http://t.indoflyer.net/259344
FSX, Landing tutorial with ILS (B737-800) (Full Version)

All Forums >> [FLIGHT SIMULATOR SECTION] >> Forum Desktop Pilot



Message


L21 -> FSX, Landing tutorial with ILS (B737-800) (30/9/2008 12:20:50)

Buat temen2 para pencinta aviation Game yang masih Newbi, disini skrg gw cuma mau sharing gimana caranya belajar landing dengan ILS pada pesawat boeing 737-800 di Flight Simulator X.

Penerbangan ini akan dimulai (take off) dari Doha intl. Airport di negara Qatar,Timur tengan, dan akan mendarat di Runway yang sama,
Doha intl. Airport memiliki runway sepanjang 5.000 Meter (gw ukur manual dari dari GE) ini menjadi salah satu pilihan buat para pilot meja yang baru belajar untuk mendaratkan pesawatnya.

ok, pertama kita masuk ke option free Flight seperti pada gambar, lalu klik fly now:
[image]http://i227.photobucket.com/albums/dd132/xintink/fsxt001.jpg[/image]



ini adalah virtual cokpit dalam keadaan normal/default:
[image]http://i227.photobucket.com/albums/dd132/xintink/fsx001t-1.jpg[/image]



Klik map (tanda panah) maka akan muncul seperti ini:
[image]http://i227.photobucket.com/albums/dd132/xintink/fsxt004copy-1.jpg[/image]

pada gambar diatas yang gw kasih garis merah adalah arah Heading pesawat (336 degree).
Klik pada lambang Runway (garis hijau /middle maker) di map dan akan muncul gambar informasi ILS dari Runway tersebut seperti ini:

[image]http://i227.photobucket.com/albums/dd132/xintink/fsxt002.jpg[/image]


Belajar Landing dg ILS kali ini gw ngga jelasin caranya take off, karena semuanya udah gw posting di halaman belakang,
Jadi sekarang kita angsung mulai dari udara pd ketinggian 5.000ft,

caranya dg mouse, tarik mundur gambar pesawat tadi sejauh kira2 35Km, dan isi option altitude (disesuaikan dg seberapa jauh kalian menarik pesawat dari posisi awal),heading (dari map ILS information), dan airspeed lalu klik OK:

[image]http://i227.photobucket.com/albums/dd132/xintink/fsxt003-1.jpg[/image]


[image]http://i227.photobucket.com/albums/dd132/xintink/2008-9-29_22-53-25-957copy002.jpg[/image]

Setelah pesawat berada di udara, tekan pause (P key) untuk mengatur cockpit yang disesuaikan dg fasilitas informasi di MAP tadi,

Kemudian masukan frequensi ILS untuk Doha Intl, pada RadioHead (109.50 Mhz), aktivkan NAV1,

[image]http://i227.photobucket.com/albums/dd132/xintink/2008-9-29_23-23-2-189copy.jpg[/image]




[image]http://i227.photobucket.com/albums/dd132/xintink/fsx004TutorialLandingILSFSX.jpg[/image]


capture Localizer dan Glideslope dengan mengalihkan Switch dari GPS ke Nav lalu tekan APP
[image]http://www.airwaytechnology.com/product/images/ils02.jpg[/image]

Localizer
[image]http://www.flightsimbooks.com/13mike-vfr/181-1.jpg[/image]



Glideslope
[image]http://www.flightsimbooks.com/flightsimhandbook/308-1.jpg[/image]





[image]http://i227.photobucket.com/albums/dd132/xintink/fsx005TutorialLandingILSFSX.jpg[/image]




Pada ketinggian kira2 150ft,
Set speed hold ~150-160 KIAS
set flap full (press F8)
Landing Gear Down (press G key)
Landing Light on (press L / Shift+L)
[image]http://i227.photobucket.com/albums/dd132/xintink/fsx006TutorialLandingILSFSX.jpg[/image]



Next, pada ketinggian ~ 200-400ft dari Runway,
Auto pilot Disenggage (press Z key) kemudian lanjutkan Landing secara manual, (disini kalo mau di terusin sampe touch down juga gpp tapi ntar bakalan "Gubrak")
Auto Thortle atau A/T Arm off (press Shift+R)
[image]http://i227.photobucket.com/albums/dd132/xintink/fsx007TutorialLandingILSFSX.jpg[/image]

[image]http://i227.photobucket.com/albums/dd132/xintink/fsx013TutorialLandingILSFSX.jpg[/image]
[image]http://i227.photobucket.com/albums/dd132/xintink/fsx009TutorialLandingILSFSX.jpg[/image]
[image]http://i227.photobucket.com/albums/dd132/xintink/fsx011TutorialLandingILSFSX.jpg[/image]
[image]http://i227.photobucket.com/albums/dd132/xintink/fsx010TutorialLandingILSFSX.jpg[/image]



OK, setelah Touch down,
Speed brake on (press /? key)
Reverse Thortle (press "Page Down" key)
press brake (.)
[image]http://i227.photobucket.com/albums/dd132/xintink/fsx016TutorialLandingILSFSX-1.jpg[/image]





[image]http://i227.photobucket.com/albums/dd132/xintink/fsx015TutorialLandingILSFSX.jpg[/image]

After landing chek list,
Turn the light off (press L)
Retrace: thortle (press F1) Flaps (F5)
set Parking Brake (Ctrl+.)
After Landing cheklist Complete.

Buat para Pemula di Flight Simulator, semoga ini bisa bermanfaat,.
Buat para Captain yg udah profesional silahkan di benerin kalo ada yang salah, dan di tambahin kalo ada yang kurang,.Trims,.


   http://t.indoflyer.net/259344


adrian_octa -> RE: FSX, Landing tutorial with ILS (B737-800) (30/9/2008 13:28:23)

Thx bro !
working with fs9 ??


   http://t.indoflyer.net/259344


Yohannes -> RE: FSX, Landing tutorial with ILS (B737-800) (30/9/2008 13:56:07)

Landing light nyalakan kalau udah dibawah 1,500 feet.

Flaps turuninnya perlahan-lahan aja. Jangan flapless ampe 150 knots, bisa stall pesawatnya ntar. Kalau udah 200 knots, flap 5-an, kalau udah 160an, flaps 25, sampe 150an kebawah baru flaps full.


   http://t.indoflyer.net/259344


GerryAirways -> RE: FSX, Landing tutorial with ILS (B737-800) (30/9/2008 20:03:06)

Iseng kritik usil...
1. 340KIAS @ below 10,000ft? You speed demon!
2. Buset, tuh pesawat landing segitu berat in real life jebol dah... berat bener diisi fuelnya...

BUT... good lah, buat mulai mengerti landing pake ILS bagaimana caranya... Prinsipnya sama kok...

quote:

Auto pilot Disenggage (press Z key) kemudian lanjutkan Landing secara manual, (disini kalo mau di terusin sampe touch down juga gpp tapi ntar bakalan "Gubrak")

Tergantung modelnya & berat pesawatnya berapa... ada yang model FS nya kalo autoland bener2 bikin pesawat rontok... ada yang autoflarenya ada kalo autoland...

quote:

Pada ketinggian kira2 150ft,
Set speed hold ~150-160 KIAS
set flap full (press F8)
Landing Gear Down (press G key)
Landing Light on (press L / Shift+L)

Recommendednya:
220kts about 2000ft - 4000ft at 10 - 20NM to touchdown...
Intercept localizernya dulu... slow down 180kts, flap 5 - 10
Pas glideslope dah 1 dot diatas kita (masih di 2000ft), flap 15, gears down, speed select ke 170KIAS
Pas intercept, stable dan masih diatas 1000ft, select flaps 30 then/or 40, slow down 140 - 150 knots...

dan untuk:
quote:

Buat temen2 para pencinta aviation Game yang masih Newbi, disini skrg gw cuma mau sharing gimana caranya belajar landing dengan ILS pada pesawat boeing 737-800 di Flight Simulator X.

Buat Newbie, this is a nice and simple tutorial untuk diikuti...

Thanks L21... [:)]

Gerry


   http://t.indoflyer.net/259344


Yohannes -> RE: FSX, Landing tutorial with ILS (B737-800) (30/9/2008 20:32:02)

Oh iya, lupa nambahin,

Sebelum mendarat, kalau gak mau repot2 teken brake (period atau titik), biasanya seperti di real-lifenya, autobrake kita select ke 1,2,3,atau MAX. Biasanya ke 2 aja cukup kok.

Lalu spoiler bisa di-drop secara otomatis (arm autospoiler) dengan menekan shift + / sebelum mendarat.


   http://t.indoflyer.net/259344


L21 -> RE: FSX, Landing tutorial with ILS (B737-800) (30/9/2008 21:37:02)

Thanks buat para Captain untuk koreksinya, Itulah gunanya sharing., [8D]


   http://t.indoflyer.net/259344


Ferdi_United -> RE: FSX, Landing tutorial with ILS (B737-800) (01/10/2008 22:48:19)

quote:

Thx bro !
working with fs9 ??


Yup...mostly they use a same technics bro...[:D]


   http://t.indoflyer.net/259344


qiancai -> RE: FSX, Landing tutorial with ILS (B737-800) (02/10/2008 21:12:18)

mo tanya dong!
kok pada saat mode freeflight di FSX misalnya dr Soekarno - Changi int'l, ATC tdk memandu arah kita sih dr awal sampai ketempat tujuan?. selain itu Nav1 utk Changi int'l Airport yg telah diaktifkan tdk memberikan pesan morse & memandu autopilotnya menuju bandara Changi walaupun Freq ILSnya sudah benar? [:(]


   http://t.indoflyer.net/259344


Yohannes -> RE: FSX, Landing tutorial with ILS (B737-800) (02/10/2008 21:20:30)

Untuk mendengar pesan morse... tekan tombol NAV1 yang ada di panel radio stack.

Kalau masih gak terdengar... itu berarti anda berada jauuuuuh sekali dari bandara Changi, alias frekuensinya masih belum nyampe ke pesawat anda [:D]

Untuk mendapat panduan ATC FSX, anda harus memulai IFR flight, mulai dari membuat flight plan (klik tombol flight planner yang ada di sekumpulan tab yang ada di tengah2). Barulah ATC FSX akan memandu anda sesuai dengan flight plan yang dibuat.


   http://t.indoflyer.net/259344


injun -> RE: FSX, Landing tutorial with ILS (B737-800) (02/10/2008 21:44:28)

sedikit TRIK mungkin membantu buat APP to LAND with ILS...

per kalian 3...adalah metode mutakhir sepanjang jaman dengan pesawat apapun..

*pertama tama kalau anda bermain ONLINE (FOLLOW ATC)..last LEVEL OFF alias altitude terahir anda berapa?
ataw kalau anda bermain FREE game...anda putuskan mau LEVEL OFF terahir di mana...

*lalu gunakan GPS...untuk melihat berapa MILES anda ke TOUCHDOWN..or (AIRPOT..****msi ga beda jauh),sukur2 ILS nya keluar DME nya

>>
kita beri contoh..
anda di putuskan/memutuskan untuk LEVEL OFF di 3000 FEET

GUNAKANLAH PERKALIAN 3 denga BIJAK [8D] pas descend...

SPEED 250 below 10 000 FEET keliahatannya cukup sopan..buat temen temen traffic dan ATC

start reducing 220 or 230 sah sah aja 1000 feet seblom last assign ALTITUDE (contoh tadi 3000 feet)

now LEVEL OFF at 3000'..and U CLEAR FOR APPROACH (****msi CAPTURE LOC or BELOM ga masalah )

3000 X 3 = 9 mile.
jadi ****msi anda,anda akan START leaving 3000 di 9 mile dari TOUCHDOWN/AIRPOT (bisa anda crosschek kalo anda memilik CHART ILS..kapan anda mulai desend follow GLIDESLOPE)..lliat altidtude seblom descent..kali lah 3...angkanya mirip mirip)))

kapan FLAPS?

ketika anda LEVELOFF 3000 dan anda tahu akan leaving 9 miles
always cek your DME..(jarak ke touchdown)

9 mile tadi...kita tambahkan 5-6 miles...(buat decelerrate dari speed 220 ke GEARDON speed)
tarolah 15 MILES...

jadi..15 miles...kita SELECT FLAP 1>>>>reduce SPEED to 200/190

ketika speed mencapai 200/190....>>>>>SELECT FLAP 5>>>>reduce SPEED to 180/170

MUDAH MUDAHAN ketika speed anda mencapai 180/170>>GLIDE SLOPE MULAI BERGERAKL PERLAHAN KEBAWAH (GLIDESLOPE ALIVE!!)

KETIKA GLIDE SLOPE SEKITAR 1 SETENGAH DOT DIATAS >>>GEAR DOWN lalu FLAPS 15 >>REDUCE SPEED 160/1

KETIKA GLIDESLOPE CAPTURE (initial start DESCENT)>>>SELECT FLAPS 25 >>REDUCE SPEED ke 150

begitu ESTABLISHED DESCENT BY GLIDE SLOPE (maintain VSI DOWN)..FLAPS 30/40....>>>see LANDING SPEED kalo blom ada tabel or blom bisa cari...AVARAGE flaps 40 (138-145) generally ajah..


and..HAPPY LANDING !!

NOTE >>CONTOH or TRIK di ATAS buat contoh di 3000...kalo anda LEVEL di 2000 tentu lain lagi..JARAK untuk FLAPS etc etc...
jadi initial FLPAS tinggal ALT X 3 ditambah 5 miles...


mungkin membantu


-injun-


   http://t.indoflyer.net/259344


Yohannes -> RE: FSX, Landing tutorial with ILS (B737-800) (02/10/2008 22:24:32)

Wah terima kasih banyak atas ilmunya mas Injun! [sm=bravo.gif]

Berlaku buat Airbus & Boeing kan? [8D] (ehehehe... soalnya pake flaps 1-2-5-10-15-25-30-40)


   http://t.indoflyer.net/259344


injun -> RE: FSX, Landing tutorial with ILS (B737-800) (02/10/2008 22:30:23)

oh iya..sorry mas YOHANES..yg diatas berlaku untuk 737 dan skitarnya...(karena setingan flaps yg saya berikan)
AIRBUS...ntar ya blom catch APP nya euy...STBY we call u back ! hhehehehe
kurang leih sama...hanya saja KONFIGURASI FLAPSnya

KANG TUMPIEEE !!! ditunggu,,,

-injun-


   http://t.indoflyer.net/259344


Rinaldi -> RE: FSX, Landing tutorial with ILS (B737-800) (03/10/2008 8:44:58)

Thanks Jun untuk sharing ilmunya.[:)]

Sharing udah, tinggal kita tunggu Injun OL di IVAO aja neh[:D]


   http://t.indoflyer.net/259344


Ferdi_United -> RE: FSX, Landing tutorial with ILS (B737-800) (03/10/2008 13:36:22)

Hahaha...iya nih Mas Injun...kita tungguin di IVAO yaaa...

Anyway rumusnya Injun pateeeeeeen...haha[:D]


   http://t.indoflyer.net/259344


qiancai -> RE: FSX, Landing tutorial with ILS (B737-800) (08/10/2008 0:51:04)

quote:

ORIGINAL: Yohannes

Untuk mendengar pesan morse... tekan tombol NAV1 yang ada di panel radio stack.

Kalau masih gak terdengar... itu berarti anda berada jauuuuuh sekali dari bandara Changi, alias frekuensinya masih belum nyampe ke pesawat anda [:D]

Untuk mendapat panduan ATC FSX, anda harus memulai IFR flight, mulai dari membuat flight plan (klik tombol flight planner yang ada di sekumpulan tab yang ada di tengah2). Barulah ATC FSX akan memandu anda sesuai dengan flight plan yang dibuat.


iya, mmg ketika sdh mulai mendekati bandara yg dituju Freq ILS-nya bekerja & morsenya jg bunyi, tp terkadang walaupun sdh di click autopilot Nav1 toh ujung-ujungnya Nav1 nya na pnh jln (utk Changi int'l Airport yah!), mau tdk mau hrs dikendalikan scr manual.

lebih parah lg :

dah hard landing,

ban depan patah,

mendarat di rmh penduduk,

kecebur di danau pula lg [X(] 100deh

dasar pilot amature an !!![:'(]

ngomong2, mayoritas penghuni Indoflyer dah pd bs memahami instrumen panel pesawat & bs soft landing ya?
wah hebat yah !!! bagi yg dah memiliki jam terbang tinggi mohon bimbingannya ya![8D]


   http://t.indoflyer.net/259344


brams -> RE: FSX, Landing tutorial with ILS (B737-800) (08/10/2008 14:41:14)

Terima kasih OOm injun ini yah ditunggu-tunggu saya selama ini............[sm=jempol.gif]

- salam sukses.


   http://t.indoflyer.net/259344


Ferdi_United -> RE: FSX, Landing tutorial with ILS (B737-800) (10/10/2008 12:01:45)

quote:

iya, mmg ketika sdh mulai mendekati bandara yg dituju Freq ILS-nya bekerja & morsenya jg bunyi, tp terkadang walaupun sdh di click autopilot Nav1 toh ujung-ujungnya Nav1 nya na pnh jln (utk Changi int'l Airport yah!), mau tdk mau hrs dikendalikan scr manual.


Sedikit nambahin buat ILS Landing (For Boeing 737 Classic)

Auto Land by ILS System :

Cara ILS landing menggunakan default FS aircraft:
1. Ambil ancang-ancang sekitar 15 mil dari landasan. Arahkan pesawat ke landasan yang dituju
2. Set NAV1 frequency dengan freq ILS yang dimaksud
3. Set altitude ke 2500ft
4. Jangan lupa set flaps 30 atau 40 sesuai kebutuhan
5. Juga sesuaikan speed pesawat (set sekitar 140kts)
6. Kemudian jangan lupa set autobrake (skala 2 atau 3) & arm spoiler (tekan shift + "/")
7. Untuk capture localizer & glideslope, push tombol APP (tentunya Autopilot mode harus CMD terlebih dulu yah)
8. Setelah localizer captured, ... next tinggal tunggu G/S (glideslope) captured.
9. Kalo mau diterusin sampai touchdown, boleh aja sih... tapi pasti bakalan "gubraks" karena ILS landing by default FS tidak mensimulasikan "Flare".
10. Mendingan disengaged aja AP pada ketinggian sekitar 500ft... kemudian lanjutkan dengan handfly-landing...

- Approaching the glide slope slow to Vref, Get the landing gear down and landing flap extended

- Waktu glide slope and localizer diviation indicators nyala di EADI :

1. Tekan APP di MCP

2. Pastikan both autopilot are armed

After around 500 ft Auto pilot off aja, handy fly deh...


   http://t.indoflyer.net/259344


evanericsenliman -> RE: FSX, Landing tutorial with ILS (B737-800) (06/12/2009 17:41:58)

Mas, saya udah nurut. pake App dan lainnya. Tapi kok gak lurus ya ama runwaynya. Terus turun terus ke ground (Dasar komputer[>:][>:]). Tolong pencerahan yang lebih luas. Saya memakai 737-800 dari Hobart (YMHB) ke Kingsford Smith (YSSY). Tapi pas di YSSY, saya udah klik App tapi kok malah tambah lama tambah kebawah ya?[&:][X(][X(]? Makasih..[:)]


   http://t.indoflyer.net/259344


flyingplastic -> RE: FSX, Landing tutorial with ILS (B737-800) (06/12/2009 21:35:51)

quote:

ORIGINAL: Yohannes

Landing light nyalakan kalau udah dibawah 1,500 feet.

Flaps turuninnya perlahan-lahan aja. Jangan flapless ampe 150 knots, bisa stall pesawatnya ntar. Kalau udah 200 knots, flap 5-an, kalau udah 160an, flaps 25, sampe 150an kebawah baru flaps full.

Especially the heavies... Jangan coba 150 Knots, full load dengan T7, bisa matek dia...[:D]

quote:

ORIGINAL: Yohannes

Oh iya, lupa nambahin,

Sebelum mendarat, kalau gak mau repot2 teken brake (period atau titik), biasanya seperti di real-lifenya, autobrake kita select ke 1,2,3,atau MAX. Biasanya ke 2 aja cukup kok.

Lalu spoiler bisa di-drop secara otomatis (arm autospoiler) dengan menekan shift + / sebelum mendarat.

nah, untuk yang ini, saya yakin, yang suka bouncing, gimana ngatasin autobrakenya? Inget, kalau bouncing, autobrake asli FS itu biasanya ga akan aktif setelah pesawat retouch (udah touchdown, bouncing, touchdown lagi)...

quote:

ORIGINAL: qiancai

mo tanya dong!
kok pada saat mode freeflight di FSX misalnya dr Soekarno - Changi int'l, ATC tdk memandu arah kita sih dr awal sampai ketempat tujuan?. selain itu Nav1 utk Changi int'l Airport yg telah diaktifkan tdk memberikan pesan morse & memandu autopilotnya menuju bandara Changi walaupun Freq ILSnya sudah benar?[:(]

Ini sering terjadi. Saya juga sering sekali. Cara ngetahuin paling gampang adalah teken ctrl + H, trus pencet NAV, klo dua"nya nyala, brarti belom capture localizer. Bila HDG nya mati, brarti udah dapet. Klo pencet APP, tapi ALT ga mati, brarti ga dapet glideslopenya. Solusi? Ya usahain dapet, gunakan panduan Glideslope meter. Bila seandainya panduan glideslope yang lateral (yang ke samping, adanya dibawah yang lingkaran, kalau ga yang ada di dalam lingkaran, warnanya ungu, dan geser kanan kiri) ga geser" juga, brarti ga dapet localizer. Klo yang panduan glideslope yang horizontalnya (yang tegak, adanya disamping kanan lingkaran) ga geser, brarti glideslopenya ga dapet.

quote:

ORIGINAL: evanericsenliman

Mas, saya udah nurut. pake App dan lainnya. Tapi kok gak lurus ya ama runwaynya. Terus turun terus ke ground (Dasar komputer [>:] ). Tolong pencerahan yang lebih luas. Saya memakai 737-800 dari Hobart (YMHB) ke Kingsford Smith (YSSY). Tapi pas di YSSY, saya udah klik App tapi kok malah tambah lama tambah kebawah ya? [&:][X(][X(]? Makasih.. [:)]

Rasanya tentang ga lurusnya udha pernah dijelasin di thread laen deh[8|]... Coba dicari di search... Klo tambah lama tambah ke bawah, dicurigai ga dapet glideslopenya, atau emang pesawatnya yang turun neeh? Coba, waktu itu, pas pencet APP, ALT nya mati ga? Klo mati, brarti emang pesawatnya turun, klo ga mati, brarti glideslope ga dapet dia.

Pertanyaan saya: Kalau seandainya ga dapet G/S atau LOC nya, gimana tuh kang supaya kecapture?


   http://t.indoflyer.net/259344


evanericsenliman -> RE: FSX, Landing tutorial with ILS (B737-800) (18/12/2009 9:40:59)

wihh...
ajaib..
baru ngerti nih mas
thx buat pencerahannya[;)][;)]
makasih10x[:)][:)][:)][:)]


   http://t.indoflyer.net/259344


Page: [1] 2 3   next >   >>



Forum Software © ASPPlayground.NET Advanced Edition 2.4.2
0.046875