akhir tahun 80-an,, ( kata nyokap ) ane juga pernah liat foto bokap ma bokap waktu pacaran di area bakal tu bandara yg lagi di timbun,, soalnya nyokap asli orang sana,, nenek ane rumahnya kira2 100m ke arah sungai dari tu BTS,, n yg jaga jenset BTS ny juga keluarga ane...(halah gk penting) [8D]

kalo foto gedung yg ada di belakang monumen pesawat F86 sabre itu kantor Gubernur riau yang baru..


   http://t.indoflyer.net/320789


Zie -> RE: PKU-CGK PK-RAY Avro RJ-100 Bonus Airport RGT & Tempuling serta Sabre TS-8622 (09/4/2010 15:38:24)

Capt Ral nya siapa om?


   http://t.indoflyer.net/320789


pkpjn2000 -> RE: PKU-CGK PK-RAY Avro RJ-100 Bonus Airport RGT & Tempuling serta Sabre TS-8622 (12/4/2010 18:28:51)

quote:

[image]http://i292.photobucket.com/albums/mm37/latlon/PKU-CGK%20PK-RAY/DSCF3357.jpg[/image]


wah2, sabrenya udah ganti kelir(cat) terakhir masih dengan warna aseli ditambah strip hitam dekat inlet.
hemm2, gedung perpustakaan baru sepertinya itu? Rancak bana..~~


   http://t.indoflyer.net/320789


Zie -> RE: PKU-CGK PK-RAY Avro RJ-100 Bonus Airport RGT & Tempuling serta Sabre TS-8622 (17/4/2010 12:34:50)

Avro RJ-100 sama ATR-72 500 enakan mana om?


   http://t.indoflyer.net/320789


Page: [1]



Forum Software © ASPPlayground.NET Advanced Edition 2.4.2
0.03125