http://t.indoflyer.net/141032
[bedah pesawat] Boeing 787 (Full Version)

All Forums >> [AVIATION SECTION] >> Dunia Penerbangan



Message


SempatiAir -> [bedah pesawat] Boeing 787 (28/6/2007 15:12:32)

[image]http://www.boeing.com/commercial/images/787landing_topshot_375.jpg[/image]
Sesaat lagi Boeing 787 Dreamliner siap mengubah wajah dunia penerbangan global. Airbus dengan keyakinan hub-spoke mencoba bertarung dan mengejar Boeing 747 dengan Airbus 380 yang berkapasitas raksasa. Sementara Boeing justru selingkuh dengan konsep point-to-point, dari Boeing 747 menuju ke Boeing 787 yang seukuran A300, pesawat pertama ciptaan Airbus.
Berangkat dari sebuah ide yang gagal,
[image]http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/5/53/Boeing_sonic.jpg[/image]
dan sok canggih dengan sirip ikan hiu Boeing 7E7
[image]http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/f/f4/ANA-7E7.jpg[/image]
Boeing semakin percaya diri dengan pesawat mereka yang laris manis, Boeing 787

[image]http://www.lesexplorers.com/50226711/787-3_web.jpg[/image]

Boeing 787-300
Pesawat yang seukuran Boeing 787-800 dengan panjang fuselage yang lebih kurang mirip Airbus 300 ini didesain untuk merebut mahkota Airbus300/310 sekaligus menemani Airbus 330-300 dan Boeing 777-300 untuk penerbangan domestik dengan rute-rute gemuk. Ciri khasnya adalah satu2nya dalam keluarga Boeing 787 yang menggunakan blended winglet

Seating:
290 to 330 passengers

Range:
2,500 to 3,050 nautical miles (4,650 to 5,650 kilometers)

Configuration:
Twin aisle

Cross Section:
226 inches (574 centimeters)

Wing Span:
170 feet (52 meters)

Length:
186 feet (57 meters)

Height:
56 feet (17 meters)

Cruise Speed:
Mach 0.85

Maximum Takeoff Weight:
364,000 pounds (165,100 kilograms)

Total Cargo Volume:
4,400 cubic feet

[image]http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/d/d2/R54e.jpg/250px-R54e.jpg[/image]
Boeing 787-800
Kecil-kecil sabe rawit, inilah julukan yang pas untuk si mungil dengan jarak tempuh yang luar biasa.

Seating:
210 to 250 passengers

Range:
7,650 to 8,200 nautical miles (14,200 to 15,200 kilometers)

Configuration:
Twin aisle

Cross Section:
226 inches (574 centimeters)

Wing Span:
197 feet (60 meters)

Length:
186 feet (57 meters)

Height:
56 feet (17 meters)

Flight deck size:
Similar to that of a 777

Cruise Speed:
Mach 0.85

Total Cargo Volume:
4,400 cubic feet

Maximum Takeoff Weight:
484,000 pounds (219,540 kilograms)

[image]http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/8/89/AirNZ_789.jpg[/image]
Boeing 787-900
Kalau bicara ukuran, keluarga terbesar Boeing 787 ini seukuran Airbus 330-200

Seating:
250 to 290 passengers

Range:
8,000 to 8,500 nautical miles (14,800 to 15,750 kilometers)

Configuration:
Twin aisle

Cross Section:
226 inches (574 centimeters)

Wing Span:
203 feet (62 meters)

Length:
206 feet (63 meters)

Height:
56 feet (17 meters)

Cruise Speed:
Mach 0.85

Maximum Takeoff Weight:
540,000 lbs (244,940 kg)

Total Cargo Volume:
5,400 cubic feet

Dengan diameter yang lebih lebar daripada A300-A340 namun lebih sempit dari Boeing 777, Boeing 787 menawarkan kemewahan kelas ekonomi dengan konfigurasi 2-4-2, akan tetapi beberapa airline sepakat untuk menyiksa penumpang dengan menjejal mereka ke dalam konfigurasi kelas "Cattle" 2-5-2/3-3-3

[image]http://www.rolls-royce.com/civil_aerospace/gfx/civil_logo.gif[/image]
Boeing 787 juga menggotong mesin generasi terbaru dan tercanggih serta terhemat di muka bumi, GenX dari GE dan Trent1000 dari Rolls Royce

quote:

GENERAL ELECTRIC GENX
Despite being derived from the GE90, the GEnx features a number of weight-saving innovations:

* Fan diameter:111in (2.82m) for the 787-8, and 105in (2.64m) for the 747-8.
* Composite fan blades with titanium leading edge
* Fan case also made of composite material

Fuel burn reduction technologies include:

* Fan bypass ratio of 9.5:1 which also reduces noise
* High pressure compressor based on that of GE90-94B, pulling 23:1 pressure ratio
* Counter-rotating spools
* Combustors with improved internal airflows which also reduces environmentally-harmful emissions

And features to reduce maintenance and increase engine life such as:

* Spools with lower parts count
* Cooler internal engine temperatures using more efficient cooling techniques

All these should yield a fuel burn of at least 15% better than GE's CF6-80C2 engines for widebody aircraft. It is available in both normal bleed configurations (as in Boeing 747-8) and bleedless configurations (as in Boeing 787).

source: Wikipedia


dan

quote:

ROLLS ROYCE TRENT 1000
The technology found in the Trent 8104 demonstrator is used extensively. The Trent 1000 is a bleedless design, with power take-off from the intermediate-pressure spool instead of the high-pressure spool found in other members of the Trent family, to fulfill the Boeing requirements of a "more-electric" engine. A 112-inch diameter swept-back fan, with a smaller diameter hub to help maximize airflow, was specified. Bypass ratio has been increased over previous variants by suitable adjustments to the core flow. Contra-rotating the IP and HP spools improves IP turbine efficiency, while use of more monolithic parts reduces the parts count for lower maintenance costs. A tiled combustor is featured.

* Three-shaft high bypass ratio 11 - 10.8
* Overall pressure ratio (Top-of-Climb) 52:1
* Fan diameter: 112 inches (2.85 metres)
* Take-off thrust: 53000 - 75000 lbf (flat-rated to ISA+15C)
* Airflow: 2400 - 2670 lb/s
* Single-stage LP compressor
* Eight-stage IP compressor
* Six-stage HP compressor
* Tiled combustor
* Single-stage HP turbine
* Single-stage IP turbine
* Six-stage LP turbine
data sheet:
http://www.rolls-royce.com/civil_aerospace/downloads/airlines/trent_1000.pdf

Customer:
http://www.rolls-royce.com/civil_aerospace/products/airlines/trent1000/market.jsp

source: Wikipedia


Menurut rencana, Boeing 787 akan terbang perdana Agustus ini (7-8-07) dan EIS tahun 2008 nanti
Mari kita menatap masa depan dunia penerbangan bersama Boeing 787 dan saksikan pertarungan akbar ini............ PTP versus H&S

data pesawat: Boeing.Com


   http://t.indoflyer.net/141032


Yohannes -> RE: [bedah pesawat] Boeing 787 (28/6/2007 21:03:01)

Nanti yang muncul di launching itu si 787-900 kan?


   http://t.indoflyer.net/141032


SempatiAir -> RE: [bedah pesawat] Boeing 787 (29/6/2007 0:39:44)

787-800 duluan Om

EIS nya 787-9 itu tahun 2010

Sesungguhnya banyak yang ingin saya tanyakan tentang 787 ini. tapi satu persatu deh.............

1. Apakah kunci jarak tempuh 787 yang ultra jauh? Mesin yang super efisien?? Apa yang akan terjadi kalau mesin 787 dicantelin di Airbus 330??

2. Apakah beda 787-3 dengan 787-8 hanya di wingtip/winglet nya saja???


Oya gambar Boeing 787 Garuda Indonesia untuk FS:
http://pages.infinit.net/camsim/ags788%20ga_600.jpg


   http://t.indoflyer.net/141032


raldi -> RE: [bedah pesawat] Boeing 787 (29/6/2007 6:59:19)

om GA mau beli yang 787 seri mana?[:)]


   http://t.indoflyer.net/141032


@nd@ -> RE: [bedah pesawat] Boeing 787 (29/6/2007 11:17:50)

Wuah...kereenn euy...
Thanks info bedahnya...


   http://t.indoflyer.net/141032


Yohannes -> RE: [bedah pesawat] Boeing 787 (29/6/2007 12:06:28)

GA mau beli yang 787-8 kalo gak salah, soalnya yang diincer yah yang model itu: super efisien for medium-long range dengan kapasitas yang tanggung atau pas. Alias cocok dengan rute2 timteng, australia, dan asia timur.


   http://t.indoflyer.net/141032


SempatiAir -> RE: [bedah pesawat] Boeing 787 (29/6/2007 12:33:39)

Garuda ambilnya Boeing 787-8, versi yang paling standar dan bisa memenuhi kebutuhan GA tuk terbang ke Eropah (long haul) dengan kapasitas yang tidak segede Boeing 747


tapi ini juga hanya strategi menghindar dari penalti pesanan Boeing 777ER yang tanpa kejelasan.......


   http://t.indoflyer.net/141032


adnan -> RE: [bedah pesawat] Boeing 787 (29/6/2007 13:11:15)

Ya Itu Betul Coba Crismon Nga Ada Pasti Indonesia Pesawat nya Baru-baru Seperti B777 Garuda



   http://t.indoflyer.net/141032


GerryAirways -> RE: [bedah pesawat] Boeing 787 (03/7/2007 20:11:49)

1. Ancur lebur... [sm=ngakak.gif] Hyperefficiency yang dikejar 787 membutuhkan mesin yang cocok dengan karakteristik pesawatnya. 787 juga menggunakan bleedless engine (PACCS nya pake electric, bukan engine bleed)... Sedangkan A330 (and A350) pake conventional engine bleed & PACCS...

2. Yang pasti memang wingtip nya. 787-3 harus bisa masuk di gate untuk 762/757... makanya pake winglet biasa. Sedangkan 787-8/9 masuk ke gate 763/332... Perbedaan lainnya ada, nggak banyak...

Gerry


   http://t.indoflyer.net/141032


SempatiAir -> RE: [bedah pesawat] Boeing 787 (03/7/2007 20:29:33)


quote:

ORIGINAL: GerryAirways

1. Ancur lebur... [sm=ngakak.gif] Hyperefficiency yang dikejar 787 membutuhkan mesin yang cocok dengan karakteristik pesawatnya. 787 juga menggunakan bleedless engine (PACCS nya pake electric, bukan engine bleed)... Sedangkan A330 (and A350) pake conventional engine bleed & PACCS...

2. Yang pasti memang wingtip nya. 787-3 harus bisa masuk di gate untuk 762/757... makanya pake winglet biasa. Sedangkan 787-8/9 masuk ke gate 763/332... Perbedaan lainnya ada, nggak banyak...

Gerry



Kaget aja, soalnya beda wingtip bisa reduce range sampai segitunya... (kecuali memang beda kapasitas fuel tank), but kalau misalnya SIN-BKK mau pakai Boeing 787, daripada beli pesawat 2 jenis, mending abuse 787 aja kan???

Oya Boeing 747-8 dan Airbus 350 tetep pake mesin yang non-bleedless.....


   http://t.indoflyer.net/141032


raldi -> RE: [bedah pesawat] Boeing 787 (04/7/2007 9:01:17)

duh jangan sampe deh GA ga jadi beli ini,malu2in nanti di gambar tail seperti yang di signature om ewan,cuma GA doang yang ga jadi beli [:(][:(]
Go GA[:D][:D]
quote:

ORIGINAL: SempatiAir

EIS nya 787-9 itu tahun 2010


om EIS itu apa?[8|]


   http://t.indoflyer.net/141032


SempatiAir -> RE: [bedah pesawat] Boeing 787 (04/7/2007 9:42:19)

EIS ---> Entry Into Service

Biasanya pesawat baru tuh ada roll out nya, trus first flight, lalu menjalani sertifikasi bla bla bla baru deh EIS


   http://t.indoflyer.net/141032


raldi -> RE: [bedah pesawat] Boeing 787 (04/7/2007 9:44:33)

ooo kayak A380 sekarang itu jadi belum EIS ya?[8|][8|]
thx infonya om[:)]


   http://t.indoflyer.net/141032


adian_newey74 -> RE: [bedah pesawat] Boeing 787 (04/7/2007 11:19:44)


quote:

ORIGINAL: SempatiAir

Kaget aja, soalnya beda wingtip bisa reduce range sampai segitunya... (kecuali memang beda kapasitas fuel tank),

pasti kapasitas fuel tanknya juga beda om.[8|].
mesinnya sama, otomatis konsumsi bahan bakar ke mesin juga sama [:)].


   http://t.indoflyer.net/141032


dreamliner -> RE: [bedah pesawat] Boeing 787 (04/7/2007 16:02:26)

bleedless ?? nyedot udaranya pake apa donk ??[&:]


   http://t.indoflyer.net/141032


SempatiAir -> RE: [bedah pesawat] Boeing 787 (04/7/2007 17:37:05)

Bleedless itu kalau Om Sempati kagak salah nangkep, mesin digunakan khusus untuk dapur pacu, sementara mesin selama ini putaran turbinnya juga digunakan tuk listrik dll.

Buat Om Newey: Mungkin kah Boeing 787-3 juga memiliki sertifikasi mesin yang lebih "kecil" thrust rate nya???


   http://t.indoflyer.net/141032


adian_newey74 -> RE: [bedah pesawat] Boeing 787 (05/7/2007 10:56:39)

thanx om sempati..[:)]
berarti yang 787-3 malah lebih irit dong?
kalo mesin hanya digunakan khusus untuk dapur pacu, listrik dll ngambil power dari mana??
thanx..[8D]


   http://t.indoflyer.net/141032


SempatiAir -> RE: [bedah pesawat] Boeing 787 (06/7/2007 1:16:17)

Wah ini dia pertanyaan sakti keluar sudah. Saya pasrahkan ke yang lebih pintar dan jago tuk menjawab namun seingat saya, pesawat dengan bleedless engine memiliki mekanisme mandiri tuk electricity di dalam pesawat......

Hari MINGGU ini Boeing 787 akan roll out.. yeahhh kira2 pake mesin apa yah?? RR atau GE


   http://t.indoflyer.net/141032


bowa -> RE: [bedah pesawat] Boeing 787 (06/7/2007 5:15:18)

quote:

ORIGINAL: dreamliner

bleedless ?? nyedot udaranya pake apa donk ??[&:]

Mungkin Om ketukar antara bleed dan blade ya? Enginenya bleedless, bukan bladeless, Om. [:)]

quote:

ORIGINAL: adian_newey74

kalo mesin hanya digunakan khusus untuk dapur pacu, listrik dll ngambil power dari mana??

Biasanya sebagian udara dari compressor mesin diambil untuk digunakan untuk generate power. Kalau di mesin yang bleedless ini putaran shaft mesinnya dipake untuk putar pembangkit listrik.


quote:

ORIGINAL: SempatiAir

Hari MINGGU ini Boeing 787 akan roll out.. yeahhh kira2 pake mesin apa yah?? RR atau GE

Kalo gue tebak sih pake mesin sama yang kayak di foto waktu ditarik dari hangar assembly ke paint shop. Kalo gak salah itu GE ya?

[image]http://i7.photobucket.com/albums/y282/gerryair/787_3_Med.jpg[/image]
http://www.indoflyer.net/indoforum/tm.asp?m=140810


   http://t.indoflyer.net/141032


Page: [1]



Forum Software © ASPPlayground.NET Advanced Edition 2.4.2
2.929688E-02