http://t.indoflyer.net/314374
Bontang punya bandara baru sekitar tahun 2014 !! (Full Version)

All Forums >> [AVIATION SECTION] >> Dunia Penerbangan



Message


ridho_214 -> Bontang punya bandara baru sekitar tahun 2014 !! (21/2/2009 12:59:36)

[8|][8|] denger-denger, tahun 2014 bandara bontang yang baru akan selesai ! Y, bandara baru ini katanya akan menggantikan airport badak NGL. Saya juga pernah dengar katanya dapat menampung 3 pesawat jenis dehavilland dash 7, 2 pesawat jenis dehavilland dash 8, 5 pesawat jenis ATR 72-500. Klu gak salah, radarnya sampai dekat bandara samarinda !![X(] ad juga yg menyebut bisa menampung 10 pesawat boeing 737-900 !![8|] denger-denger, runwaynya 3 km.[:o][:o][:o][:o][:o][:o][:o][:o]


   http://t.indoflyer.net/314374


y0yo -> RE: Bontang punya bandara baru sekitar tahun 2014 !! (21/2/2009 13:20:20)

wah beneran nih om???
yang bakal ngebiaya'in siapa tuh??


   http://t.indoflyer.net/314374


mattheuw -> RE: Bontang punya bandara baru sekitar tahun 2014 !! (21/2/2009 14:02:54)

wah..
itu bandara yg di Sekambing??
on progress tuh kyknya..[:)]
tp saya ga stuju klo bandara LNG di non aktifkan.[:@]
krna bndra itu paling dkat dgn bontang.
sekambing??
jauh bgt..


   http://t.indoflyer.net/314374


lionair -> RE: Bontang punya bandara baru sekitar tahun 2014 !! (21/2/2009 14:24:16)

Wow 10 739, cukup besar juga...


   http://t.indoflyer.net/314374


egia -> RE: Bontang punya bandara baru sekitar tahun 2014 !! (21/2/2009 21:05:26)

@ridho_214 : hmm... sumber dari mana om ? 2014, kok rasanya jauh sekali ? Kalau tidak salah target awal 2010 beroperasi, namun saat ini telah diundur tetapi IMHO tidak sejauh itu. Untuk peralatan navigasi komunikasi dll, ada sebagian alat yang saat ini dipakai di Bandara PT Badak akan disumbangkan ke bandara baru tersebut. Runway 3000m ? Beyond belief ah. Tidak perlu Bontang membuat runway sepanjang itu. [;)]

@mattheuw : Jauh sih jauh.. Cuman, saat ini, bandara PT Badak dianggap sudah tidak memadai untuk ke depannya. Dengan landasan yang pendek dan lokasi yang kurang sesuai menjadikan pembuatan Bandara baru di Sekambing merupakan alternatif lain. Lagipula, kalo saja terjadi accident pada plant dan sampai terjadi major accident di plant, maka Kota Bontang akan hancur dan hilang dari permukaan bumi.


   http://t.indoflyer.net/314374


didit_dash 7 -> RE: Bontang punya bandara baru sekitar tahun 2014 !! (21/2/2009 21:29:51)

ada sumber link berita nya om?????

memang benar yag dikatakan egia..rencana sekitar thn 2010...BXT akan punya bandara baru di Sekambing ex venues PON Kaltim....fotonya segera menyusul...insyaallah akan saya uplod di forum ini....[:D]


   http://t.indoflyer.net/314374


egia -> RE: Bontang punya bandara baru sekitar tahun 2014 !! (21/2/2009 21:31:39)

Sebenernya sejauh apa perkembangannya sekarang ? Setahu saya terakhir tidak jadi digunakan sebagai venue PON due to landasan yang becek (?).


   http://t.indoflyer.net/314374


didit_dash 7 -> RE: Bontang punya bandara baru sekitar tahun 2014 !! (21/2/2009 21:45:09)

Venues PON...Kaltim...memang proyek yg berantakan..namun Lapangan terbang Venus PON di Bontang lestari ada menara control, taxiway(kerikil), hangar(dari beton), & kantor administrator, di sini juga terdapat runway yg sudah terbuat dari beton..namun tidak terlalu panjang....[:D]


   http://t.indoflyer.net/314374


ridho_214 -> RE: Bontang punya bandara baru sekitar tahun 2014 !! (22/2/2009 13:43:04)

Saya baru denger 15 Februari 2009 ! Saya kebetulan sedang menuju BPP, saya duduk di kursi 7b dan ada orang disamping kanan saya ( tepatnya di kursi seberang ) saya dengar bandara bontang yg baru bakal selesai tahun 2014 ![&o][&o] ya saya juga dengar bandaranya dapat menampung berapa pesawat ! tapi kemarin saat saya kembali ke BXT, saya tanya ke salah satu petugas, ternyata bandara di sekambing memang lebih besar di bandin airport Badak, tapi tidak bisa menampunk 10 boeing 737-900 ! katanya, radarnya juga sampai sangatta saja !! petugas itu juga berkata bahwa bandara itu jadi sekitar tahun 2010 akhir !! Tapi ya saya belum begitu yakin, apa betul ?[8|][8|][8|][8|][8|][8|][8|]

[image]local://upfiles/7011/79CBEDC67AA248FEAB51DAB2A03BA5D6.jpg[/image]


   http://t.indoflyer.net/314374


GerryAirways -> RE: Bontang punya bandara baru sekitar tahun 2014 !! (22/2/2009 14:13:49)

WARNING!!!
Mas Ridho, mohon baca PM anda.

Thank you,

Gerry
KaDiv Forum


   http://t.indoflyer.net/314374


esther -> RE: Bontang punya bandara baru sekitar tahun 2014 !! (22/2/2009 18:42:14)

Iya saya juga pernah baca dari source forum tetangga http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=559233&page=7

========================

berikut artikel terkait :

Minggu, 4 Januari 2009
Bandara Bontang Lestari Ditarget 2011

BONTANG- PEMKOT Bontang menargetkan tahun 2011 Bontang akan memiliki bandara baru. Menurut rencana, bandara itu akan dibangun di Bontang Lestari, di lahan yang sebelumnya menjadi landasan pacu terbang layang saat pelaksanaan PON XVII lalu. Bandara itu juga dimaksudkan sebagai pengganti bandara khusus yang kini dimiliki PT Badak NGL.

“Kita berharap rencana bandara di Bontang Lestari itu bisa terealisasi sesuai target. Jika tidak meleset dari rencana, pembangunan bandara bisa rampung 2011 mendatang,” kata Sekkot Bontang H Adi Darma. Saat ini tambahnya, pemkot tengah mengurus semua perizinan ke pemerintah pusat.

Dijelaskannya sebagai bentuk keseriusan agar Bontang memiliki bandara yang dapat didarati pesawat berbadan lebar, pemkot sudah mendatangkan pejabat Direktorat Perhubungan Udara Departemen Perhubungan (Dephub) ke Bontang Lestari untuk melihat sekaligus melakukan studi kelayakan. Saat peninjauan lokasi, tim Direktorat Perhubungan Udara didampingi manajemen PT Badak NGL, termasuk Wakil Wali Kota Sjahid Daroini.

Dari hasil pemantauan tim, Adi mengutip ada beberapa hal yang mendapat perhatian. Misalnya persyaratan yang harus dipenuhi untuk membangun bandara. Antara lain, lokasinya harus terbuka, tidak ada gangguan gunung, arah angin dan tanahnya juga harus datar," sebut Marlothar, satu dari sekian anggota tim Dirjen Perhubungan Udara.

Sudah menjadi ketentuan, sebelum bandara dibangun harus dilakukan studi kelayakan lokasi yang mencakup beberapa aspek. Di antaranya aspek teknis, operasional, ekonomi, lingkungan dan angkutan udara. "Hal-hal itulah yang nantinya menjadi acuan dalam studi kelayakan untuk pembangunan bandara. Jika dinilai layak, maka pembangunan bandaranya bisa dilakukan," kata Adi meniru ungkapan Marlothar.

Sesuai kesepakatan antara manajemen PT Badak NGL dan Pemkot Bontang lalu, perusahaan pengolah gas alam cair terbesar di dunia ini mendukung sepenuhnya pembangunan bandara di Bontang Lestari.

Bentuk dukungannya yakni bersedia menutup bandara khusus PT Badak NGL, jika bandara Bontang Lestari mulai beroperasi. Alasannya, karena bandara yang selama ini menjadi alat transportasi udara karyawan PT Badak NGL dan PT PKT itu tingkat kerawanan kecelakaannya cukup tinggi. Kanan-kiri bandara kini mulai dipadati bangunan rumah penduduk. (ms)
__________________


   http://t.indoflyer.net/314374


didit_dash 7 -> RE: Bontang punya bandara baru sekitar tahun 2014 !! (04/4/2009 15:29:51)

UPDATE TERBARU

Pemkot Mulai Studi Kelayakan Bandara

Jumat, 3 April 2009 | 22:49 WITA

BONTANG - Pemkot Bontang memulai feasibility study atau studi kelayakan bandar udara (Bandara) yang akan dibangun di Kota Bontang. Pembahasan awal oleh konsultan studi kelayakan PT Tridaya Pramudia dilakukan di Ruang Bessai Berinta Balai Kota Bontang, Jumat (3/4). Hadir Wakil Wali Kota Sjahid Daroini, Sekkot Adi Darma, Assisten I Setkot dan Kepala Bappeda Irawan Priyantoro.

Dari PT Badak NGL hadir Kahupmas Rudy S Kadir dan sejumlah karyawan dari Bandara PTB. Direktur Teknik dan Pengembangan PKT Robby Subianto juga hadir didampingi Kepala Departemen Humas PKT Teddy Nawardin. Irawan yang menjadi moderator menjelaskan, proses pelelangan untuk studi kelayakan dilaksanakan sejak Januari 2009 dan pada 5 Maret 2009, tanda tangan kontrak pekerjaan yang berlangsung selama 5 bulan.

"Berdasarkan jadwal, Agustus 2009 sudah selesai. Setelah ada hasil studi yang menyatakan layak, maka kita baru bisa masuk ke tahap selanjutnya yakni penyusunan master plan dan DED (Detail Enggineering Design)," katanya. Direktur Teknis PT Tridaya Pramudia Bambang Susilo, dalam presentasi menjelaskan, latar belakang studi kelayakan tersebut adalah kondisi penerbangan Kota Bontang yang selama ini masih bersifat khusus untuk karyawan atau keluarga karyawan PTB dan PKT.

Sementara, kebutuhan masyarakat umum Kota Bontang akan transportasi udara belum bisa terlayani dengan baik. Di samping itu, perlunya pengembangan bandara baru di Kota Bontang karena kondisi bandara PTB yang berada di tengah kota tidak memungkinkan untuk dikembangkan.

Dalam menyusun studi kelayakan, konsultan menggunakan sejumlah referensi Undang-Undang dan peraturan lainnya seperti Peraturan Pemerintah (PP), Keputusan Presiden (Kepres) dan Keputusan Menteri (Kepmen) yang terkait dengan bandara dan aturan penerbangan nasional.
Bambang menjelaskan hasil akhir dari studi kelayakan tersebut adalah rencana lokasi bandara baru yang dinilai layak dari aspek teknis, aspek operasi dan keselamatan penerbangan serta aspek lingkungan hidup. Di samping itu, kelayakan bandara baru Kota Bontang akan ditinjau dari aspek pengusahaan jasa angkutan udara dan aspek ekonomi serta finansial.

Data awal yang diterima konsultan, dalam setahun, penumpang pesawat Dash 7 yang berangkat dari Bandara PTB ke Balikpapan berkisar 21.000 sampai 22.000 orang. Jika hanya menggunakan angka jumlah penumpang tersebut, maka dari aspek kelayakan, bandara di Kota Bontang tidak layak dibangun karena tidak memenuhi ketentuan pemerintah tentang batas minimum jumlah penumpang untuk bandara tersier yakni 500.000 sampai 1 juta penumpang per tahun.

"Kalau di bandara PTB, sehari ada dua pesawat Dash 7 yang beroperasi. Kalau menggunakan data jumlah penumpang di sana, bandara tersier saja belum cukup. Jumlah penumpang yang masih terbatas itu tidak bisa menjadi patokan karena status bandaranya khusus dan tidak ada persaingan airlines. Kalau buka bandara umum, pasti jumlah penumpang lebih besar," ujarnya.
Inilah salah satu tugas konsultan yang akan menghitung jumlah penumpang yang diperkirakan akan menggunakan pesawat melalui bandara Bontang sampai 20 tahun kedepan.

Bambang mengatakan, kalau jumlah penumpang lebih besar dari yang diperkirakan, maka pembangunan bandara bisa saja diusulkan untuk dipercepat. Sebaliknya, jika penumpang lebih rendah dari yang diperkitrakan, maka pembangunan bandara bisa diusulkan untuk ditunda.

Bambang juga memberikan ilustrasi pembangunan bandara yang tidak layak di salah satu daerah di Indonesia agar menjadi gambaran untuk tidak memaksakan pembangunan bandara jika memang tidak layak, karena bisa berdampak fatal bagi keselamatan banyak pihak. (asi)

Sumber Tribun Kaltim


   http://t.indoflyer.net/314374


didit_dash 7 -> RE: Bontang punya bandara baru sekitar tahun 2014 !! (04/4/2009 15:32:31)

UPDATE TERBARU

Penumpang Pesawat dari Bontang 22.000 Orang per Tahun

Jumat, 3 April 2009 | 10:05 WITA

* Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Basir Daud

BONTANG- Informasi awal yang didapatkan dari penerbangan dua pesawat Dash 7 dari Bandara PT Badak NGL, jumlah penumpang per tahun mencapai 21.000 sampai 22.000 orang.

"Hitungannya dalam sehari ada dua pesawat yang selama ini dicarter oleh PTB," ujar Bambang Susilo, Direktur Teknis PT Tridaya Pramudia, konsultan feasibility study bandara Kota Bontang, Jumat (3/4) dalam laporan pendahuluan penyusunan feasiblity study di ruang bessai berinta.

Ia mengatakan, dengan jumlah tersebut potensi penumpang bandara sangat kecil. Hal tersebut disebabkan karena bandara yang selama ini beroperasi di Bontang bersifat bandara khusus sehingga terbatas dengan penumpang umum. Untuk memprediksi potensi penumpang bandara umum Kota Bontang.

"Inilah salah satu parameter yang akan kami kaji dalam kelayakan ekonomi dan finansial," ujarnya. Sebelumnya Kepala Bappeda Irawan Priyantoro mengatakan. FS bandara Bontang dilakukan selama lima bulan dan akan berakhir Agustus 2009.(*)

Sumber Tribun Kaltim


   http://t.indoflyer.net/314374


didit_dash 7 -> RE: Bontang punya bandara baru sekitar tahun 2014 !! (04/4/2009 15:35:47)

quote:

ORIGINAL: didit_dash 7

"Hitungannya dalam sehari ada dua pesawat yang selama ini dicarter oleh PTB," ujar Bambang Susilo, Direktur Teknis PT Tridaya Pramudia, konsultan feasibility study bandara Kota Bontang, Jumat (3/4) dalam laporan pendahuluan penyusunan feasiblity study di ruang bessai berinta.



berita ini harus nya di Ralat, karena tidak benar PTB mencarter 2 pesawat Dash7. Yang benar semestinya 1 yang di carter PTB(PK-PSW), dan 1 milik Pupuk Kaltim (PK-PKT). [:)]


   http://t.indoflyer.net/314374


asterix -> RE: Bontang punya bandara baru sekitar tahun 2014 !! (05/4/2009 0:16:40)

wah,...pswt guwe yg gede bangetz ini gak hanya fly pass / overhead doang dunk,...bisa langsung mampir ,..kekekeke,..[8D][:D][:-]

[image]http://i161.photobucket.com/albums/t203/asterix_2007/pertamina_tanker_11.jpg[/image]

just intermezo,...


   http://t.indoflyer.net/314374


wandanih -> RE: Bontang punya bandara baru sekitar tahun 2014 !! (05/4/2009 16:05:46)

lho buat apa dibikin bandara baru, sepanjang bpn - sanggata bukan nya ada banyak bandara2 kecil?
& Seinget gw bontang jg dah ada landasan sendiri deh.


   http://t.indoflyer.net/314374


egia -> RE: Bontang punya bandara baru sekitar tahun 2014 !! (05/4/2009 16:48:30)

quote:

ORIGINAL: wandanih

lho buat apa dibikin bandara baru, sepanjang bpn - sanggata bukan nya ada banyak bandara2 kecil?
& Seinget gw bontang jg dah ada landasan sendiri deh.


Karena bandara saat ini, yaitu Bandar Udara PT. Badak (BXT) sudah tidak feasible. Landasan yang terlalu pendek dan posisi yang terlalu dekat dengan hazard spot (Plant PT Badak), sedangkan untuk perpanjangan landasan sendiri saat ini tidak dimungkinkan, dimana di satu sisi jika diperpanjang terhalang oleh Golf Course sedangkan pada sisi lainnya telah mengenai lahan milik penduduk .

Memang sepanjang BPN sampai Tanjung Bara, ada beberapa airport .
Balikpapan, dengan Sepinggan (BPN), dapat dicapai dari Bontang selama 6 jam perjalanan (sekitar 300km). Medan jalan berbelok-belok dan naik-turun.

Samarinda, dengan Temindung (SRI), dapat didarati oleh ATR42, dapat dicapai dari Bontang selama 3 jam perjalanan (sekitar 120km). Medan jalan berbelok-belok dan naik turun, beberapa ruas jalan rusak sedang. Ketika musim hujan kota sering terendam, termasuk bandara, hingga apron dan gedung terminal terendam air sehingga operasi penerbangan lumpuh.

Muara Badak, dengan Bandara VICO Indonesia, pernah didarati F50 Riau Airlines, dapat dicapai dari Bontang selama 4-5 jam perjalanan (sekitar 160km), kondisi jalan 80km terakhir rusak parah, kota kecil tanpa aktivitas berarti. Itulah mengapa bandara ini tidak dipergunakan untuk operasi penerbangan umum.

Sanggata, dengan Bandara Tanjung Bara PT.KPC, berjarak 60km dari Bontang namun dengan kondisi jalan yang rusak berat, memerlukan waktu kurang lebih 4 jam untuk bisa sampai ke Sanggata. Bandara termasuk kecil, didarati secara rutin oleh C212 Airfast. Tidak terjangkau dari Bontang.

Nah, maka dari itu, dianggap perlu untuk membangun sebuah bandara baru di Sekambing untuk menggantikan bandara PT Badak saat ini .


   http://t.indoflyer.net/314374


asterix -> RE: Bontang punya bandara baru sekitar tahun 2014 !! (05/4/2009 17:37:09)

wah kumplit nih study case dari mas egia,......bisa dunk ikutan proyek pengembangan bandara,.......untuk bagian environment analysis ,.....kekekekeke,....[8D][:-]

info bagus,...tuh,......thanks.


   http://t.indoflyer.net/314374


wandanih -> RE: Bontang punya bandara baru sekitar tahun 2014 !! (06/4/2009 19:47:05)

Klo menurut gw sih, ada banyak bgt yg kudu dibenerin klo semisal nya jadi dibuat bandara di bontang.
- Karena dari samarinda s/d tanjung bara semua bandara nya make freq yg sama (129.7)..
- Deket bgt ama tambang KPC men... orang sono kan sering make explosive bwt nambang.
- nah klo mo maen vector gimana jg tuh... bnyk banget yg ngalor ngidul visual disana (pelita, airfast, susi, kalstar, dkk)

sekalian agak oot nih... IMHO & CMIIW arti nya apa ya?


   http://t.indoflyer.net/314374


egia -> RE: Bontang punya bandara baru sekitar tahun 2014 !! (06/4/2009 21:59:49)

Kalo untuk masalah lokasi yang berdekatan dengan tambang KPC, yah sampai saat ini Bandara Tanjung Bara pun masih sehat selamat sentosa, padahal lokasi bener-bener deket sama KPC . Setahu saya Sekambing itu justru lebih jauh dari Sangatta dibanding sama letak Bontang saat ini.

Untuk vectoring, saya rasa nanti semua dapat teratasi. Saat ini, dengan approach yang harus membelok tajam dikarenakan adanya hazard spot pun bisa berlangsung dengan aman. Saat ini pun sejak take-off di Tanjung Bara OCC dipegang kendali oleh Bontang Tower sampai saatnya hand-off ke Balikpapan App . Jadi, untuk permasalahan vectoring saya rasa bukan masalah berarti .

IMHO : In My Humble Opinion
CMIIW : Correct me If I'm wrong


   http://t.indoflyer.net/314374


Page: [1]



Forum Software © ASPPlayground.NET Advanced Edition 2.4.2
0.09375